Rabu, 19 Februari 2020

Ditempat Baru Sepi Pengunjung, PKL Mainan Kembali Mangkal Di Alun Alun

Lantaran di tempat baru sepi pengunjung, para PKL akhirnya kembali mangkal di alun alun Pandeglang. (Foto : Raya/Inilahbanten)
Senin, 17 Jul 2017 | 14:18 WIB - Pandeglang Ekonomi & Bisnis

IB, PANDEGLANG-Puluhan pedagang kaki lima (PKL) jasa penyewaan permainan kembali beraktivitas di Alun-alun Pandeglang.  Padahal beberapa waktu lalu pemerintah daerah sudah merelokasi ke kawasan Perhutani yang berada di seberang Alun-alun Pandeglang. 

Pantauan wartawan, Sabtu (15-Juli-2017) malam lalu, puluhan PKL kembali berjualan di trotoar, lapangan basket, Taman Berkah hingga taman bermain. 

Dendi, warga Pandeglang mengaku, aneh karena  para PKL bisa kembali berjualan di alun-alun Pandeglang. Padahal sebelumnya Alun-alun Pandeglang sudah steril dari para pedagang.

"Jika pedagang kembali berjualan Alun-alun, maka wajah kota Pandeglang kembali kumuh. Ini tidak sejalan dengan keinginan bupati yang menargetkan Piala Adipura 2017," ungkap Dendi. 

Ia berharap, pemerintah daerah bisa tegas dengan menertibkan para PKL. Sebab, jika terus dibiarkan, tidak mustahil jumlah pedagang akan semakin banyak.

"Relokasi kemarin tidak berhasil, bukannya tata kota menjadi lebih baik malah sebaliknya. Sekarang jumlah pedagang nambah banyak,  di Perhutani tetap ada dan di Alun-alun juga ada," tukasnya. 

Sementara salah seorang pedagang yang namanya minta tidak dipublikasi mengatakan, berjualan di Perhutani tak seramai di Alun-alun.  Sebab, di Perhutani tidak memiliki luas lahan yang memadai. Akibatnya, pembeli terutama yang membawa kendaraan kurang nyaman berkunjung ke sentra kuliner Perhutani. 

"Di Perhutani mah sepi, makanya saya milih kembali ke Alun-alun," ujar sumber tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  kabupaten Pandeglang,  Indah Dinarsiani mengatakan, pihaknya sudah meminta bantuan kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban. 

"Tadi malam  saya sudah minta bantuan Satpol PP,  karena mereka yang berwenang untuk melakukan penertiban," ujar Indah, Senin (17-Juli-2017) pagi. 

Menurutnya,  sesuai instruksi Bupati Irna,  Alun-alun Pandeglang harus steril dari aktivitas pedagang dan itu belaku selamanya. 

"Kita imbau pedagang untuk mengiri tempat berjualan yang sudah disediakan dan jangan kembali ke Alun-alun," pungkasnya. 

Sementara,  Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Pandeglang, Entong Haromaen memastikan, pekan ini kawasan Alun-alun Pandeglang kembali steril dari pedagang. 

Diakuinya, selama libur lebaran para pedagang diberikan toleransi untuk berjualan. Namun, itu hanya berlaku sementara dan harusnya saat ini pedagang sudah meninggalkan Alun-alun. 

"Kita akan tertibkan para PKL di Alun-alun. Tiap hari juga kita pantau dan Sabtu ini kita pastikan bersih dan tidak ada toleransi lagi bagi para pedagang," tegasnya

 

Reporter: Raya
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Ditempat Baru Sepi Pengunjung, PKL Mainan Kembali Mangkal Di Alun Alun
HPN1

PEMERINTAHAN

145 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
210 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

136 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
252 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

58 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
110 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

112 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

87 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top