Senin, 27 Januari 2020

Harga Cabai di Lebak Tembus Rp120 Ribu/Kg

Cabai dan Bawang (Foto Istimewa)
Sabtu, 14 Jan 2017 | 05:30 WIB - Lebak Ekonomi & Bisnis

IB, Lebak — Harga cabai merah keriting di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, Banten, melonjak tajam sejak dua hari ini. Sebelumnya, sebesar Rp105 ribu naik menjadi Rp120 ribu per kilogram (kg).

“Melonjaknya harga cabai merah keriting itu akibat pasokan makin berkurang,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Orok Sukmana, di Lebak, Sabtu (14/1/2017).

Saat ini, harga cabai di Kabupaten Lebak sejak empat pekan terakhir terus merangkak naik akibat terbatasnya produksi cabai tersebut.

Produksi cabai pada Desember 2016 mencapai 103 ton dan tidak terpenuhi permintaan pasar dengan kebutuhan konsumsi sebanyak 141 ton dari penduduk 1,2 juta.

Konsumsi cabai untuk masyarakat di daerah ini mencapai 0,112 kilogram per kapita. Mau tak mau, cabai dari sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat, seperti Cianjur, Bogor dan Sukabumi dikirim ke Lebak.

Saat ini, sejumlah daerah yang menjadi sentra produksi di Banteng, susut. Lantaran tingginya curah hujan tinggi yang menyebabkan lembab. Biasanya, suhu lembab itu dapat menimbulkan serangan hama maupun organisme pengganggu tanaman (OPT).

Saat ini tanaman cabai yang siap dipanen terserang hama patek sehingga petani melakukan panen lebih awal dalam kondisi hijau dan belum berwarna merah.

Selain itu, permintaan pasar meningkat untuk kebutuhan restoran, rumah makan, rumah tangga, dan pesta pernikahan. “Saya kira melonjaknya harga cabai akibat terbatasnya produksi sehingga tidak memenuhi permintaan pasar,” katanya.

Nurmanah (55), seorang ibu rumah tangga yang warga Rangkasbitung, menilai harga cabai merah keriting itu cukup tinggi dan memberatkannya, namun permintaan cenderung meningkat karena sudah menjadi kebutuhan pokok.

“Kami berharap harga cabai merah itu bisa kembali turun hingga Rp35.000 per kilogram,” katanya.

Ujang (45), pedagang di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengatakan selama ini harga cabai merah keriting terjadi kenaikan dengan kisaran Rp12.0000 per kilogram.

Sedangkan, cabai rawit menembus Rp80.000 per kilogram dari sebelumnya Rp45.000/Kg. “Dengan kenaikan harga cabai juga banyak pembeli mengurangi yang sebelumnya satu kilogram, namun kini setengah kilogram saja,” ujarnya.[inilahcom]

Bagikan:

KOMENTAR

Harga Cabai di Lebak Tembus Rp120 Ribu/Kg

PEMERINTAHAN

243 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
344 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

107 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang
209 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

186 dibaca
Bosan Pelayanan Istri, Kakek di Pandeglang Cabuli 2 Bocah
255 dibaca
Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Pedagang Pakaian Ditangkap

PERISTIWA

280 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
482 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

219 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
160 dibaca
Produksi Pertanian Surplus, Bupati Serang Kampanyekan Beras Jaseng
Top