Sabtu, 24 Agustus 2019

Di Sarasehan IKA Pasca Unpas, Andika Paparkan Progres Pembangunan Banten

Andika selaku Ketua IKA Pascasarjana Unpas menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf dan Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi. [Foto Ist]
Sabtu, 27 Jul 2019 | 16:26 WIB - Nasional Pendidikan

lBC, Bandung – Ikatan Alumni Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung menggelar reuni sekaligus sarasehan di kampus Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 27 Juli 2019. Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy yang juga Ketua IKA Pasca Unpas memaparkan progres pembangunan di Banten di bawah kepemimpinannya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dalam 2 tahun terakhir ini.

Diungkapkan Andika, Pemerintah Provinsi Banten fokus pada pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat. Di bidang pendidikan, kata Andika, Pemprov Banten telah mengeluarkan Kebijakan pendidikan gratis melalui Peraturan Gubernur Banten Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis pada SMA/ SMK/ SKh Negeri.

Selanjutnya, kata Andika, aspek upaya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran juga merupakan salah satu isu strategis dalam RPJMD Pemerintah Provinsi Banten tahun 2017- 2022. Pemerintah Provinsi Banten telah mengacu pada skema perencanaan dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat miskin (pro-poor planning and budgeting), yang terintegrasi di antara beberapa OPD dan stakeholder terkait.

“Salah satu kluster program pro poor Pemerintah Provinsi Banten, kata Andika, adalah program jaminan sosial rakyat Banten bersatu (Jamsosratu),”katanya.

Lebih lanjut Andika mengatakan, data BPS Provinsi Banten menunjukkan bahwasanya pada Bulan Maret 2019 angka kemiskinan mengalami penurunan yang signifikan mencapai 5,09 persen, atau mengalami penurunan 0,16 poin dibanding periode sebelumnya sebesar 5,25 persen.

Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten memiliki komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik melalui kebijakan koordinasi dan dukungan anggaran yang dituangkan dalam program kegiatan.

“Diantaranya yaitu program bantuan sosial, dukungan anggaran bantuan social,” ujarnya.

Berkenaan dengan capaian-capaian tersebut, lanjutnya, sinergitas antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, industry dan masyarakat atau dikenal dengan quadruple helix

perlu terus ditingkatkan. Menurut Andika, program CSR berbasis pemberdayaan masyarakat dapat menjadi salah satu program dalam turut mewujudkan visi PB Paguyuban Pasundan mencerdaskan anak bangsa dan “merangan kokoro”.

“Selaku Ketua IKA Pascasarjana Universitas Pasundan saya mendukung dan mengajak seluruh pengurus IKA Pascasarjana Universitas Pasundan untuk turut bersama dapat mengimplementasi visi dan misi Pengurus Besar Paguyuban Pasundan tersebut,”Katanya.

Sebelumnya, dalam acara reuni, Andika selaku Ketua IKA Pascasarjana Unpas menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf dan Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus yang juga merupakan alumni dari Unpas Bandung.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Mendes PDTT Rilis Serial Buku Manfaat Dana Desa
Rabu, 07 Agt 2019 | 21:30 WIB
Mendes PDTT Rilis Serial Buku Manfaat Dana Desa

KOMENTAR

Di Sarasehan IKA Pasca Unpas, Andika Paparkan Progres Pembangunan Banten
katarBanten

PEMERINTAHAN

5472 dibaca
Disebut Masuk Bursa Menteri Jokowi, Ini Jawaban Andika
1232 dibaca
TAPD Tak Boleh Pangkas Anggaran Tanpa Seizin KPU dan Bawaslu
katarBanten1

POLITIK

329 dibaca
Hasil Muktamar, PKB Usung Kader di Pilkada Serang 2020
313 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Rapat Paripurna DPRD Banten Bahas APBD-P Batal

HUKUM & KRIMINAL

366 dibaca
Pemuda Ini Gunakan Akun Facebook Untuk Menipu Orang

PERISTIWA

257 dibaca
Kekeringan, Polda Banten Salurkan Air Bersih untuk Warga Pontang

EKONOMI & BISNIS

311 dibaca
Ini Dia Perlengkapan Perkayuan yang Wajib Dimiliki untuk Wood Working
Top