Selasa, 19 November 2019

Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasada (kanan) dan Kabid Persandian dan Statistik Sinta Asfilian Harjani (tengah).[Foto Kominfo]
Selasa, 05 Nov 2019 | 20:33 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasada mengatakan, pada Tahun 2020 akan memulai sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI). Dimana dalam SDI terdapat Pembina data, wali data, pendukung data, dan produsen data. 

“Tahun 2020 baru di anggarkan untuk sosialisasi, kita mulai melakukan persiapan satu data indonesia atau satu data se Kabupaten Serang,” ujar Anas usai Focus Grup Discussion Pembahasan data publikasi Kabupaten Serang yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang di Aula Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 5 November 2019.

Setelah melakukan sosialisasi, lanjut Anas, akan koordinasi dengan produsen data dari OPD yang akan mengeluarkan data. Sehingga, data yang keluar valid dan akurat sesuai dengan harapan. “Supaya dapat data yang akurat buat perencanaan pembangunan,”katanya.

Dengan adanya SDI,  sensus data penduduk yang akan dimulai pada bulan Februari Tahun 2020 berpacu dari Disdukcapil. Jadi, kata Anas, nanti tidak ada selisih lagi data yang keluar dari Disdukcapil dengan BPS. “Karena langkah awal dari BPS memakai data dari Disdukcapil,”paparnya.

Kendati demikian, meskipun data sensus menggunakan data awal dari Disdukcapil.Namun, BPS sebagai Pembina Data tetap menjadi referensi melalui Diskominfosatik sebagai wali data untuk mendapatkan data dari Disdukcapil tersebut. “Yang jelas Diskominfosatik sebagai wali data yang punya kewenangan untuk masuk ke OPD, nanti BPS menerima dari wali data,” jelas Anas.

Dengan begitu, menurut Anas, tidak ada yang sulit terkait data jika duduk bersama. Ketika akan memunculkan data kemiskinan maka Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas KB dan Dinas Sosial (Dinsos) memiliki data untuk disatukan sehingga menjadi indikator dan muncul berdasarkan kesepakatan. “Akan muncul satu data Kabupaten Serang berdasarkan kesepakatan, maka pertama dilakukan mengumpulkan data, mengolah, mensinkronkan data karena data berasal dari produsen data,”tutur Anas.

Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Sinta Asfilian Harjani menuturkan, bahwa sesuai amanah Perpres Nomor 39 tahun 2019 Pemkab Serang harus membentuk forum data. Selain wali data, Diskominfosatik juga sebagai produsen data. “Nah kita salah satu dari OPD sebagai produsen data juga,”ujarnya.

Sambungnya, untuk didalam forum data juga itu terdapat sekretariat forum data di Bappeda sesuai dengan fungsinya. Untuk tupoksi wali data dia sebagai panjang tangan dari BPS. “Jadi nanti kedepannya, tidak ada lagi mahasiswa, LSM, masyarakat mencari data ke OPD cukup ke Kominfosatik saja,”terangnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

PEMERINTAHAN

107 dibaca
DPMD Kabupaten Serang Bentuk BUMDes, Ekonomi Masyarakat Meningkat
142 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

POLITIK

282 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
185 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

152 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu
154 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

PERISTIWA

198 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
214 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

40 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
138 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top