Minggu, 21 Juli 2019

Diduga Gelapkan Dana BAT, Puluhan Karyawan Demo Kantor Alfamart Serang

Puluhan pegawai Alfamart melakukan aksi di depan Kantor Cabang Alfamart Serang, Jalan Raya Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis 16 Mei 2019. [Foto:Febry/Liputanbanten.co.id]
Kamis, 16 Mei 2019 | 14:58 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Puluhan pegawai Alfamart melakukan aksi di depan Kantor Cabang Alfamart Serang, Jalan Raya Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang pada Kamis, 16 Mei 2019. Aksi mereka sebagai bentuk adanya dugaan penggelapan dana Bonus Akhir Tahun (BAT) dan juga uang lemburan karyawan.

”Manajemen di tahun ini sangat membingungkan, karena yang kebagian BAT hanya orang dalam Cabang Alfarmat Serang saja. Sedangkan, para anak toko tidak kebagian BAT. Jadi kita mencurigai, ada permainan di Kantor Cabang Alfamart Serang,” ungkap Koordinator Aksi dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Cabang Alfamart Serang, Fajar, di sela-sela aksi Alfamart.

Dijelaskan, bahwa sebelumnnya pembagian BAT dan uang lembur karyawan pada manajemen lama, seluruh karyawan Alfamart terbagi dengan rata. Tetapi, pada 2017 pembagian BAT dan uang lembur karyawan mulai dikurangi setengahnnya, dengan alasan yang tidak jelas.

Lalu, kata Fajar, di 2018 dan 2019 mendadak BAT dan uang lembur karyawan menjadi hilang. “Ini yang menjadi pertanyaan kami, dan kami pun akan terus melakukan aksi hingga tuntutan dipenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, pihak Alfamart Cabang Serang, saat dimintai keterangan malah memberikan sebuah bingkisan. “Udahlah ga usah diberitain, ini buat dibawa saja bingkisannya,” ujar Humas Alfamart Serang, Adit sambil membawa kantong plastik berwarna merah dengan logo Alfamart.

Seperti diketahui, Aksi puluhan karyawan Alfamart Serang itu pun dilakukan pada pukul 07.00 WIB dan berakhir dibubarkan pada pukul 12.00 WIB tanpa kejelasan dari pihak Alfamart. Para karayawan itupun, berniat akan kembali melakukan aksi hingga tuntutannya dipenuhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Serang, Ahmad Benbela menjelaskan, bahwa perusahaan Alfamart telah melanggar PP 78 nomor 2015, tentang hak-hak tenaga kerja yang harus dipenuhi. “Kita pun akan berupaya untuk melakukan penyelesaiannya, dan solusi terbaik,” katannya.

Ahmad Benbela juga menjelaskan, bahwa tindakan yang dilakukan oleh Perusahaan Alfamart dapat merugikan pihaknya sendiri, karena harus membayar tuntutan yang lebih besar. “Jadi bisa melebihi dari tuntutan yang diajukan, dan dipenuhi,” tegasnnya.

Benbela mengaku, akan mengambil langkah Tripartit, apabila tuntutan karyawan Alfamart tidak dipenuhi. “Makannya hingga kini kita masih nunggu hasil, apakah tuntutan dipenuhi atau tidak,” tegasnnya.[LiputanBanten]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Diduga Gelapkan Dana BAT, Puluhan Karyawan Demo Kantor Alfamart Serang

PEMERINTAHAN

418 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1681 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1706 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

559 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1637 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1774 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

2087 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1169 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus
1260 dibaca
Miliki Catatan Kriminalitas, Dua Perampok Asal Malaysia Tak Bisa Dibawa ke Indonesia

PERISTIWA

1586 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1764 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1733 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

224 dibaca
Puluhan Perumahan Belum Serah Terima Fasos Fasum ke Pemkab
2830 dibaca
Ratusan Juta Kubik Pasir Laut Banten Bakal Dikeruk untuk Reklamasi
Top