Senin, 16 Mei 2022

Grup B Memanas, Inter Berpeluang Lolos, Madrid Terperosok

Pemain inter Milan Romelu Lukaku saat merayakan golnya ke gawan Borussia Monchengladbach dalam pertandingan liga Champions Eropa 2020, Rabu (2/11/2020). Foto Instagram
Rabu, 02 Des 2020 | 10:39 WIB - Internasional Olahraga

IBC, SERANG - Penyisihan grup B Liga Champions Eropa 2020 semakin memanas. Hal itu terjadi setelah Inter Milan berhasil menekuk Borrusia Monchengladbach 3 - 2 saat bertanding di Jerman, Rabu (2/12/2020) dinihari. Sementara Real Madrid takluk 0 - 2 kala berhadapan dengan Shaktar Donetsk dihari yang sama.

Inter Milan menumbuhkan peluang ke babak 16 besar Liga Champions seusai menang 3-2 di markas Borussia Moenchengladbach, Stadion Borussia Park, Jerman, dalam laga kelima Grup B pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kendati masih terdampar di dasar klasemen dengan koleksi lima poin, Inter secara matematis berpeluang untuk lolos dari Grup B yang semua timnya kini berebut memastikan tiket babak gugur pekan depan.

Inter terpaut tiga poin di belakang Gladbach yang berada di pucuk klasemen sementara dan dua poin di belakang Shakhtar Donetsk dan Real Madrid, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tim besutan Antonio Conte membuka keunggulan pada menit ke-17. Diawali kesalahan Gladbach yang gagal menyapu bola, Romelu Lukaku kemudian mengoperkan bola kepada Roberto Gagliardini, yang meneruskannya kepada Matteo Darmian untuk melepaskan tembakan mendatar dari sudut sempit yang tidak bisa dihentikan kiper Yann Sommer.

Gladbach yang lebih banyak ditekan pada babak pertama kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-45+1. Alassane Plea mampu lolos dari pengawalnya dan menemukan ruang di tengah, untuk menyambut umpan silang Valentino Lazaro dengan tandukan kepala yang berbuah gol.

Nerazzuri merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-64. Marcelo Brozovic merebut bola di lapangan tengah dan berlari ke depan, untuk selanjutnya mengumpan kepada Lukaku yang sempat menyentuh bol dan menanti kesempatan untuk melepaskan tembakan. Ia menyelesaikan peluang tersebut dnegan tembakan keras melesak ke sudut jauh gawang Gladbach.

Lukaku kemudian mengukir gol keduanya pada menit ke-73. Diawali pergerakan Alexis Sanchez yang mengirimkan bola kepada Achraf Hakimi, pemain Maroko itu lantas berlari sprint di sisi kanan dan menyodorkan bola kepada Lukaku yang tidak terkawal, dan dengan mudah mengonversinya menjadi gol.

Gladbach memperkecil ketertinggalan pada menit ke-76. Mereka mendapat bola di area pertahanan Inter dan Marcus Thuram menyodorkan bola kepada Plea, yang berlari kencang dan menceploskan bola ke gawang Inter tanpa melakukan kesalahan.

Plea kembali membobol gawang Inter pada fase akhir pertandingan. Namun setelah dilakukan tinjauan VAR, gol itu tidak dianulir karena ia telah berada dalam posisi offside.

Pada pertandingan putaran keenam yang berlangsung pekan depan, Gladbach akan melawat ke markas Real Madrid. Sedangkan Inter akan menjamu Shakhtar Donetsk.

Susunan pemain:

Borussia Moenchengladbach (4-3-3): Yann Sommer, Stefan Lainer, Tony Jantschke (Denis Zakaria 46'), Matthias Ginter, Oscar Wendt (Hannes Wolf 78'), Valentino Lazaro, Chritoph Kramer, Florian Neuhaus, Alassane Plea, Lars Stindl (Breel Embolo 70'), Marcus Thuram
Pelatih: Marco Rose

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic, Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni, Matteo Darmian (Achraf Hakimi 60'), Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Roberto Gagliardini, Ashley Young (Ivan Perisic 87'), Romelu Lukaku, Lautaro Martinez (Alexis Sanchez 71')
Pelatih: Antonio Conte.

Pertandingan lain

Real Madrid dibayangi ancaman gagal melangkah dari fase grup Liga Champions seusai dipukul Shakhtar Donetsk 0-2 dalam lawatan ke Stadion NSK Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, untuk laga kelima Grup B pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Jika Borussia Moenchengladbach mengalahkan Inter Milan pada pertandingan Grup B lainnya yang berlangsung lebih larut, Real tidak akan leluasa menentukan nasibnya sendiri.

Gladbach dipastikan masih di puncak Grup B hingga pekan depan setidaknya dengan sembilan poin, dibayangi Shakhtar yang berada di atas Real Madrid karena keunggulan head-to-head kendati sama-sama mengoleksi tujuh poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Shakhtar menaklukkan Real di Spanyol pada pertandingan putaran pertama, dan kembali mengukir kejutan berkat dua gol yang dibukukan pemain-pemain pengganti, Dentinho dan Manor Solomon, pada babak kedua.

Pada pertandingan tersebut, Marco Asensio memiliki peluang emas untuk memecah kebuntuan namun sepakan jarak dekatnya membentur tiang gawang.

Peluang berikutnya milik Real didapat dari Karim Benzema, yang tembakannya dapat digagalkan kiper Anatoli Trubin. Sang kiper juga tampil bagus saat mencegah peluang Marco Asensio. Shakhtar dipaksa lebih banyak bertahan di areanya sendiri, yang membuat mereka tidak dapat mencatatkan satu pun tembakan ke gawang tim tamu.

Real kembali mengancam pada awal babak kedua, saat bola kiriman Benzema diteruskan Nacho dengan sundulan melambung. Shakhtar tidak mau ditekan terus, mereka kemudian mendapat peluang melalui Taison yang mampu melewati Varane sebelum melepaskan sepakan yang dapat ditahan Thibuat Courtois.

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-57. Operan dari Viktor Kovalenko menimbulkan kebingungan bagi Ferland Mendy dan Varane, untuk membuat Dentinho dapat melakukan sepakan penyelesaian dengan kaki kiri.

Varane melakukan penyelamatan penting untuk mencegah ancaman dari Kovalenko. Namun serangan balik lainnya dari Shakhtar membuahkan gol kedua pada menit ke-82, saat Solomon mendapat ruang untuk menggiring bola dari area pertahanannya sendiri sebelum menaklukkan kiper Courtois.

Pada pertandingan-pertandingan terakhir putaran grup, Real akan menjamu pemuncak klasemen Gladbach, sedangkan Inter kedatangan Shakhtar, pada Rabu (9/12) depan.

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Anatoli Trubin, Dodo, Vitao, Valeriy Bondar, Mykola Matviyenko, Viktor Kovalenko (Alan Patrick 85'), Taras Stepanenko, Tete, Marlos (Maycon Barberan 73'), Taison (Manor Solomon74'), Junior Moraes (Dentinho 25' (Fernando 85'))
Pelatih: Luis Castro

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois, Lucas Vazquez, Raphael Varane, Nacho Fernandez, Ferland Mendy, Luka Modric, Toni Kroos, Martin Oedegaard (ISco 77'), Rodrygo (Vinicius Junior 77'), Karim Benzema (Mariano Diaz 77'), Marco Asensio
Pelatih: Zinedine Zidane. (Nunu)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

LAINNYA

Zidane Positif Covid 19
Sabtu, 23 Jan 2021 | 11:17 WIB
Zidane Positif Covid 19
Hajar Juventus, Conte Puji Inter Milan
Senin, 18 Jan 2021 | 20:04 WIB
Hajar Juventus, Conte Puji Inter Milan
Inter Hajar Juventus 2 - 0, Siap Juara Inter?
Senin, 18 Jan 2021 | 08:55 WIB
Inter Hajar Juventus 2 - 0, Siap Juara Inter?

KOMENTAR

Grup B Memanas, Inter Berpeluang Lolos, Madrid Terperosok

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

152 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
340 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
247 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

152 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
340 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
996 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

242 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1437 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1256 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top