Minggu, 03 Juli 2022

Dindikbud Kabupaten Serang Buka PPDB Sekolah Dasar, Ini Jadwalnya

Kamis, 16 Jun 2022 | 11:58 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2022-2023 untuk Sekolah Dasar di Kabupaten Serang. Untuk jadwalnya sendiri dimulai pada 20 sampai 30 Juni 2022 yang dilakukan secara offline.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dindikbud Kabupaten Serang, Amar Ma'ruf mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk pendaftaran PPDB ini. Diantaranya dengan menerbitkan peraturan Bupati Serang Nomor 46 tahun 2022 tentang PPDB pada taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Serang tahun pelajaran 2022-2023.

sgKemudian membuat keputusan yang terkait dengan petunjukan teknis PPDB. “Jadi proses itu sudah kita lakukan dan sosialisasikan kepada seluruh satuan pendidikan, sebagai pedoman dan acuan untuk melaksanakan proses PPDB,” kata Ma'ruf pada Senin, 14 Juni 2022.

Ma'ruf menuturkan proses pendaftaran PPDB untuk di 730 SD Negeri dan Swasta dapat dilakukan secara offline yang tersebar di Kabupaten Serang. Karena sekarang kondisi pandemi covid-19 sudah mulai melandai. Namun demikian tidak menuntup kemungkinan masyarakat bisa melakukan pendaftaran melalui whatsapp.

Ma'ruf menjelaskan mengacu pada Permendikbudristek dalam pendaftaran PPDB ini pihaknya tetap akan melaksanakan dengan menggunakan sistem zonasi 70 persen dari daya tampung sekolah, afirmasi 25 persen dan perpindaham orang tua wali 5 persen. Sedangkan untuk prestasi tidak diberlakukan untuk jenjang SD.

“Pendaftaran PPDB sesuai juknis yang sudah ditanda tangan oleh Kepala Dinas khusus SD akan mulai dibuka pada 20 sampai 30 Juni 2022, seleksi PPDB 4 Juli, pengumumaan penetapan hasil seleksi 5 Juli dan daftar ulang 6 sampai 9 Juli. Karena tanggal 11 Juli itu sekolah harus sudah mulai efektif hari pertama memasuki tahun ajaran 2022/2023,”katanya.

Namun Ma'ruf mengingatkan kepada para pengawas dan kepala sekolah bahwa PPDB ini gratis. Karena amanat dari pimpinan daerah adalah wajar pendidikan dasar 9 tahun. “Jadi itulah kita harus bersama sama dengan masyarakat semuanya agar bisa mendafatrkan anaknya ke sekolah terdekat. Berkaitan jika terjadinya pungli kami sudah menugaskan pengawas untuk melakukan monitor proses penerimaam siswa baru," tuturnya.[Advetorial]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dindikbud Kabupaten Serang Buka PPDB Sekolah Dasar, Ini Jadwalnya

INILAH SERANG

106 dibaca
Warga Binuang Digegerkan Penemuan Bayi Perempuan di Semak-semak
101 dibaca
Tabrak Mobil Pick Up, Pengendara Motor Beat Tewas
122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk

HUKUM & KRIMINAL

122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk
121 dibaca
Personil Polsek Cikeusal Amankan Pelaku Curanmor dari Amukan Warga
118 dibaca
Beli Sabu, Pedagang Ikan Diringkus Satreskoba Polres Serang

POLITIK

94 dibaca
Andika Sebut PK dan PL Ujung Tombak Kemenangan Golkar di Pemilu 2024
97 dibaca
Garap Pemenangan Pemilu 2024 Golkar di Jawa I, Andika Hazrumy Turun Gunung
160 dibaca
Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

PENDIDIKAN

112 dibaca
Hadiri Dies Natalies ke-2 UPG, Andika Sebut Pendidikan Kunci Kemajuan
122 dibaca
Bupati Serang Harap SMK Bismillah jaga Kualitas Kelulusan Siswa
Top