Kamis, 13 Juni 2024

Gotong Royong Bersih-bersih Sampah di Sungai Cibanten

(Foto Den/lnilahBanten)
Selasa, 06 Mar 2018 | 21:28 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Serang bekerjasama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Danramil, Unsur Muspika Kecamatan Kasemen serta warga Kampung Jabang bayi, Karang Serang, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen gotong Royong Bebersih sampah yang ada di Sungai Cibanten, di Jalan Banten Lama pada Selasa, 6 Maret 2018.

Kepala Bidang (Kabid) Pengeloaan Sampah PSLB 3 PK DLHD Kota Serang, Ajat Sudrajat mengatakan, ini dalam rangka hari peduli sampah nasional sehingga kerja bakti membersihkan Sungai Cibanten.

"Dalam 3 bulan ini berkaitan dengan hari peduli sampah nasional melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, yang sebelumnya sudah dilakukan di Palima, Curug, Kaligandu, Taman sari, Kota Baru, termasuk di jalan Taktakan, ini sudah hampir tiap minggu kita melakukan bebersih sampah," ungkapnya.

"Selain itu, kami menerjurkan Truck pengangkut sampah sebanyak 3 dari DLHD Kota serang, Dinas PU 1 dan Dari PPN 1," tambahnya.

Ia berharap kepada masyarakat sampai saat ini kenyataannya belum ada kepedulian, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini ada kepedulian dari masyarakat. "Saya berharap mudah- mudah kepedulian masyarakat dengan adanya kegiatan ini tidak membuang sampah sembarangan bisa menjaga lingkungan, agar Kota Serang menjadi bersih terbebas dari sampah," tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PU Kota Serang Muhamad Ridwan menuturkan, kegiatan ini inisiatif dari unsur muspika dengan dinas pekerjaan umum terkait permasalahan sampah yang ada di saluran sungai cibanten terganggu. "Kami bekerjasama dengan balai, untuk bisa melakukan pembersihan di sungai cibanten, supaya aliran sungai tidak menimbulkan banjir," katanya.

Ia menjelaskan untuk sementara membersihkan kami fokus disungai cibanten nanti akan berlanjut ke muara. "Kita Sebelumnya pernah melakukan pembersihan dengan cara manual, tapi tidak optimal, meskipun kita turunkan puluhan orang tapi tidak maksimal, akhirnya pembersihan membutuhkan alat untuk itu saya perlu kordinasi dgn pihak terkait," tuturnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, jika sungai ini sudah bersih, masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. "Jadi sungai tidak dijadikan tempat sampah, tidak hanya disini saja tetapi sampai ke hulu, yang harus kita juga kebersihan supaya tidak menimbulkan permasalahan sampai ke hilir," tandasnya.[Den]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Gotong Royong Bersih-bersih Sampah di Sungai Cibanten
hclh

INILAH SERANG

2019 dibaca
Oknum LSM yang Mengaku Anggota Polsek Bayah Diringkus
3156 dibaca
Pilkades Serentak 2019, Calon Kades dari Luar Desa Pemicu Konflik

HUKUM & KRIMINAL

3037 dibaca
Polisi Berhasil Bekuk DPO Pelaku Curanmor di Pandeglang
790 dibaca
Bisnis Sabu Hasil Patungan, Dua Pemuda di Kopo Dicokok Polisi

POLITIK

1526 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, PPP Kesulitan Cari Wakil Subadri

PENDIDIKAN

3799 dibaca
Gubernur Kukuhkan 54 Anggota Paskibra Banten
Top