Senin, 09 Desember 2019

Gubernur WH Menerima Langsung Anggaran DIPA dan TKDD Tahun 2020 dari Presiden

Jumat, 15 Nov 2019 | 21:33 WIB - Banten

lBC, Jakarta - Gubernur Wahidin Halim menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020 untuk Provinsi Banten. Penyerahan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan  Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 14 November 2019.

Dalam arahannya Presiden Jokowi meminta usai DIPA dan TKDD diserahkan, para penerima anggaran cepat bergerak khususnya terkait belanja modal untuk memicu pertumbuhan ekonomi lebih awal.

"Belanja APBN bisa men-trigger pertumbuhan ekonomi seawal mungkin. Segera setelah ini lelang, pelaksanaan Januari sudah dilakukan. Jangan tunggu-tunggu, sudah, ini perintah," tegasnya.

"Saya titip, saya minta jangan hanya send yang diurus tapi (juga) delivered. Artinya, bukan hanya realisasi belanja yang habis tapi dapat barangnya, dapat manfaatnya rakyat. Itu yang terpenting," tambah Jokowi.

Jokowi juga meminta pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota betul-betul kerja bersama.

Terkait pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Jokowi berharap program-program yang bersinggungan dengan pengembangan SDM dilakukan secara serius. Tujuannya agar melahirkan SDM unggul dan berkualitas.

Dalam laporannya Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, DIPA dan TKDD merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi seluruh menteri, para pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan seluruh program pembangunan pemerintah di dalam rangka mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Indonesia Maju.

"Tahun 2020 merupakan tahun pertama dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 sehingga APBN 2020 memiliki peran yang sangat strategis bagi pemerintah dan untuk secara bertahap mencapai sasaran-sasaran pembangunan nasional di dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Maju pada tahun 2045 yaitu, insyaallah, 100 tahun Indonesia Merdeka,” kata Sri Mulyani.

"Dengan semakin meningkatnya dana transfer ke daerah diharapakan dapat dipergunakan dengan efektif dan akuntabel dalam rangka meningkatkan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia," tambahnya.

Besaran APBN 2020 mencapai Rp 2.540,4 triliun ditetapkan untuk belanja negara. Dari angka tersebut, Rp 909,6 triliun dialokasikan kepada 87 kementerian dan lembaga sementara Rp 856,9 triliun dialokasikan untuk TKDD.[Adv]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Dompet Dhuafa dan PUB Mou Program Sosial di Banten
Selasa, 03 Des 2019 | 21:47 WIB
Dompet Dhuafa dan PUB Mou Program Sosial di Banten
Lagi, Banten Raih Medali Pornas Korpri
Senin, 18 Nov 2019 | 17:08 WIB
Lagi, Banten Raih Medali Pornas Korpri
Hibah KNPI Banten Rp1 Miliar Batal Cair, Kenapa?
Jumat, 15 Nov 2019 | 20:29 WIB
Hibah KNPI Banten Rp1 Miliar Batal Cair, Kenapa?

KOMENTAR

Gubernur WH Menerima Langsung Anggaran DIPA dan TKDD Tahun 2020 dari Presiden

PEMERINTAHAN

353 dibaca
Soal Aset, Bupati Serang Tegaskan Gubernur Tidak Perlu Mediasi
125 dibaca
Peringati Hari Korpri, Bupati Serang Minta ASN Berinovasi

POLITIK

147 dibaca
Hadiri Launching Pilbup Serang 2020, Pandji Pastikan ASN Netral
171 dibaca
KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

337 dibaca
Polisi Limpahkan Tersangka Penambangan Ilegal ke Kejari Serang
213 dibaca
Ibu dan Ayah Pembuang Bayi di Pagelaran Ditetapkan Jadi Tersangka

PERISTIWA

114 dibaca
Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan
180 dibaca
Warga Pagelaran Dihebohkan Penemuan Mayat Bayi

EKONOMI & BISNIS

146 dibaca
Wagub Banten Minta Walikota/Bupati Evaluasi Regulasi Hambat InvestasiĀ 
157 dibaca
Inflasi di Kabupaten Serang Terendah di Banten
Top