Minggu, 17 Februari 2019

HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa

[Foto Istimewa]
Senin, 08 Okt 2018 | 19:16 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang – Pemprov Banten mengingatkan agar Pemkab Serang memperkuat dan mengembangkan ekonomi di wilayah pedesaan. Hal itu mengingat Kabupaten Serang terdiri dari 29 kecamatan dan 326 desa, dimana 77,9 persen desa di Kabupaten Serang termasuk kategori pedesaan. Sedangkan 22,1 persen desa di Kabupaten Serang termasuk kategori perkotaan.

“Karena itu, dibutuhkan konsepsi pengembangan kawasan berbasis ruang yang didesain secara komprehensif untuk pertumbuhan dengan pemerataan khususnya di wilayah pedesaan,” demikian Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membacakan pidato Gubernur Banten Wahidin Halim pada acara rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang tentang HUT Ke-492 Kabupaten Serang pada Senin, 8 Oktober 2018.

Hadir pada acara yang dipimpin oleh Ketua DPRD abupaten Serang Muhsinin tersebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa.

Dibacakan Andika, prioritas pembangunan pada wilayah pedesaan sejalan dengan agenda prioritas pembangunan (Nawacita) Pemerintah yang terdapat pada Rencana 7 Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yaitu membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Maka dari itu, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan perlu ditingkatkan melalui upaya pembangunan industri desa berbasis budaya dan pemberdayaan masyarakat. Industrialisasi desa merupakan cerminan bagaimana pengelolaan sumber daya di wilayah perdesaan dengan mengedepankan prinsip di antaranya prinsip industri berbasis budaya. Berikutnya prinsip peningkatan peranan strategis industri kecil, industri berbasis modal sosial, agro-industri, bio-industri, termasuk pemanfaatan teknologi informasi bagi masyarakat desa sebagai instrumen dalam rantai pasok di era ekonomi digital.

Dalam pidatonya yang dibacakan Andika tersebut, Wahidin juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen meningkatkan kualitas infrastruktur jalan untuk mendukung pengembangan pariwisata khususnya di Kabupaten Serang. Pemerintah Provinsi Banten menyadari multiplier effect dari pengembangan pariwisata bagi kesejahteraan masyarakat. Peningkatan infrastruktur pariwisata menjadi program strategis dalam mendukung pengembangan Pariwisata Banten dalam dua-tiga tahun ke depan.

“Peningkatan kualitas infrastruktur penunjang pariwisata diharapkan dapat menjadikan potensi kawasan wisata di Kabupaten Serang menjadi destinasi unggulan di Provinsi Banten,” baca Andika.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Andika lanjut membaca, pariwisata telah menjadi kontributor devisa terbesar kedua diatas sektor migas dan setelah industri minyak sawit. Karena itu, Pemprov Banten mengajak kepada seluruh stakeholder untuk bersama-sama Pemerintah Daerah memajukan industri pariwisata di Provinsi Banten. Pariwisata harus dikelola dengan baik, agar sektor pariwisata dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena pada hakikatnya industri pariwisata merupakan pembangkit tenaga kerja. Kualitas SDM industri pariwisata perlu dipersiapkan melalui pendidikan bidang pariwisata melalui kerjasama antara pemerintah daerah dengan industri pariwisata dalam aspek ketenagakerjaan bidang pariwisata,” baca Andika.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa

PEMERINTAHAN

512 dibaca
Ketua dan Pengurus PPDI Kecamatan Jawilan Dilantik
400 dibaca
Tahun Ini, Dana Desa Pemprov Banten Tembus Rp61,9 Miliar
301 dibaca
Dihadapan Kades se-Lebak, Andika Beberkan Prioritas Penggunaan Dana Desa

POLITIK

340 dibaca
KPU Kabupaten Serang Target Satu Relawan Demokrasi 1000 Pemilih
246 dibaca
Warga Belum Paham Berpartisipasi pada Pemilu 2019
4239 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu

HUKUM & KRIMINAL

104 dibaca
Buron Curanmor Pingsan Saat Persembunyiannya Digerebag
84 dibaca
Diringkus, Dua dari Enam Bandit Jalanan Ditembak
502 dibaca
BNN Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Pelabuhan Bojonegara

PERISTIWA

297 dibaca
Jelang Pemilu, Pejabat Polres Serang Gencar Kunjungi Ponpes dan Ulama
319 dibaca
Suhendar Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kontrakan

EKONOMI & BISNIS

285 dibaca
Produksi Pangan Kabupaten Serang Surplus dan Aman
277 dibaca
Pencairan Bansos, Dinsos Banten Libatkan Dua Lembaga Perbankan
Top