Kamis, 27 Juni 2019

Dompet Dhuafa Gerebek Kampung Terdampak Tsunami Banten

[Foto Dompet Dhuafa]
Senin, 20 Mei 2019 | 15:47 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang - Masih teringat dikenangan kita musibah tsunami yang terjadi di Banten pada awal tahun 2019 ini masih meninggalkan rasa duka untuk para wilayah terdampak, salah satunya kampung Tanjung Lame, Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Dengan itu Dompet Dhuafa kembali bersilahturahmi dengan warga Tanjung Lame melalui program Grebek Kampung Ramadhan-nya.

Tim Dompet Dhuafa mengajak para warga menghidupkan kembali gebyar Ramdhan di setiap kegiatan Gerebek Kampung yang diadakan pada Sabtu, 18 Mei 2019.

“Ini adalah bentuk silaturahmi kita, pada warga Tanjung Lame, dalam kegiatan ini ada banyak agenda, diantaranya pemeriksaan kesehatan baik. Ada juga kegiatan pengajaran mitigasi bencana kepada remaja dan pemuda di sini, kita juga adakan tarawih bersama. Selain buka bersama, kita juga menyediakan sahur bersama," ucap Ahmad Lukman, selaku PIC Grebek Kampung Tanjung Lame. 

Kegaiatan Grebek Kampung digelar dengan sangat meriah melibatkan para warga untuk saling bergotong royong melancarkan acara ini. Acara Grebek Kampung di Kampung Tanjung Lame ini bukan hanya mengadakan kegiatan buka bersama saja namun Tim Dompet Dhuafa juga mengadakan aksi layanan kesehatan gratis untuk para warga, layanan kesehatan gratis meliputi disediakannya konsul dokter, cek tensi dan obat gratis untuk para warga.

Pelatihan mitigasi bencana pun tidak luput dari Tim Grebek Kampung Dompet Dhuafa adakan, untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan agar warga dapat menghadapi bencana gempa bumi ataupun tsunami yang kerap kali terjadi di Indonesia. Tidak hanya aksi layanan gratis dan pelatihan mitigasi bencana, kali ini para warga khususnya ibu-ibu dan bapak-bapak, serta relawan bergotong royong menyiapkan dan memasak menu berbuka.

Beberapa ibu-ibu ada yang sibuk menanak nasi, sebagian memotong sayuran buncis, sedangkan bapak-bapak asik meramu es buah. Para warga dengan hangat dan senang hati memasak menu berbuka puasa. Walau terbilang sederhana, namun nuansa kekeluargaan begitu terasa di Tanjung Lame.

Masjid As-Syifa juga mendadak menjadi lebih ramai dibanding biasanya. Semua warga berbondong-bondong ke masjid ikut serta meramaikan. Terdapat sebanyak 300 porsi menu berbuka dan sahur untuk para warga Tanjung Lame.

"Alhamdulillah, terimakasih kami sampaikan kepada Dompet Dhuafa yang telah peduli dan sudi bersilaturahmi ke kampung kami. Banyak kepedulian yang telah diberikan Dompet Dhuafa kepada warga kami, dan semoga silaturahmi ini bisa berlanjut sampai nanti," terang Kepala Dusun Tanjung Lame, Suparman.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dompet Dhuafa Gerebek Kampung Terdampak Tsunami Banten

PEMERINTAHAN

555 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik
1200 dibaca
Pemprov Banten Merubah RPJMD 2017-2022, Ini Sebabnya
1405 dibaca
Perencanaan APBD Banten 2019, Pembangunan Fisik Harus Selesai November

POLITIK

1205 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar
1389 dibaca
2 Tahun Kepemimpinan WH-Andika, Eks Relawan Bentuk Tim Kajian 
10971 dibaca
Arwan Benarkan Ucapan Gubernur WH ‘Siapa Suruh jadi Relawan’

HUKUM & KRIMINAL

641 dibaca
Cabuli Siswa Hingga Hamil, 3 Oknum Guru Terancam 20 Tahun Penjara
2156 dibaca
Kapolda Banten Berhentikan Dua Anggota Polri
494 dibaca
Dua Spesialis Pencuri Rumsong Dibekuk Resmob

PERISTIWA

372 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman
304 dibaca
Angka Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Pemkab Serang Siaga Satu
1418 dibaca
Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

EKONOMI & BISNIS

540 dibaca
Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital
522 dibaca
WH Ingatkan Tertinggal Revolusi 4.0, Menganggur Kita
Top