Kamis, 13 Juni 2024

Delapan Kecamatan Banjir, BPBD Kabupaten Serang Lakukan Penanganan

Banjir di salah satu desa di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang [Foto warga]
Selasa, 01 Mar 2022 | 14:59 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Tingginya curah hujan mengakibatkan 12 desa di 8 kecamatan se Kabupaten Serang kebanjiran. Kedelapan Kecamatan itu yakni, Padarincang, Gunungsari, Ciomas, Waringin Kurung, Kramatwatu, Kragilan, Cinangka, dan Kecamatan Ciruas.

Anggota Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Serang Jhonny E Wangga mengatakan, banjir yang terjadi di delapan kecamatan merupakan data sementara pertanggal 01 Maret 2022 pukul 10:30 WIB.

Sejak Sabtu hingga Selasa Februari 2022 diwilayah Kabupaten Serang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, disertai angin kencang yang mengakibatkan dibeberapa wilayah khususnya di Kabupaten Serang mengalami banjir dampak dari cuaca Ekstrim yang terjadi.

Akibatnya, sebut Jhonny, terdiri dari 8 kecamatan 12 Desa meliputi Kedelapan Kecamatan itu yakni, Padarincang, Gunungsari, Ciomas, Waringin Kurung, Kramatwatu, Kragilan, Cinangka, dan Kecamatan Ciruas.

“Bangunan terdampak banjir itu fasilitas pendidikan masih proses assessment, fasilitas kesehatan, fasilitas pemerintahan, dan fasilitas ibadah. Untuk pengungsi juga semua masih proses assessment,”ujar Jhonny.

Jhonny juga menyebutkan, pihaknya melakukan upaya penanganan dengan melakukan koordinasi dengan seluruh dinas/instansi/lembaga terkait, koordinasi dengan Pos Damkar Kecamatan beserta TRC dan Relawan yang menangani ditempat kejadian, melaksanakan kegiatan rutin peringatan dini, pelaporan dan administrasi. “Melaksanakan pemantauan serta informasi melalui situs terkait seperti BNPB, BPBD Provinsi Banten dan BMKG,”papar Jhonny.

Kemudian, tambah Jhonny, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Tagana Dinas Sosial Kabupaten Serang, Koordinasi dengan ORARI, RAPI, PMI Kabupaten Serang, Pramuka Peduli Kabupaten Serang, dan koordinasi dengan Dinas/Instansi Terkait kebencanaan melalui via WA/Telpon.

“Kami juga melakukan pengendalian dan pengoperasian petugas Piket Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang, melakukan bantuan Evakuasi ke wilayah terdampak Bencana Banjir,”jelas Jhonny.

“Sedangkan hasil tinjauan di lapangan kondisi masih hujan sedang hingga lebat, terpantau sudah ada warga yang bersiap mengungsi, akses menuju beberapa titik terputus akibar banjir di Kota Serang, listrik sedang pemadaman darurat, dan tinggi muka air rata-rata 30-50 cm,”tambah Jhonny.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Delapan Kecamatan Banjir, BPBD Kabupaten Serang Lakukan Penanganan
hclh

INILAH SERANG

1331 dibaca
Desakan Ranta Mundur dari Jabatan Sekda Banten Berlanjut
1310 dibaca
Soal Kasus CCTV, Polresta Gelar Pertemuan dengan Kejari

HUKUM & KRIMINAL

441 dibaca
Buruh Pabrik Warga Oku Timur Tega Buang Bayi Darah Dagingnya
920 dibaca
Polres Serang Kota Tangkap Pengedar Sabu saat Menunggu Pelanggan

POLITIK

1737 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

PENDIDIKAN

1758 dibaca
Awal September 2021 Pendidikan Tatap Muka Akan Dibuka
Top