Kamis, 23 Januari 2020

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbincang dengan para mahasiswa penerima beasiswa di Untirta Banten pada Senin, 28 Oktober 2019.[Foto: InilahBanten]
Senin, 28 Okt 2019 | 21:21 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Senin, 28 Oktober 2019. Kerja sama tersebut sebagai simbolis pemberian beasiswa untuk 53 mahasiswa asal Kabupaten Serang yang kuliah di Untirta.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Rektor Untirta Fatah Sulaeman serta disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di kampus Untirta. “Perjanjian kerjasama ini menjadi bagian yang mendasari legalitas atas aktivitas penetapan hak dan kewajiban antara Untirta dan Pemkab Serang,” kata Tatu dalam sambutannya.

Pada 2018, ungkap Tatu, Dindikbud Kabupaten Serang melakukan perjanjian kerjasama dalam proses pemberian beasiswa untuk 38 mahasiswa asal Kabupaten Serang pada Program Pendidikan dan Pelatihan Industri Kimia (P3TIK) di Untirta. Seluruh mahasiswa tersebut telah selesai diwisuda.

Selanjutnya pada tahun 2019, kata Tatu, Pemkab Serang kembali menitipkan sebanyak 44 mahasiswa melalui program pendidikan yang sama atau PT3TIK. Kemudian pada tahun ini pula, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 7 mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program pendidikan di Fakultas Kedokteran Untirta. “Jumlah penerima beasiswa tahun ini bertambah, dengan dukungan biaya dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Serang melalui program corporate social responsibility (CSR) BUMD PD BPR Serang, telah membantu untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama dua semester untuk dua mahasiswa. Yakni Mohamad Akbar Ananda asal Kecamatan Pontang yang tercatat di Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknologi Rp 15 juta, dan Acip Saepullah Asal Kecamatan Tirtayasa yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sebesar Rp 18 juta.

Tatu berharap, para mahasiswa penerima beasiswa bisa menjalani perkuliahan dengan baik, yang pada akhirnya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang. “Ke depan saya berharap, agar kerjasama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaeman mengapresiasi kinerja Bupati Serang yang berinovasi memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui APBD. Inovasi atau kebijakan ini akan ditiru oleh daerah lain di Banten. “Ibu Bupati Serang sudah memotivasi kepala daerah lain yang berinsiatif memberikan beasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta kepada warganya,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020
Rabu, 22 Jan 2020 | 19:35 WIB
Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020

KOMENTAR

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta
x.ackd

PEMERINTAHAN

234 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
331 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

310 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
535 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

830 dibaca
Motor Hasil Curian Disimpan di Parkiran RS Sari Asih

PERISTIWA

254 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

213 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top