Sabtu, 02 Maret 2024

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbincang dengan para mahasiswa penerima beasiswa di Untirta Banten pada Senin, 28 Oktober 2019.[Foto: InilahBanten]
Senin, 28 Okt 2019 | 21:21 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Senin, 28 Oktober 2019. Kerja sama tersebut sebagai simbolis pemberian beasiswa untuk 53 mahasiswa asal Kabupaten Serang yang kuliah di Untirta.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Rektor Untirta Fatah Sulaeman serta disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di kampus Untirta. “Perjanjian kerjasama ini menjadi bagian yang mendasari legalitas atas aktivitas penetapan hak dan kewajiban antara Untirta dan Pemkab Serang,” kata Tatu dalam sambutannya.

Pada 2018, ungkap Tatu, Dindikbud Kabupaten Serang melakukan perjanjian kerjasama dalam proses pemberian beasiswa untuk 38 mahasiswa asal Kabupaten Serang pada Program Pendidikan dan Pelatihan Industri Kimia (P3TIK) di Untirta. Seluruh mahasiswa tersebut telah selesai diwisuda.

Selanjutnya pada tahun 2019, kata Tatu, Pemkab Serang kembali menitipkan sebanyak 44 mahasiswa melalui program pendidikan yang sama atau PT3TIK. Kemudian pada tahun ini pula, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 7 mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program pendidikan di Fakultas Kedokteran Untirta. “Jumlah penerima beasiswa tahun ini bertambah, dengan dukungan biaya dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Serang melalui program corporate social responsibility (CSR) BUMD PD BPR Serang, telah membantu untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama dua semester untuk dua mahasiswa. Yakni Mohamad Akbar Ananda asal Kecamatan Pontang yang tercatat di Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknologi Rp 15 juta, dan Acip Saepullah Asal Kecamatan Tirtayasa yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sebesar Rp 18 juta.

Tatu berharap, para mahasiswa penerima beasiswa bisa menjalani perkuliahan dengan baik, yang pada akhirnya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang. “Ke depan saya berharap, agar kerjasama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaeman mengapresiasi kinerja Bupati Serang yang berinovasi memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui APBD. Inovasi atau kebijakan ini akan ditiru oleh daerah lain di Banten. “Ibu Bupati Serang sudah memotivasi kepala daerah lain yang berinsiatif memberikan beasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta kepada warganya,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta

INILAH SERANG

1136 dibaca
Secara Aklamasi, Lesman Bangun Terpilih jadi Ketua SPS Banten
614 dibaca
Pospekab ke-4 Kabupaten Serang Diikuti 760 Santri Santriwati

HUKUM & KRIMINAL

2542 dibaca
Pejabat Desa Kragilan Terjaring OTT Tim Saber Pungli
1467 dibaca
Tujuh Napi Kasus Korupsi di Rutan Kelas ll Serang Tak Dapatkan Remisi

POLITIK

52 dibaca
Bakesbangpol Kabupaten Serang Sosialisasikan Netralitas ASN di Pemilu 2024
2528 dibaca
Subadri Usuludin Dicopot dari Jabatan Ketua DPRD Kota Serang?

PENDIDIKAN

1162 dibaca
Pjs Bupati Lebak : Pendidikan Berperan Penting Dalam Peningkatan SDM
1597 dibaca
KPAI Sebar Broadcast, Rektor Untirta : Kredibilitas KPAI Dipertanyakan
Top