Selasa, 28 Januari 2020

Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

Gubernur Banten Wahidin Halim-[Foto Istimewa]
Rabu, 10 Apr 2019 | 21:41 WIB - Banten Serang Politik

lBC, Serang - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Banten telah selesai melaksanakan Pleno menindaklanjuti Laporan No.15/LP/PL/Prov/11.00/III/2019 dugaan keterlibatan ASN Banten terkait dukungan politik praktis untuk dukungan Calon DPD RI, Fadlin Akbar tertuang dalam Pasal 282 dan 283 UU 7/2017. Hasilnya, Bawaslu Banten memutuskan untuk memberikan rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menjatuhkan sanksi kepada ketiga ASN tersebut.

Ketiga ASN tersebut meliputi, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Agus Tauchid (AT), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Babar Suharso (BS) dan satu Kasubag TU Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Serang-Cilegon, Faturrohman (FR).

"Setelah kita kaji ini bukan pelanggaran kode etik kepemiluan, tidak terpenuhinya unsur pidana pemilu, ini juga bukan pelanggaran administrasi pemilu, ini pelanggaran hukum lainnya yaitu pelanggaran netralitas ASN. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan kajian, kami akan mengeluarkan rekomendasi kepada KASN untuk memberikan sanksi ke tiga ASN," kata Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir kepada wartawan melalui telepon selulernya pada Selasa, 9 April 2019.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Banten, Wahidin Halim menghormati keputusan Bawaslu Banten merekomendasikan ke KASN untuk diberikan sanksi tegas terkait netralitas ASN dalam Pemilu 2019. Maka, pihaknya menunggu keputusan KASN.

“Menunggu rekomendasi KASN,”kata Gubernur Banten Wahidin Halim disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Banten, Amal Herawan Budhi melalui pesan singkat kepada lnilahBanten pada Rabu, 10 April 2019.

Baca juga: HMI Desak Gubernur Banten Pecat ASN Terbukti Dukung Calon DPD RI

Bahkan, WH sapaan Wahidin Halim tidak akan mengintervensi terkait rekomendasi Bawaslu Banten ke KASN. Pihaknya tetap menghormati putusan yang akan dikeluarkan KASN. “Ikuti sesuai alur, dan pak gubernur menghormati dan menghargai prosedur yang berlaku,”ungkap Amal.

Sementara dikonfirmasi Asisten Komisioner KASN, Sumardi mengaku akan mempelajari terlebih dahulu rekomendasi Bawaslu Banten tersebut. Seperti apa ketiga ASN pada tingkat pelanggarannya.

“Nanti kita pelajari sejauhmana tingkat pelanggarannya untuk dibandingkan dengan PP 53 Tahun 2010 terkait Disiplin PNS. Baru pengenaan sanksi hukuman disiplin,”ujarnya melalui pesan singkat kepada wartawan.

Sedangkan untuk sanksi sendiri akan bergantung pada pelanggarannya. “Bisa Saja tingkat sedang, atau berat tergantung pelanggarannya,”tutupnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Jumat, 10 Jan 2020 | 13:27 WIB
Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten
Selasa, 07 Jan 2020 | 19:15 WIB
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten

KOMENTAR

Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

PEMERINTAHAN

244 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
346 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

116 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang
225 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

69 dibaca
Mau Jual Motor Hasil Curian, Khasan Ditangkap
202 dibaca
Bosan Pelayanan Istri, Kakek di Pandeglang Cabuli 2 Bocah

PERISTIWA

281 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
484 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

223 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
160 dibaca
Produksi Pertanian Surplus, Bupati Serang Kampanyekan Beras Jaseng
Top