Selasa, 21 Januari 2020

Dompet Dhuafa Launching Pos Sehat di Kampung Gowok

Kamis, 16 Jan 2020 | 17:33 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang - Layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten melaunching Pos Sehat yang bernama Pos Sehat Ainul Yaqin di Kampung Gowok Masjid, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Kamis, 16 Januari 2020.

“Ini adalah pos sehat ke enam  yang berhasil di inisiasi oleh LKC Dompet Dhuafa di daerah Banten. Pos Sehat ini nantinya membuka pelayanan kesehatan cuma-cuma untuk warga sekitar, mulai dari usia 15 tahun sampai 59 tahun," ungkap Kepala Bagian Program LKC Dompet Dhuafa Banten, Danan Panggih Wisastra melalui keterangan tertulisnya.

Lokasi yang dipilih ini adalah rekomendasi dari Dompet Dhuafa cabang Banten. "Daerah yang dipilih ini merupakan rekomendasi dari Bapak Mochlas Pidono selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, tentunya setelah melewati proses assesmen dan lain sebagainya," terang Danan.

Danan juga menerangkan pos sehat ini sendiri sama dengan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) milik pemerintah yang bertujuan untuk melakukan skrining kepada warga beresiko mengalami PTM. Setelah data terkumpul, warga yang beresiko menderita PTM akan dikelola agar tidak terjadi komplikasi lanjutan pada PTM yang dideritanya.

Dalam hal ini kita bekerja sama dengan puskesmas untuk proses rujukan pasien-pasien yang membutuhkan obat PTM. Pos sehat ini nantinya akan melakukan pelayanan dua kali dalam sebulan. Pada pelaksanaanya Pos Sehat Ainul Yaqin ini rencananya akan membuka pelayanan 2 kali dalam sebulan. Minggu pertama dan Minggu keempat. Pelayanan Pos Sehat Ainul Yaqin ini nantinya akan dibantu oleh dokter.

"Pelayanan akan dilaksanakan oleh dokter dan kader yang sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari LKC Dompet Dhuafa Banten. Pos Sehat Ainul Yaqin akan mendapatkan supervisi langsung dari LKC Dompet Dhuafa Banten dan Puskesmas per tiga bulan. Dengan adanya pos sehat, diharapkan warga disini terbantu dalam mengakses pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui faktor resiko PTM serta warga yang menderita PTM dapat terekelola dan tetap produktif," jelas Danan.

Oon Fatonah selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Curug Kota Serang pun turut hadir pada kegiatan hari ini. Dalam sambutannya Fatonah mengungkapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada LKC Dompet Dhuafa Banten telah membantu pihak pemerintah untuk membantu dalam bidang kesehatan. “Ini merupakan langkah awal bagi kami di puskesmas untuk bisa bersama sama membangun posbindu ini supaya lansia yang ada di sukajaya menjadi sehat,"ujarnya.

Para warga merasa terbantu dengan didirikannya Pos Sehat Ainul Yaqin yang diinisiasi oleh LKC Dompet Dhuafa Banten. "Kami berterima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa, jadi berobat tidak perlu jauh-jauh. Bisa cek kesehatan disini," Jelas Romlah (46 tahun) salah satu warga Kampung Gowok Masjid.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dompet Dhuafa Launching Pos Sehat di Kampung Gowok
x.ackd

PEMERINTAHAN

231 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
325 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

281 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
484 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

139 dibaca
Resmob Polda Banten Ringkus Pelaku Curanmor dan Penadah

PERISTIWA

228 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

204 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top