Rabu, 03 Maret 2021

Dompet Sedang Tipis? Sedekahlah, Keutamaannya Dahsyat!

Ilustrasi/Net
Selasa, 16 Feb 2021 | 22:44 WIB - Mozaik Islami

SEDEKAH dari orang yang serba kekuarangan disebut Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai bentuk sedekah yang paling afdhol. Berikut ini dalilnya:

Dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Hubsyi Al Khotsami, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya sedekah mana yang paling afdhol. 

Jawab beliau, "Sedekah dari orang yang serba kekurangan." (HR. An Nasai no. 2526. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengungkapkan, hadits di atas ada beberapa tafsiran. Ada ulama yang mengatakan maksudnya adalah keutamaan sedekah saat susah. Ada yang mengatakan bahwa sedekah tersebut dilakukan dalam keadaan hati yang senantiasa "ghina" yaitu penuh kecukupan. Ada juga yang mengatakan maksudnya adalah bersedekah dalam keadaan miskin dan sabar dengan kelaparan. (Lihat Aunul Mabud, 4: 227)

Dalam hadits disebutkan, Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

"Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham". Lalu ada yang bertanya, "Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?" Beliau jelaskan, "Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan." (HR. An Nasai no. 2527 dan Imam Ahmad 2: 379. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Sedekah yang paling afdhol adalah sedekah ketika orang penuh kekurangan, itulah yang dapat dipahami dari hadits di atas. Allahu'alam.[lnilahkoran]

Bagikan:

LAINNYA

Ciri Lelaki Sejati Itu Cemburu kepada Istrinya
Rabu, 03 Mar 2021 | 00:40 WIB
Ciri Lelaki Sejati Itu Cemburu kepada Istrinya
Kisah Motivasi Jelang Syaban dan Ramadan
Senin, 01 Mar 2021 | 22:34 WIB
Kisah Motivasi Jelang Syaban dan Ramadan
Ziarah Kubur Jelang Ramadan, Wajib atau Tradisi?
Senin, 01 Mar 2021 | 22:25 WIB
Ziarah Kubur Jelang Ramadan, Wajib atau Tradisi?

KOMENTAR

Dompet Sedang Tipis? Sedekahlah, Keutamaannya Dahsyat!
dinsos dewan ac as Fae SF

INILAH SERANG

77 dibaca
Puluhan Pejabat Pemkab Serang di Suntik Vaksin, Hasilnya Tak Ada KIPI
Top