Minggu, 03 Juli 2022

Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

Rabu, 08 Jun 2022 | 08:49 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Tokoh masyarakat Provinsi Banten yang adalah Wakil Gubernur 2017-2022, Andika Hazrumy, menghadiri deklarasi padepokan Giri Mantaka di pelataran situs sejarah Bendungan Pamarayan Lama, Pamarayan, Kabupaten Serang, Selasa 7 Juni 2022. Dalam deklarasi tersebut ditegaskan cita-cita padepokan tradisi Banten tersebut yaitu menjemput sosok Andika untuk memimpin Provinsi Banten

"Deklarasi ini sekaligus untuk menegaskan tujuan kami menjemput Aa (menyebut Andika) untuk memimpin Provinsi Banten ke depan," kata Ketua Dewan Penasehat Padepokan Giri Mantaka Zaenal Arifin dalam sambutannya yang disambut gegap gempita ratusan peserta acara sore itu.

Terkait "penjemputan" ini, kata Zaenal, padepokannya telah bulat tekad berdasarkan pertimbangan rasional yakni melihat kapasitas Andika selama menjadi Wagub Banten, juga pertimbangan kearifan lokal ilmu falak yang ditekuni padepokan tersebut. 

"Kaitan dengan itu, tema deklarasi kita hari ini berbunyi 'Mapag Pupuhu Pusaka Banten. Dan Aa lah pupuhu pusaka yang sedang kita papag atau jemput itu," paparnya.

Sementara itu diterangkan Zaenal, padepokan yang didirikannya itu sendiri memiliki tujuan pelestarian seni tradisi dan kebudayaan Banten seperti pencak silat, kecapi suling, debus dan ilmu falak.

Andika sendiri dalam sambutannya mengapresiasi dukungan yang diberikan secara khusus oleh padepokan tersebut. Andika yang didaulat menjadi ketua dewan pembina padepokan tersebut mengaku memohon doa dari pengurus dan anggota padepokan khususnya, serta warga Banten pada umumnya. "Tentu saya sangat terharu dengan dukungan ini. Saya mohon doanya agar semua yang kita niatkan dapat diberi kemudahan," kata Andika.

Lebih jauh Andika berpesan agar pengurus dan anggota padepokan tersebut untuk secara bersungguh-sungguh dalam upaya melestarikan tradisi dan kearifan lokal Banten sebagaimana tujuan dibentuknya padepokan tersebut.

Tidak lupa Andika juga berpesan agar pengurus dan anggota padepokan senantiasa menerapkan filosopi silih asah silih asuh dan silih asih dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. 

"Padepokan Giri Mantaka harus menjadi pemersatu di tengah-tengah masyarakat Banten yang beragam," katanya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

INILAH SERANG

106 dibaca
Warga Binuang Digegerkan Penemuan Bayi Perempuan di Semak-semak
101 dibaca
Tabrak Mobil Pick Up, Pengendara Motor Beat Tewas
122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk

HUKUM & KRIMINAL

122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk
121 dibaca
Personil Polsek Cikeusal Amankan Pelaku Curanmor dari Amukan Warga
118 dibaca
Beli Sabu, Pedagang Ikan Diringkus Satreskoba Polres Serang

POLITIK

95 dibaca
Andika Sebut PK dan PL Ujung Tombak Kemenangan Golkar di Pemilu 2024
97 dibaca
Garap Pemenangan Pemilu 2024 Golkar di Jawa I, Andika Hazrumy Turun Gunung
161 dibaca
Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

PENDIDIKAN

112 dibaca
Hadiri Dies Natalies ke-2 UPG, Andika Sebut Pendidikan Kunci Kemajuan
122 dibaca
Bupati Serang Harap SMK Bismillah jaga Kualitas Kelulusan Siswa
Top