Jumat, 30 September 2022

DPKD Kabupaten Serang Tancap Gas Tingkatkan Minat dan Daya Baca Masyrakat

Senin, 19 Sept 2022 | 21:36 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Meski belum lama menduduki jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang, Aber Nurhadi langsung tancap gas untuk meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Kabupaten Serang. Berbagai terobosan dan inovasi langsung dituangkan mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) ini dalam sejumlah program.

Diawali dengan konsolidasi intern dan menata tempat kerja. Lalu menggandeng PT Cargill untuk mereparasi kendaraan Perpustakaan Keliling (Pusling), membentuk tim penelusuran karya besar tokoh agama Banten Syech Nawawi, membentuk bunda literasi di setiap desa dan kecamatan, membentuk duta baca, hingga berencana membangun gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) dengan melobi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jakarta agar Pemkab Serang memiliki Perpusda yang megah, sehingga mendorong masyarakat meningkatkan minat dan daya baca.

“Kita punya tokoh besar terkenal di dunia yaitu Syech Nawawi, sudah banyak karya beliau hingga mendirikan banyak pesantren dan alim ulama. Makanya, kita akan bentuk tim penelusuran karya besar Syech Nawawi agar kita punya arsip sejarahnya,” tutur Aber mengawali wawancara.

Paling penting, kata Aber, pihaknya ingin memasyarakatkan perpustakaan dan meningkatkan minat dan daya baca masyarakat. Menurut Aber, sejauh ini minat baca masyarakat sudah tinggi dengan berkembangnya teknologi pada era smartphone. Sebagai contoh, setiap bangun tidur masyarakat saat ini sudah mengejar dan membuka ponsel mencari informasi apa saja.

xvbfd“Tapi daya bacanya masih rendah. Makanya program-program jangka pendek kita kejar. Program jangka panjangnya, kita ingin punya gedung Perpusda. Kami akan melobi Perpusnas ke Jakarta, biasanya ada bantuan. Bukan hanya buku, tapi juga bantuan pembangunan gedung. Soalnya, kita melihat di daerah lain gedung Perpusda besar-besar dan bertingkat. Kita akan meminta tanah Pemda dan pendapat Ibu Bupati untuk mewujudkan itu,” ujar Aber.

Dengan gedung refresentatif dan terdapat penunjangnya, seperti Cafe, tempat rekreasi untuk spot-spot foto, diyakini Aber, akan menarik minat masyarakat untuk datang dan berliterasi di Perpusda. Direncanakan Aber, Perpusda akan dibangun di lokasi strategis, seperti dekat kawasan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang dengan kebutuhan lahan sekira dua hektare. “Jadi, saya ingin ke depan DPKD ini memberi warna dalam meningkatkan minat dan daya baca,” targetnya.

Upaya lain, pihaknya masih menjalankan kegiatan Pusling. Saat ini masih berjalan di tiga kecamatan Kabupaten Serang, yakni Kecamatan Tanara, Kecamatan Carenang, dan Kecamatan Pontang lebih dari dua kali dalam satu pekan, dibantu mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM).

Kendati diakui Aber, saat ini terkendala kendaraan operasional, dimana hanya dua dari lima kendaraan yang dapat dioperasikan. Tidak sampai di situ, Aber juga berencana merangkul ibu kepala desa (kades) melaunching Bunda Literasi Kecamatan dan Desa, serta Duta Baca menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang yang jatuh pada 8 Oktober mendatang. Aber akan menjadikan ibu kepala desa dan ibu camat sebagai Bunda Literasi, sehingga ke depan bisa menganggarkan untuk pengadaan Perpustakaan Desa (Perspusdes), Pojok atau Sudut Baca di desa masing-masing, termasuk di kecamatan.

Dengan begitu, Aber ke depan akan menyarankan Bunda Literasi untuk melakukan pengadaan buku sesuai potensi masyarakat di wilayahnya masing-masing, seperti wilayah pertanian agar menyediakan buku tentang pertanian, begitupun perikanan, dan sebagainya.

Disebutkan Aber, sejauh ini kurang dari 10 desa dari 326 desa di Kabupaten Serang yang mempunyai Perpusdes, karena terkendala anggaran. Dengan adanya Bunda Literasi, diharapkan Aber, bisa mendorong desa paling tidak mempunyai Sudut Baca. Ke depan juga, Aber berjanji, akan mengoptimalisasikan fungsi Taman Baca Masyarakat di setiap wilayah

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Otomasi dan Kerjasama DPKD Kabupaten Serang Iwan Suryadi menambahkan, pihaknya saat ini baru bisa mengoperasikan Pusling berdasarkan permintaan atau surat permohonan, karena terkendala anggaran. Ditambah tiga dari lima kendaraan belum bisa dioperasikan karena kondisinya tidak memungkinkan untuk beroperasi, selain faktor lainnya seperti bahan bakar dan makan minum petugas di lapangan. Artinya, dua kendaraan dimaksimalkan secara kondisional, dalam satu hari bisa dilaksanakan di dua tempat. Untuk permintaan kehadiran Pusling, disebutkan Iwan, berasal dari lembaga pendidikan SD dan SMP.

“Saya berharap, anggaran kegiatan Pusling bisa dialokasikan di APBD Perubahan supaya kegiatan bisa tetap berjalan untuk meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Kabupaten Serang,” harapnya.

Tidak hanya kalangan pelajar, pihaknya juga ingin meningkatkan minat baca dengan membidik dunia industri melalui kehadiran Pusling. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Modern Land Cikande dan PT Indahkiat agar perusahaan mengetahui bahwa Pemkab Serang hadir juga di tengah-tengah industri. Bahkan, pihaknya sudah diberikan tempat untuk menata Sudut Baca di kawasan Foodcourt Kawasan Modern Land Cikande. Selain itu, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk menempatkan Pusling di kawasan kantor Disnakertrans.

“Di Disnakertrans itu sehari Pencaker (Pencari Kerja) yang membuat kartu kuning bisa sampai 300 orang yang datang. Ini potensi untuk meningkatkan minat dan daya baca masyarakat khusus Pencaker sambil menunggu pencetakan kartu kuning. Kelemahan kami, belum mempunya buku-buku berkaitan dengan industri, kita akan coba koordinasi dengan Balai Besar (menyebut Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung Cidanau Cidurian-red),” pungkasnya.[Adv]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

DPKD Kabupaten Serang Tancap Gas Tingkatkan Minat dan Daya Baca Masyrakat

INILAH SERANG

95 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
71 dibaca
Wabup Serang Sampaikan Raperda APBD TA 2023, Ini Rinciannya
77 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa

HUKUM & KRIMINAL

95 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
75 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku, Polres Serang Bongkar Peredaran Upal
193 dibaca
Buruh Pabrik Warga Oku Timur Tega Buang Bayi Darah Dagingnya

POLITIK

77 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa
193 dibaca
Andika Disambut Baik Jadi Bakal Calon Bupati Serang
211 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif

PENDIDIKAN

113 dibaca
Keynote Speech UI Green Metric, Ratu Tatu Pertegas Pembangunan Pentahelix
203 dibaca
BPSDMI Kemenperin: Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk Cetak SDM Handal
Top