Selasa, 19 November 2019

Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital

Para Pengurus Dekopinwil Provinsi Banten saat foto bersama. [Foto: InilahBanten]
Selasa, 25 Jun 2019 | 21:34 WIB - Banten Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat, Agung Sudjatmoko meminta kepada Pengurus Dekopin Wilayah Provinsi Banten untuk segera melakukan perubahan. Mengingat, di era digital ini akan tertinggal jauh jika pengelolaannya tidak memanfaatkan teknologi.

Hal itu disampaikan Agung disela-sela Rapat kerja wilayah (Rakerwil) 2019 Dewan Koperasi indonesia Wilayah Provinsi Banten di salah satu hotel di Kota Serang pada Selasa, 25 Juni 2019. Kata Agung, secara umum gerakan koperasi sekarang harus menghadapi dan melakukan perubahan.

Karena, sambungnya, lingkungan strategis bisnis maupun sosial sekarang berkembang luar biasa. Perubahan kearah percepatan, percepetan ini di picu ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan.

Nah lingkungan bisnisnya pelaku bisnis lain sudah melakukan perubahan, untuk menyesuaikan, koperasi belum, masih lambat. Maka pesan saya kepada Dekopinwil Provinsi Banten adalah yang dibutuhkan bagaimana mendorong membuat strategi untuk percepatan terjadi di gerakan koperasi. Perubahan yang ke arah mana, perubahan ke penguatan moderenisasi dan menggunakan teknologi pengelolaan koperasi. Jadi organisasi koperasi di moderenisasi berbasis teknologi,”terangnya.

Sedangkan yang kedua, sebut Agung konsolidasi bisnisnya. Kalau tidak menggunakan teknologi tidak bisa konsolidasi bisnis. Karena apa, akan lambat pengambilan keputusan lamban. “Ketika era perubahan harus cepat mengambil keputusan, maka dibutuhkan informasi dan data yang akurat sehingga cepat mengambil keputusan,”sebutnya.

“Itu yang pertama gerakan koperasi harus menghadapi perubahan. Memanfaatkan perubahan itu untuk kepentingan gerakan koperasi di era digital tidak ada pilihan lain. Kecuali kita melakukan perubahan mempercepat untuk produktifitas koperasi, anggota, sehingga koperasi dan anggota mendapatkan keuntungan. Indikatornya kan disitu,”tutur Agung.

Ditempat yang sama Ketua Dekopinwil Provinsi Banten, Tatu Tatu Chasanah mengakui jika koperasi di Banten harus ada pembenahan terhadap SDM (sumber daya manusia) yang ada. “Karena kita lihat belum ada perubahan yang signifikan koperasi khususnya di Banten. Apalagi sekarang semua era digitalisasi, ya koperasi harus ada di dalamnya, kalau tidak ada kita ketinggalan semakin jauh,”ujarnya.

Sedangkan, lanjutnya, seperti diketahui negara luar misalnya usaha retail dikuasai oleh koperasi. Untuk itu, Dekopinwil Banten masih punya banyak PR yang sangat besar, punya mimpi yang sangat besar yang harus di perjuangkan.

“Tadi dengan semangat yang diberikan Ketua Harian Dekopin, konsolidasi dalam arti seutuhnya mulai dari pemerintahan, stakeholder, semua pelaku koperasi, pelaku UMKM, Insya Allah akan terwujud. Tapi, kalau dilakukan masing-masing rasanya susah,”ungkapnya.

Sebab sebut Tatu, dinas terkait itu di provinsi dan kabupaten/kota ada sehingga itu tidak boleh masing-masing. Karena kalau untuk pengembangan sebetulnya sudah ada koperasi besar.

Nah PR kita menyinergikan koperasi kecil dengan koperasi besar. Misalnya pengrajin makanan bagaimana caranya kita menyinergikan agar koperasi besar yang bicara dengan koperasi kecil,”ujar Tatu Chasanah yang juga menjabat Bupati Serang ini.

Hadir dalam Rapat kerja wilayah (Rakerwil) 2019 Dewan Koperasi indonesia Wilayah Provinsi Banten yakni, Kepala Koperasi dan UMKM Banten, Tabrani dan Pengurus Dekopin dari delapan kabupaten dan kota.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital

PEMERINTAHAN

126 dibaca
DPMD Kabupaten Serang Bentuk BUMDes, Ekonomi Masyarakat Meningkat
142 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

POLITIK

285 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
187 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

142 dibaca
Resmob Gerebeg Perjudian Togel Beromset Ratusan Juta
155 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu

PERISTIWA

198 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
217 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

48 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
139 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top