Kamis, 13 Juni 2024

Dilantik, Mabiran dan Kwarran Baros Diminta Susun Program yang Rasional

[Foto istimewa]
Minggu, 06 Nov 2022 | 19:48 WIB - Serang

lBC, Serang - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Baros periode 2022-2025. Pelantikan dilakukan lantaran kepengurusan lama sudah habis masa baktinya.

Pada kesempatan tersebut, Pandji menyampaikan dua hal yakni mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama atas pengabdiannya, dan kepada pengurus baru dia berharap bisa meningkatkan kinerja yang sudah dicapai olah kepengurusan yang lama.

“Yang kedua Mabiran maupun Pengurus Kwarran Baros harus menyusun program kerja, yang kemudian di diskusikan program kerjanya yang rasional bisa dilaksanakan selama 5 tahun kedepan,”kata Pandji usai pelantikan di salah satu rumah makan di Curug Kota Serang pada Jum’at, 4 November 2022.

Disamping itu Wakil Bupati Serang ini juga mengintruksikan agar pelatihan gerakan pramuka segera dilakukan yakni dengan menggelar LT (Lomba Tingkat) semaksimal mungkin. “LT harus sering di adakan,”tegas Pandji.

Pandji mengungkapkan, bahwa mengingat Kader Pramuka adalah sebuah pelatihan karakter, pelatihan di siplin, dan pelatihan sportivitas. “Karakter itu di dapatkannya bukan di sekolah akan tetapi di latih. Kalau tidak biasa di latih untuk di siplin, tidak biasa belajar, seperti TNI bisa di siplin karena di latih,”tandasnya.

“Nah Gerakan Pramuka itulah yang model pelatihannya untuk membina karakter yang bagus, disiplin, sportif, kerjasama yang bagus mandiri itu di latih di Gerakan Pramuka,”tambah Pandji.

Dengan demikian, sambung Pandji, akan lahir generasi muda yang berkualitas. Nantinya ilmu pengetahuannya akan memadai karakter dan kepribadiannya yang bagus.

“Tadi saya katakan banyak orang pintar, tapi tidak di dukung oleh kepribadian yang bagus dan karakter yang bagus. Karakter kepribadian bagus itu di peroleh dengan bisa melalui pendidikan agama, bisa melalui gerakan Pramuka. Tapi yang pasti model seperti itu didapat dengan pelatihan makanya perbanyaklah pelatihan, pelatihan karakter maupun karakter kepribadian,”ajak Pandji.

Mabiran Kecamatan Baros, Yayu Sri Basukiwati mengaku akan bertangungjawab dengan melaksanakan tugas sebagai Mabiran Baros dan akan merapatkan barisan membuat program kerja terkait kegiatan pramuka kedepannya.

“Melalui pembentukan karakter perlu dilakukan pelatihan karakter supaya generasi muda mempunyai rasa tanggung jawab dan di siplin yang tinggi,”ujarnya.

Disisi lain, Yayu menargetkan dengan menyosialisasikan Gerakan Pramuka akan merangkul semua lini yakni bukan hanya sekolah-sekolah negeri. Namun karena di Kecamatan Baros banyak pondok pesantren, sekolah islam, sekolah madrasah maka pihaknya akan merangkul semua agar masuk gerakan pramuka.

“Dengan masuk gerkaan pramuka maka di awali di siplin dan pembentukan karakter semuanya bisa bagus,”ucap Yayu.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dilantik, Mabiran dan Kwarran Baros Diminta Susun Program yang Rasional
hclh

INILAH SERANG

1832 dibaca
Dua Pelaku Spesialis Pencuri Kendaraan Roda Empat Diringkus
1368 dibaca
Corat Coret Baju Seragam Pelajar Diamankan Polisi

HUKUM & KRIMINAL

1132 dibaca
Buron Curanmor Pingsan Saat Persembunyiannya Digerebag
1633 dibaca
Sembunyi di Rumah Mertua, Pembobol Toko Pakaian Diringkus

POLITIK

867 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini

PENDIDIKAN

1887 dibaca
Soal Pendidikan Gratis, Andika Minta Jangan Gaduh
Top