Selasa, 27 Oktober 2020

Dinsos Lebak Tak Miliki Anggaran untuk Biayai Hidup ODGJ

Kepala Puskesmas Prabu Gantungan, H Deden Jaenudin bersama tim kesehatan saat melihat ODGJ yang di pasung di di Kecamatan Cileles, Lebak kemarin.[lnilahBanten/Kiki Fahruroji]
Senin, 03 Apr 2017 | 20:50 WIB - Lebak Kesehatan

lB, Lebak— Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Data dan Informasi Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, Edi Moerdjiarto menyatakan, bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk merelisasikan anggara biaya hidup Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ ).

Hal itu dilakukan, kata Edi Moerdjiarto, sebagai upaya dalam menuntaskan program Indonesia Bebas Pasung menuju Lebak sehat 2018. "Mengingat Dinsos Lebak merupakan OPD baru masih banyak kegiatan sosial yang belum teranggarkan, sehingga tidak memiliki anggaran untuk ODGJ," ujarnya kepada lnilahBanten saat ditemui di kantornya pada Senin, 3 April 2017.

Pihak Dinas, lanjut Edi, hanya mampu membiayai paket BPJS dan penderita harus memiliki NIK (Nomor Induk Keluarga) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisdukCapil). Namun, sebut dia, setiap ODGJ yang ditemui pihaknya pihak keluarga tidak mencantum nama bagi penderita ODGJ.

“Kemungkinan biasanya dianggap aib serta malu mengakuinya sebagai keluarga, sehingga tidak di masukan dalam administrasi kartu keluarga. Ini yang menjadi kesulitan pihak dinas dalam melakukan penanganan sosial yang bersifat darurat,” jelas Edi.

Dilain tempat, LSM Orator, Agus Pakel mendesak kepada pihak ekskutif dan legislatif untuk segera merealisasikan anggaran untuk penanganan bagi ODGJ. Sebab, ini demi terwujudnya program unggulan Pemerintah Kabupaten Lebak Sehat yang sejalan dengan Pemerintah Pusat untuk sektor kesehatan.

“Sehingga, tidak ada lagi keluarga pasien penderita ODGJ yang malu mengakui keluarganya serta tidak mengalami kesulitan dalam pengurusan administrasi pengobatan,”ujarnya.

Reporter: Kiki Fahruroji Nurmansyah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dinsos Lebak Tak Miliki Anggaran untuk Biayai Hidup ODGJ

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

81 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga
124 dibaca
Pemkab Serang Raih Penghargaan 5 Kali Opini WTP dari Kemenkeu

POLITIK

214 dibaca
Ucapan Terima Kasih Warga, Ratu Tatu Dihadiahi Bontot Pontang
276 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk

HUKUM & KRIMINAL

91 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi
171 dibaca
Belum Dapat Untung jadi Pengedar Pil Heximer, Dua Pemuda Ditangkap

PERISTIWA

53 dibaca
Libur Panjang, Polres Serang Terjunkan 143 Personil di Pusat Keramaian
69 dibaca
Sajadah Pengimaman Mesjid Al-Falah Dibakar Diduga ODGJ

EKONOMI & BISNIS

72 dibaca
Waduh, Upah Minimum Tahun Depan Tidak Naik
594 dibaca
Kemendag-Facebook Berdayakan UMKM Indonesia
Top