Rabu, 20 Januari 2021

Dinsos Lebak Tak Miliki Anggaran untuk Biayai Hidup ODGJ

Kepala Puskesmas Prabu Gantungan, H Deden Jaenudin bersama tim kesehatan saat melihat ODGJ yang di pasung di di Kecamatan Cileles, Lebak kemarin.[lnilahBanten/Kiki Fahruroji]
Senin, 03 Apr 2017 | 20:50 WIB - Lebak Kesehatan

lB, Lebak— Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Data dan Informasi Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, Edi Moerdjiarto menyatakan, bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk merelisasikan anggara biaya hidup Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ ).

Hal itu dilakukan, kata Edi Moerdjiarto, sebagai upaya dalam menuntaskan program Indonesia Bebas Pasung menuju Lebak sehat 2018. "Mengingat Dinsos Lebak merupakan OPD baru masih banyak kegiatan sosial yang belum teranggarkan, sehingga tidak memiliki anggaran untuk ODGJ," ujarnya kepada lnilahBanten saat ditemui di kantornya pada Senin, 3 April 2017.

Pihak Dinas, lanjut Edi, hanya mampu membiayai paket BPJS dan penderita harus memiliki NIK (Nomor Induk Keluarga) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisdukCapil). Namun, sebut dia, setiap ODGJ yang ditemui pihaknya pihak keluarga tidak mencantum nama bagi penderita ODGJ.

“Kemungkinan biasanya dianggap aib serta malu mengakuinya sebagai keluarga, sehingga tidak di masukan dalam administrasi kartu keluarga. Ini yang menjadi kesulitan pihak dinas dalam melakukan penanganan sosial yang bersifat darurat,” jelas Edi.

Dilain tempat, LSM Orator, Agus Pakel mendesak kepada pihak ekskutif dan legislatif untuk segera merealisasikan anggaran untuk penanganan bagi ODGJ. Sebab, ini demi terwujudnya program unggulan Pemerintah Kabupaten Lebak Sehat yang sejalan dengan Pemerintah Pusat untuk sektor kesehatan.

“Sehingga, tidak ada lagi keluarga pasien penderita ODGJ yang malu mengakui keluarganya serta tidak mengalami kesulitan dalam pengurusan administrasi pengobatan,”ujarnya.

Reporter: Kiki Fahruroji Nurmansyah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

XL Wakafkan Jembatan Talagahiang di Lebak
Senin, 18 Jan 2021 | 20:29 WIB
XL Wakafkan Jembatan Talagahiang di Lebak

KOMENTAR

Dinsos Lebak Tak Miliki Anggaran untuk Biayai Hidup ODGJ

BERITA TERKAIT

INILAH BANTEN

28 dibaca
Brimob Polda Banten, Siap Antisipasi Penanggulangan Bencana
92 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi

INILAH SERANG

1 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus
19 dibaca
Pimpin Sertijab, Kapolres Serang Minta Personil Tingkatkan Kampanye Prokes

HUKUM & KRIMINAL

1 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus
296 dibaca
Sedang Tidur, Pengedar Sabu Ditangkap Dirumahnya

POLITIK

82 dibaca
KPU Pandeglang Siapkan Materi Gugatan di MK
103 dibaca
Sekda: Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang Diharap 17 Februari

PENDIDIKAN

141 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
271 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top