Kamis, 18 April 2024

Dinas Perkim Banten Bangun Kawasan Kumuh menjadi Bersih

[Foto Istimewa]
Senin, 21 Nov 2022 | 00:08 WIB - Banten Serang

lBC, Serang - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten terus melakukan berbagai upaya dalam menyejahterakan masyarakat, salah satunya melalui program pembangunan kawasan kumuh menjadi bersih.  

Upaya tersebut hadir untuk menghilangkan kecemasan masyarakat di Provinsi Banten yang bertempat tinggal di kawasan permukiman kumuh dan merubahnya menjadi suatu permukiman yang rapih dan layak untuk di huni bagi masyarakat.

Program peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh Provinsi Banten bertujuan agar keluarga miskin di Provinsi Banten memiliki lingkungan yang lebih sehat, dengan menciptakan kenyaman dalam kehidupan dan memberikan fasilitas infrastruktur dasar sebagai sarana untuk meningkatkan petumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

zxcKepala Dinas Perkim Provinsi Banten M. Rachmat Rogianto ST, MT menjelaskan sasaran dan prioritas pembangunan infrastruktur dasar tersebut diantaranya untuk meningkatkan ketersedian sarana air bersih mandi cuci kakus (MCK) dan pengelolaan air limbah.

Kemudian pembangunan drainase (saluran pembuangan air) lingkungan, jalan lingkungan, pembangunan fasilitas proteksi kebakaran dan pengelolaan persampahan, pembangunan ruang terbuka publik, serta peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh bagi masyarakat yang terkena relokasi program Pemerintah Daerah Provinsi Banten.

“Warga Bumi Asri RW 13 Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang berhak menerima bantuan penanganan kawasan permukiman kumuh telah melewati tahap verifikasi dan validasi data oleh pihak kelurahan dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Banten agar dalam waktu yang tidak lama pembangunan jalan lingkunagn dapat di realisasikan,”ujar Rachmat kemarin.

zxvSetelah proses pembangunan yang semula kumuh, kata Rachmat, kini berubah menjadi layak huni, serta sehat untuk ditempati. Kecemasan tergambar pada masyarakat Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang saat awal bertemu berubah menjadi senyum dan tawa kebahagiaan Lurah Kuta Jaya sebagai perwakilan dari masyarakat.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabas sebab melalui Dinas Perkim warga mendapat kesejahteraan berupa fasilitas jalan lingkungan yang memadai. Diharapkan kedepan program bantuan seperti ini bisa terus dilaksanakan.

“Agar seluruh masyarakat dalam keluarga miskin yang ada di kawasan Provinsi Banten bisa memiliki lingkungan yang sehat dan kawasan kumuh yang ada di Provinsi Banten bisa berubah menjadi kawasan yang sehat dan berkembang. Jadi bukan lagi menjadi suatu hal yang tidak mungkin untuk merubah kumuh menjadi bersih,”ungkap Rachmat.[Advetorial]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dinas Perkim Banten Bangun Kawasan Kumuh menjadi Bersih
aulmummc zf

INILAH SERANG

3671 dibaca
Pilkada Tangsel 2020, Golkar Bakal Usung Andiara

HUKUM & KRIMINAL

1112 dibaca
MK Terima 40 Permohonan Sengketa

POLITIK

1652 dibaca
Jazuli Juwaini Ingatkan Helldy-Sanuji Realisasikan Janji ke Masyarakat
Top