Senin, 10 Desember 2018

Diterjang Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Maja Rusak

[Foto: Akew/InilahBanten.co.id]
Selasa, 12 Jun 2018 | 21:21 WIB - Lebak Peristiwa

IBC,  Lebak - Angin puting beliung menerjang ratusan rumah warga di Desa Gubugan Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak pada Selasa, 12 Juni 2018 sekira pukul 15.30 WIB. Sebagian rumah warga bahkan kondisinya rusak parah dan tidak bisa ditempati karena tertimpa pohon tumbang.

Ketua Badan Pemerintahan Desa (BPD) setempat Mufrodi mengatakan, angin puting beliung datang dengan cepat sesaat sebelum hujan turun dan menerjang rumah-rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian seluruh penghuni rumah berada diluar untuk menyelamtakan diri.

"Ada sekitar 100 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung," kata Mufrodi saat dihubungi wartawan pada Selasa, 12 Juni 2018.

Katanya, selain rumah warga, angin puting beliung juga merusak bangunan Madrasah Diniyah (MD) dan Majlis Taklim yang ada di Kampung Galeher dan Kampung Baru, Desa Gubugan Cibeureum. Saat ini, pihaknya tengah mendata rumah warga yang terkena terjangan angin puting beliung dengan melibatkan RT/RW setempat.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tapi banyak rumah dan bangunan lain mengalami rusak ringan hingga berat.

Camat Maja, Kabupaten Lebak, Abdul Rohim menyatakan, bahwa angin puting beliung yang terjadi di Desa Gubugan Cibeureum menyebabkan ratusan rumah warga, serta madrasah dan majils taklim rusak.

Pihaknya mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Lebak guna mendapatkan bantuan tanggap kebencanaan bagi rumah warga yang mengalami kerusakan. Ia mengimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak panik.

"Sudah dilaporkan ke BPBD, mudah-mudahan bantuan tanggap bencana dari BPBD segera disalurkan kepada warga yang rumahnya terkena terjangan angin puting beliung," kata Abdul Rohim.

Sementara itu, relawan BPBD Kecamatan Maja Endang Mahdar saat dihubungi wartawan mengaku tengah mempersiapkan bantuan tanggap bencana bagi warga yang terdampak.

Menurutnya, belum ada laporan adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Petugas dari Tagana dan BPBD Kabupaten Lebak saat ini terus bergerak mendata rumah-rumah warga yang rusak.

"Kita sedang menyiapkan logistik bantuan bencana puting beliung ke lokasi. Selain membawa beras dan mie instan, kami juga membaw senso dan genset untuk memudahkan saat evakuasi," katanya.

Reporter: Akew
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Diterjang Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Maja Rusak

PEMERINTAHAN

2628 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
304 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik
345 dibaca
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkot Cilegon 2018
bkdcilegon

POLITIK

209 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten
351 dibaca
Di Sertijab Danrem, Wagub Banten Ingatkan TNI Soal Pemilu 2019

HUKUM & KRIMINAL

251 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
326 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

234 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
259 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

153 dibaca
Dishub Kota Serang Diminta Tertibkan Trayek Angkum
212 dibaca
Andika Janji Naikan Uang Saku dan Transportasi Penyuluh Pertanian
Top