Kamis, 30 Januari 2020

Ibu Kota Pindah? Netizen Usulkan Maja Jadi Alternatife

Maja, salah satu kawasan yang diusulkan Netizen menjadi ibu kota menggantikan Jakarta
Kamis, 06 Jul 2017 | 19:25 WIB - Lebak

LEBAK,IB-Warga negara kesatuan republik Indonesia(NKRI) kini sedang dibuat ramai dengan adanya issu perpindahan ibu kota yang saat ini berada di DKI Jakarta. Pasalnya, menurut kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro,  kajian perpindahan ibu kota tersebut akan rampung pada tahun 2019. Rencananya, daerah yang akan dijadikan ibu kota baru yaitu di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

            “Tahun 2019 mungkin penetapan (hasil kajian) saja,”ujar Bambang di komplek istana kepresidenan, seperti yang dilansir Kompas.com.

            Namun rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta  menuai berbagai tanggapan dari Netizen. Bahkan pemilik akun Yosef Mohammad Holis, menilai jika hal tersebut terjadi, maka menurut dia salah satu wilayah yang cocok untuk dijadikan ibu kota adalah Kecamatan Maja yang terletak di Kabupaten Lebak. Kata dia, salah satu kelayakan dan keunggulan Maja dijadikan ibu kota baru adalah letaknya yang strategis.

            “Memang sih Jakarta sudah jenuh, dimana daya tampung dan daya dukung lingkungannya sudah tak mampu lagi menopang wilayahnya. Karena, Jakarta sudah menjadi Monster (primate) city yang menyerap seluruh fungsi kota, semisal ibu kota negara, pusat pemerintahan, pusat bisnis dan banyak lagi bidang lainnya, sehingga underground economy tumplek di Jakarta,”kata Yosep Mohammad Holis, Kamis(6/7/2017).

Menurutnya, kriteria pemilihan lokasi secara akademis diantaranya konektivitas internasional dan nasional, kelengkapan sarpras, ketersediaan lahan dan murah, keamanan dari bencana, keamanan teritorial, kemudahan pemindahan lokasi dan kemudahan akses dari ibu kota negara ke pusat pemerintahan baru. Kriteria tersebut, sambung Yosep sangat make sense karena sudah ada lesson learned-nya yaitu seperti pemindahan pusat pemerintahan dari kuala lumpur ke putra jaya yang hanya berjarak 36 Km dan butuh lahan sekitar 1000Ha di Malaysia.

Sekertaris Bappeda Lebak ini mengusulkan satu nama wilayah saat Indonesia tengah dibuat ramai oleh perpindahan Ibu kota Jakarta yakni Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. Ia juga membeberkan keunggulan Kecamatan Maja sehingga dinilai layak untuk diusulkan.

"Nah mulai masuk deh ini barang, tidak jauh dari jakarta (sktr 71 km) ada namanya kota Maja yang terletak di Kabupaten Lebak  dan sudah menjadi bagian megapolitan Jabodetabek. Kota Maja salah satu dari 10 Kawasan permukiman skala besar yang akan di garap  presiden, memiliki kawasan siap bangun (KASIBA) sekitar 10.900 Ha, konektivitas nasional dan internasional seperti bandara Soeta, tol Merak - jakarta dan commuter line, punya supply air baku dari Waduk Karian (kapasitas 219 juta mtr kubik), lahan datar dan anti banjir dan yang lebih penting banyak lahannya yang sudah dikuasai negara melalui PPA sehingga bisa menekan biaya pemindahan,"tutup Yosep pada postingannya.[Akew]

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Ibu Kota Pindah? Netizen Usulkan Maja Jadi Alternatife

PEMERINTAHAN

158 dibaca
Bupati Serang: Pembangunan 65 KM Jalan Selesai di 2021
247 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat

POLITIK

68 dibaca
Bersama Gerindra, Tatu Yakin Tuntaskan Program Pemkab Serang
154 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang

HUKUM & KRIMINAL

48 dibaca
Buron Selama 6 Bulan, Pelaku Pencabulan Akhirnya Ditangkap
127 dibaca
Mau Jual Motor Hasil Curian, Khasan Ditangkap

PERISTIWA

281 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
490 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

27 dibaca
PBNU Kenalkan Keuangan Digital, Namanya NUcash
122 dibaca
Cara Memesan Tiket Kereta Berdasarkan Jenis Kelas di Pegipegi
Top