Kamis, 18 Oktober 2018

DPK Banten Ajak Siswa SMK Kota Tangerang Budayakan Membaca

[Foto Istimewa]
Senin, 24 Sept 2018 | 13:04 WIB - Tangerang Pendidikan

lBC, Tangerang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten melaksanakan kegiatan peningkatan minat baca siswa di SMKN 9, Kota Tangerang. Kegiatan diikuti oleh 100 orang siswa, dengan narasumber Atih Ardiansyah (Anggota Dewan Perpustakaan/Dosen komunikasi UNMA), Rizal Fauzi (Jurnalis/Dosen) dan Indra Hermayadi (Ketua Ikatan Perpustakaan Indonnesia Banten). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memotifasi siswa agar gemar membaca serta meningkatkan kesadaran mereka tentang manfaat membaca. Disamping itu juga, kegiatan ini mencoba memberikan kesadaran kepada siswa tentang bagaimana menggunakan media sosial (internet) secara sehat dan kreatif.

Pada kesempatan ini, dilakukan diskusi tentang manfaat membaca untuk meningkatkan kapasistas diri sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing di masa depan (Indra Hermayadi). Sedangkan, Rizal Fauzi menyampaikan materi tentang bagaimana mengaktualisasikan ide dan gagasan kedalam bentuk tulisan secara kreatif dan Atih Ardiansyah atau lebih dikenal dengan nama pena Fatih Zam menyampaikan materi tentang bagaimana memanfaatkan media sosial secara kreatif dan sehat

"Di era digital seperti sekarang ini, siswa tidak cukup dibekali keterampilan membaca secara mekanistis, tapi harus lebih dari itu. Siswa mesti dibekali dengan kemampuan dan kecerdasan menanggapi dunia digital,”ujar Fatih Zam pada Sabtu, 22 September 2018.

“Masyarakat dunia sedang hijrah ke dunia digital. Kepribadian, keperluan, jadwal bahkan kehidupan pribadi banyak dititipkan ke jejaring sosial,"lanjut Fatih zam.

Di media sosial, ujarnya, ada banyak "jebakan" yang bisa membuat siswa melakukan hal-hal  kurang produktif. Untuk itu, Ia mengapresiasi DPK Banten yang memasukkan muatan literasi digital pada program peningkatan kegemaran membaca. Ia berharap, penguatan literasi digital mendapatkan porsi yang lebih besar karena realitanya siswa hidup di era digital.

“Siswa memang harus dibekali kecakapan menghadapi era digital agar mereka bs mengoptimalkannya untuk kebaikan,”tegasnya.

Kepala Perpustakaan SMKN 9 Kota Tangerang Dian Riviana mengaku senang dengan kedatangan Tim Perpusda Provinsi Banten yang telah memberikan kesempatan kepada para siswa di sekolahnya melalui kegiatan Talk Show Membangun Minat Membaca Di Era Digitalisai.

Kegiatan ini, lanjutnya, banyak memberikan informasi yang sangat berguna dan mengesankan kepada siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi kegiatan tersebut didukung dengan para pembicara yang andal dan kemasan acara yang asik dan ciamik sesuai kondisi kekinian generasi hari ini.

“Kami berharap kegiatan ini akan memberikan suasana dan semangat baru bagi kegiatan berliterasi di sekolah kami dan berharap Perpusda Provinsi Banten mengundang kami kembali,”tutur Dian.[Kominfo]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

DPK Banten Ajak Siswa SMK Kota Tangerang Budayakan Membaca

PEMERINTAHAN

210 dibaca
ASN Pemprov Banten jangan Main-main dalam Absen
269 dibaca
HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa
247 dibaca
Dilantik, Pj Walikota Serang Diminta Perbaiki Jalan

POLITIK

129 dibaca
Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih
415 dibaca
Ratusan Buruh Cikoja Deklarasi Pemilu Damai 2019
322 dibaca
Serempak di 29 Kecamatan, KPU Kabupaten Serang Lakukan GMHP

HUKUM & KRIMINAL

287 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara
310 dibaca
Pengguna dan Pengedar Narkotika, Tiga Warga Cilegon Diringkus
215 dibaca
Alfamart Dibobol Maling, Uang Rp60 Juta Raib

PERISTIWA

156 dibaca
Polres Serang Kota Sita 3500 Lebih Botol Miras
184 dibaca
Tim PFA Dompet Dhuafa Pulihkan Anak-anak Pasca Gempa-Tsunami Sulteng
218 dibaca
Warga Petir Ditemukan Tewas Gantung Diri

EKONOMI & BISNIS

168 dibaca
MoU dengan DP3AKKB, Bank Banten Dukung Pemberdayaan Perempuan
181 dibaca
Andika Launching Toko Online Industri Rumahan Sijelita
Top