Kamis, 15 April 2021

Gerakan Ekonomi Warga, Pemkab Tetapkan Ngurah Dano Agenda Tahunan

[Foto Istimewa]
Minggu, 05 Agt 2018 | 20:20 WIB - Serang Wisata

lBC, Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berkomiten akan memperbaiki infrastruktur jalan yang menuju destinasi wisata Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka. Hal tersebut dilakukan, sebagai dukungan Pemkab Serang untuk menarik wisatawan.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, potensi lokal menjadi tanggung jawab masyarakat dan Pemkab Serang dengan cara mengajak menjaga kebersihan dan memiliki pengetahuan tentang wisata di lingkungannya. “Masyarakat harus siap untuk menjadikan Desanya menjadi tempat wisata. Dengan, memperhatikan kebersihan, ramah dan mengetahui segala jalur wisata  di Desanya,” ungakapnya.

Hal itu diungkapkan Tatu, di sela acara Ngagurah Danau, di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka pada Minggu, 5 Agustus 2018. Turut hadir, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Sekertaris Daerah Kabupaten Serang Entus Mahmud, Kepala Desa Cikolelet Odjat Darojat dan beberapa  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Serang.

Tatu menjelaskan, tradisi tahunan Ngagurah Dano yang dilakukan oleh warga Serang Barat akan dijadikan agenda tahunan Pemkab Serang dalam rangkaian event Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF). “Dengan diangkatnya kegiatan ini ke tingkat kabupaten diharapkan bisa menggerakan ekonomi warga sekitar melalui event tahunan tersebut,” katanya.

Saat ini, Pemkab Serang berupaya akan memperbaiki infrastrukur dengan cara menaikan jalan desa menjadi kabupaten agar penanganan bisa dilakukan secara cepat dan wisatawan yang datang merasa nyaman dengan infarstruktur yang lengkap. ”Meskipun yang hadir baru warga lokal karena baru diangkat oleh Pemkab.Semoga, pada event berikutnya bisa menghadirkan wisatawan luar daerah yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.,” imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya tradisi Ngagurah Danau hanya dilakukan oleh warga lokal untuk menyambut musim panen. Kini, dibawah kepemimpinan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Pemkab Serang menjadikan agenda tahunan dalam event Kabupaten Serang dalam rangkaian AKCF. “AKCF kita publikasi secara massif sehingga akan mendatangkan wisatawan tingkat provinsi dan Nasional,” tuturnya.  

Sementara itu, Kepala Desa Cikolelet, Odjat Darojat menuturkan, Ngagurah Dano merupakan tradisi budaya warga Kabupaten Serang dari tiga Kecamatan yakni. Cinangka, Padarincang, dan Mancak. “Warga mengambil ikan secara bersama di sungai Cidano dengan menggunakan alat tradisional yang dilakukan pada musim kemarau setelah panen disekitar sawah sungai Cidano,” ungkapnya.

Selain menangkap Ikan, Ngagurah Dano juga menjadi ajang perkumpulan bagi warga sekitar bantaran sungai Cidano . “Kami juga mengucapkan terimakasih karena Pemkab Serang peduli dengan tradisi ini dan sudah membangun jembatan selfie sebagai pelengkap destinasi wisata disini,” ujarnya depan ratusan warga saat memberikan sambutan.[Qomat]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Gerakan Ekonomi Warga, Pemkab Tetapkan Ngurah Dano Agenda Tahunan
pa aef

INILAH SERANG

61 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
122 dibaca
Supporter Bola dan Club Motor Sepakat Jaga KondusivitasRamadhan

HUKUM & KRIMINAL

61 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
119 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Penjual Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

201 dibaca
Antisipasi Kerawanan Pilkades, Pemkab Serang Lakukan Pemetaan
755 dibaca
Ngopi Bareng Kapolres, Apdesi dan DPMD Bahas Pilkades Aman, Damai dan Sehat

PENDIDIKAN

421 dibaca
Mendikbud: Sekolah Diperbolehkan Belajar Tatap Muka Terbatas
549 dibaca
Pemkab Serang Akan Tingkatkan Penerima dan Insentif Guru Paud
Top