Kamis, 27 Juni 2019

Dompet Dhuafa Bantu Korban Banjir Bandang di Lebak

[Foto Dompet Dhuafa Banten]
Sabtu, 25 Mei 2019 | 16:11 WIB - Lebak Peristiwa

lBC, Lebak - Hujan deras berlangsung sekitar 3 jam mulai pukul 16.00 WIB sampai 19.00 WIB mengakibatkan dua kecamatan terendam banjir. Disaat masyarakat sedang menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan dalam mencari keberkahan puasa, masyarakat Kecamatan Sajira dan Muncang  mengalami banjir bandang pada Rabu, 22 Mei 2019 akibat hujan lebat di hulu Sungai Cilaki, Kabupaten Lebak.

“Disaster Management Center Dompet Dhuafa siap membantu para korban banjir bandang. Apalagi ini bulan keberkahan. Kami akan berkoordinasi dengan tim gabungan juga untuk membersihkan bekas–bekas banjir bandang. Kami juga akan membantu mendistribusikan kebutuhan para masyarakat di lapangan,“kata Koordinator Lapangan Dompet Dhuafa Gugun pada Sabtu, 25 Mei 2019.

Dalam Membantu para korban banjir bandang, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menurunkan lima relawan dengan mobil operasional. Selain itu tim Disaster Management Center juga cepat berkoordinasi dengan posko penanggulangan darurat serta pengadaan bantuan darurat dan mengadakan asesment rumtara bagi korban banjir bandang yang kehilangan rumah. Saat ini para korban banjir bandang membutuhkan pakaian pantas pakai, makanan siap saji, selimut, air bersih, terpal, peralatan memasak serta hygiene kit.

Peristiwa banjir bandang ini mengakibatkan beberapa bangunan terendam dan hanyut. Menurut Laporan DMC Dompet Dhuafa, update pada kemarin Jum'at, 24 Mei 2019, pukul 14.50 WIB mencatat 59 rumah diterjang banjir bandang, 25 rumah rusak berat  (Kampung Cibeurih), sebuah Madrasah Ibtidaiyah terendam, sebuah Majelis Taklim hanyut, sebuah Pondok Pesantren (4 bangunan) hanyut, dua Jembatan desa putus dan hanyut, sebuah MCK (2 bilik) hanyut dan tidak ada korban jiwa.

Meskipun Banjir telah surut dengan meninggalkan lumpur, sampah, kayu-kayu gelondongan yang terbawa banjir bandang. Tim DMC Dompet Dhuafa telah melakukan penanganan darurat dan pendistribusian yang bekerja sama dengan oleh tim gabungan.

Sebanyak 309 jiwa mengungsi di rumah keluarga masing-masing meskipun sudah disediakan lokasi pengungsian di Kantor Desa Margaluyu. Dompet Dhuafa telah mendirikan posko di Kampung Cibeurih, Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Reporter: Khaerunnisa
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dompet Dhuafa Bantu Korban Banjir Bandang di Lebak

PEMERINTAHAN

555 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik
1200 dibaca
Pemprov Banten Merubah RPJMD 2017-2022, Ini Sebabnya
1405 dibaca
Perencanaan APBD Banten 2019, Pembangunan Fisik Harus Selesai November

POLITIK

1205 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar
1389 dibaca
2 Tahun Kepemimpinan WH-Andika, Eks Relawan Bentuk Tim Kajian 
10971 dibaca
Arwan Benarkan Ucapan Gubernur WH ‘Siapa Suruh jadi Relawan’

HUKUM & KRIMINAL

641 dibaca
Cabuli Siswa Hingga Hamil, 3 Oknum Guru Terancam 20 Tahun Penjara
2156 dibaca
Kapolda Banten Berhentikan Dua Anggota Polri
494 dibaca
Dua Spesialis Pencuri Rumsong Dibekuk Resmob

PERISTIWA

372 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman
304 dibaca
Angka Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Pemkab Serang Siaga Satu
1418 dibaca
Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

EKONOMI & BISNIS

540 dibaca
Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital
522 dibaca
WH Ingatkan Tertinggal Revolusi 4.0, Menganggur Kita
Top