Selasa, 22 Mei 2018

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemprov Diminta Buat Miniatur Wisata di Banten

Suasana pertemuan Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD provinsi Banten, Rudy Indriawan saat diterima Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, di Kantor Dinas Pariwisata KP3B, Curug, Kota Serang pada Senin, 13 Februari 2017. (Foto: lnilahBanten/Ahmad Udi)
Senin, 13 Feb 2017 | 19:18 WIB - Banten Serang Wisata

IB, Serang-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten harus memiliki miniatur pariwisata yang ditempatkan dalam satu lokasi. Ini diperlukan guna menunjang kedatangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri ke Provinsi Banten. 

"Saya kira Gedung Dinas Pariwisata ini kan luas. Kami berdiskusi dengan pengurus menginginkan adanya miniatur Banten. Dengan begitu ini bisa menunjang kedatangan wisatawan ke Banten," ungkap Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD provinsi Banten, Rudy Indriawan saat diterima Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, di Kantor Dinas Pariwisata KP3B, Curug, Kota Serang pada Senin, 13 Februari 2017.

Rudy mengungkapkan bahwa keberadaan miniatur Banten diperlukan, mengingat wilayah Provinsi Banten yang cukup luas. Sehingga ketika ada wisatawan yang berkunjung ke Banten, bisa menikmati seluruh potensi pariwsiata yang ada. 

"Sementara untuk selama ini, ASPPI mengalami kesulitan ketika membawa wisatawan untuk mengetahui detail dari potensi pariwista Banten. Dimana untuk menjangkau semua itu, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menjangkaunya. Sedangkan disisi lain, para wisatawan suka foto foto. Paling tidak tergambarkan dengan bukti foto itu, bahwa para wisatawan sudah ke Banten," terang Rudy.  

Rudi menyebutkan, pekerjaan rumah lainnya yang perlu dipikirkan oleh Pemprov Banten melalui dinas pariwisata yakni dukungan infrastruktur menuju lokasi wisata. Karena diakui sejumlah jalur wisata di Banten masih ditemukan kondisi jalan yang kurang baik.

"Kami juga berharap agar kondisi jalur wisata juga menjadi perhatian pemerintah. Kami berharap dukungan Kepala Dinas Pariwisata sekarang ini bisa berjalan optimal," kata Rudy. 

Baca juga: Diperlukan Komitmen Bersama dalam Penataan Pariwisata di Banten

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengungkapkan, pihaknya menyambut baik dengan adanya masukan dari ASPPI Banten dalam meningkatkan potensi pariwisata. Dimana usulan yang disampaikan sudah menjadi pemikiran dinas pariwisata dalam menata potensi-potensi pariwisata.

"Kami apresiasi atas usulan pengurus ASPPI. Apalagi dengan dukungan tempat yang cukup luas, dinas pariwisata sudah juga mendesain miniatur Banten tersebut. Meski diakui kami masih menghitung potensi pariwista yang dianggap mewakili  Banten," katanya. 

Eneng mencontohkan, Banten memiliki potensi pariwisata yang bisa dijual melalui miniatur Banten. Salah satau diantaranya yakni rumah adat Baduy, kawasan Banten lama hingga minaiatur industri gerabah di Kabupaten Serang.  

"Melalui sinergi bersama seluruh stakeholder yang ada, diharapkan mampu mendorong kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara ke Banten," terangnya. 

Sedangkan saat ini, Eneng mengatakan pihaknya terus melakukan  penataan ruang kerja dan memanfaatkan fungsi-fungsi yang seharusnya ada di lingkungan kantor. Tujuannya tentunya menjadikan kantor dinas lebih asri dan apik. 

"Kedepan tinggal mewujudkan apa yang diharapkan ASSPI bisa jadi salah satu destinasi wisata di KP3B," tandas Eneng.

Reporter: Ahmad Udi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemprov Diminta Buat Miniatur Wisata di Banten
puasa dewan

PEMERINTAHAN

158 dibaca
Selama Ramadhan, Jam Kerja ASN di Lebak Seminggu 32 Jam
247 dibaca
326 Desa di Kabupaten Serang Bakal Dapat Mobil Ambulance
Ino Ratu Ria

POLITIK

206 dibaca
KPU Lebak Datangi PT Aksara Prima Grafika, Ada Apa?

HUKUM & KRIMINAL

163 dibaca
Pol PP Lebak Tegur Warteg yang Kedapatan Buka Usaha di Siang Hari
Top