Selasa, 11 Agustus 2020

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbincang dengan para mahasiswa penerima beasiswa di Untirta Banten pada Senin, 28 Oktober 2019.[Foto: InilahBanten]
Senin, 28 Okt 2019 | 21:21 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Senin, 28 Oktober 2019. Kerja sama tersebut sebagai simbolis pemberian beasiswa untuk 53 mahasiswa asal Kabupaten Serang yang kuliah di Untirta.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Rektor Untirta Fatah Sulaeman serta disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di kampus Untirta. “Perjanjian kerjasama ini menjadi bagian yang mendasari legalitas atas aktivitas penetapan hak dan kewajiban antara Untirta dan Pemkab Serang,” kata Tatu dalam sambutannya.

Pada 2018, ungkap Tatu, Dindikbud Kabupaten Serang melakukan perjanjian kerjasama dalam proses pemberian beasiswa untuk 38 mahasiswa asal Kabupaten Serang pada Program Pendidikan dan Pelatihan Industri Kimia (P3TIK) di Untirta. Seluruh mahasiswa tersebut telah selesai diwisuda.

Selanjutnya pada tahun 2019, kata Tatu, Pemkab Serang kembali menitipkan sebanyak 44 mahasiswa melalui program pendidikan yang sama atau PT3TIK. Kemudian pada tahun ini pula, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 7 mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program pendidikan di Fakultas Kedokteran Untirta. “Jumlah penerima beasiswa tahun ini bertambah, dengan dukungan biaya dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Serang melalui program corporate social responsibility (CSR) BUMD PD BPR Serang, telah membantu untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama dua semester untuk dua mahasiswa. Yakni Mohamad Akbar Ananda asal Kecamatan Pontang yang tercatat di Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknologi Rp 15 juta, dan Acip Saepullah Asal Kecamatan Tirtayasa yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sebesar Rp 18 juta.

Tatu berharap, para mahasiswa penerima beasiswa bisa menjalani perkuliahan dengan baik, yang pada akhirnya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang. “Ke depan saya berharap, agar kerjasama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaeman mengapresiasi kinerja Bupati Serang yang berinovasi memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui APBD. Inovasi atau kebijakan ini akan ditiru oleh daerah lain di Banten. “Ibu Bupati Serang sudah memotivasi kepala daerah lain yang berinsiatif memberikan beasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta kepada warganya,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 53 Mahasiswa di Untirta

PEMERINTAHAN

137 dibaca
Permudah Koordinasi, Ombudsman Banten Kunjungi Pemkab Serang
224 dibaca
Pemkot Bengkulu dan Pemkab Serang MoU Program Keagamaan

POLITIK

238 dibaca
Siap Menangkan Tatu-Pandji, Barata Fokus Perkuat Akar Rumput
134 dibaca
FSKP Baros Bantah Dukung Nasrul-Eki di Pilkada Kabupaten Serang
187 dibaca
Relawan Baret Sebut Tatu-Pandji Terbukti, Tak Mau Coba-coba

HUKUM & KRIMINAL

278 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 150 Kg Ganja di Tol Tangerang-Merak
365 dibaca
Duh, Bocah 13 Tahun di Pontang Dicabuli Ayah Tirinya

PERISTIWA

331 dibaca
Simulasi, Polisi Tangani Gangguan Pilkada Kabupaten Serang
2406 dibaca
Ustadz di Pontang Meninggal Dunia Saat Menyembelih Hewan Kurban

EKONOMI & BISNIS

177 dibaca
Shopee Ikut Serta dalam ASEAN Online Sale Day 2020
216 dibaca
Atasi Kelangkaan LPG Melon, Pertamina Gerak Cepat
Top