Selasa, 24 November 2020

Hari Kedua Operasi Zebra Kalimaya, 148 Pengendara Ditilang

Petugas memasangkan helm pada pengendara roda dua dalam operasi zebra kalimaya Selasa (27/10/2020)
Selasa, 27 Okt 2020 | 22:20 WIB - Banten Serang Hukum & Kriminal

IBC, SERANG - Sebanyak 148 pengendara roda dua dan empat ditilang petugas dalam Operasi Zebra Kalimaya 2020, Selasa (27/10/2020). Para pengendara yang didominasi roda dua tersebut ditilang karena melanggar aturan berlalu lintas.

KBO Ditlantas Polda Banten  Kompol Kamarul Wahyudi mengatakan, menginjak Hari kedua Operasi Zebra Kalimaya 2020, Direktorat Lalulintas Polda Banten dan jajarannya menilang 148 pelanggar lalulintas.

"Kami mencatat ada 468  pelanggaran, namun yang kami berikan tindakan tilang sebanyak 148. Sisanya kami berikan teguran," ujarnya.

Dari jumlah itu lanjut Kamarul, pengendara roda dua paling mendominasi kena tilang, dengan rincian sebanyak 129 pengendara motor dan pengendara mobil penumpang sebanyak 12, serta mobil angkutan barang 7.

Kamarul juga menuturkan, dari hasil penjaringan dihari kedua operasi diamankan barang bukti berupa 29 lembar SIM dan 119  STNK dari pelanggar.

Lebih lanjut Kamarul menjelaskan, berkaca pada tahun lalu, jumlah pelanggaran pada Operasi Zebara Kalimaya 2020 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Kalau penurunannya sekitar -75,88% yang terjadi pada tahun ini. Kalau tahun lalu, pelanggaran tercatat sebanyak 1.940 kasus," katanya.

Ia memerintahkan kepada seluruh personelnya agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan Oprasi Zebra Kalimaya tahun 2020.

“Polri utamakan tindakan preemtif dan preventif, selain itu personel juga mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah,” pungkasnya.

Operasi Zebra Kalimaya untuk tahun ini sangat berbeda dengan Operasi Zebra tahun lalu. Para petugas yang terlibat Operasi saat ini selain melaksanakan penertiban masyarakat ke arah kepatuhan terhadap Undang-Undang Lalulintas  juga  melaksanakan pengawasan dan penertiban pengemudi kendaraan terhadap kepatuhan Protokol Kesehatan  dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di jalan. (rls)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

KOMENTAR

Hari Kedua Operasi Zebra Kalimaya, 148 Pengendara Ditilang

PEMERINTAHAN

134 dibaca
Jelang Nataru, TPID Kabupaten Serang Diminta Antisipasi Gejolak Harga
302 dibaca
Sekda Entus: DWP Kabupaten Serang Harus jadi Perekat Masyarakat

POLITIK

99 dibaca
Tinjau Simulasi, Pjs Bupati Serang Optimis Pilkada Sukses Masyarakat Sehat
149 dibaca
Terapkan Prokes, KPU Kabupaten Serang Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Dua Ditembak
173 dibaca
214 Ranmor Diungkap Polda Banten

PERISTIWA

55 dibaca
Di Wilayah Hukum Polres Serang, Spanduk dan Baligho Ilegal Diturunkan
171 dibaca
Hujan Deras Akibatkan Tebing Longsor dan Rendam Rumah Warga

EKONOMI & BISNIS

19 dibaca
Widih, Start up Kaesang Dapat Dana Rp 29 Miliar
47 dibaca
Mau Liburan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Udah Bisa Dipesen yah
Top