Selasa, 31 Januari 2023

Dompet Dhuafa Banten Hadirkan Situs Hitung Zakat yang User Friendly

[Foto istimewa]
Selasa, 05 Jun 2018 | 20:36 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang – Menjelang hari raya Idul Fitri, umat Islam diwajibkan menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan dengan membayar zakat. Baik zakat fitrah atau zakat maal.

Namun banyak orang memang ada yang masih sibuk mengurusi pekerjaan sampai-sampai tak punya waktu untuk membayar zakat, padahal membayar zakat wajib bagi kita yang mampu. Perkembangan zaman membuat segala hal serba mudah. Kini membayar zakat pun bisa melalui online.

Zakat online adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui sistem online atau digital, di mana pemberi zakat dan dan penerima zakat atau amil tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat. Semakin majunya era teknologi dan ponsel pintar, memudahkan umat Islam membayar zakat melalui situs web.

Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa (DD) Banten salah satu organisasi nirlaba di Kota Serang yang concern dengan kanal digital. DD Banten menyediakan layanan kalkulator zakat online yang dapat memberikan kemudahan berzakat kepada muzaki (orang yang berzakat). Kalkulator zakat ini dapat dimanfaatkan oleh para pekerja muda dengan penghasilan yang sudah mencapai nisab, namun masih bingung cara menghitung zakatnya.

“Dengan mengakses kalkulator zakat di donasi.ddbanten.org/kalkulatorzakat, para muzaki dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat yang harus mereka bayarkan dan juga dapat memantau penyalurannya,” tutur Fundraising & Communication Manager Dompet Dhuafa Banten, Dedi Setiawan Chogah dalam siaran pers pada Selasa, 5 Juni 2018.

Layanan kalkulator zakat online Dompet Dhuafa Banten menghadirkan dua jenis penghitungan zakat, yaitu kalkulator zakat penghasilan dan kalkulator zakat harta simpanan. Ada beberapa kelebihan kalkulator zakat milik Dompet Dhuafa Banten dengan kalkulator zakat lainnya.

“Kalkulator zakat milik DD lebih user friendly dan ada satu jenis penghitungan zakat (zakat harta simpanan) yang tidak mengharuskan muzaki menghitung satu-satu lalu dijumlahkan sendiri,” kata Setiawan.

Setiawan menambahkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2018, tak kurang dari 800 donatur menunaikan zakat melalui website dengan donasi mencapai ratusan juta rupiah.

“Kami memang sengaja mendesain kalkulator zakat Dompet Dhuafa Banten mudah digunakan oleh millenial hingga generasi x. Form yang digunakan familier dan to the point,” pungkas Setiawan.

Dirinya berharap fitur kalkulator zakat ini menjadi bagian dalam upaya membumikan syiar zakat di Banten dan Indonesia pada umumnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Didi Rosadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dompet Dhuafa Banten Hadirkan Situs Hitung Zakat yang User Friendly

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

143 dibaca
Pedagang Baju Emperan di Kibin Nyambi Jualan Sabu
124 dibaca
Andika Hazrumy Masuk Daftar 20 Politisi Muda Terpopuler
113 dibaca
DKBP3A Kabupaten Serang Gelar Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus KTPA Lintas Sektor

HUKUM & KRIMINAL

143 dibaca
Pedagang Baju Emperan di Kibin Nyambi Jualan Sabu
160 dibaca
Baru Jualan Ganja, Warga Kaligandu Ditangkap Satresnarkoba Polres Serang

POLITIK

124 dibaca
Andika Hazrumy Masuk Daftar 20 Politisi Muda Terpopuler
115 dibaca
PPS Resmi Dilantik, Pemkab Serang Siap Berkolaborasi Sukseskan Pemilu
117 dibaca
Andika Hazrumy Lantik DPC Ormas MKGR Kabupaten Serang

PENDIDIKAN

342 dibaca
Hadir di STAI Darul Qalam Tangerang, Airin Beri Motivasi Mahasiswa
319 dibaca
Wabup Serang Ajak Mahasiswa Univ Banten Manfaatkan IT Kembangkan Ekraf
Top