Sabtu, 25 Mei 2024

Dana Pilkada Serang 2020, KPU Rp75 M dan Bawaslu Rp16 M

[Foto Ilustrasi/Net]
Rabu, 04 Sept 2019 | 20:17 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Serang, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyepakati anggaran untuk tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Walhasil, untuk KPU sebesar Rp75 miliar dan Bawaslu Rp16 miliar pada APBD Murni Tahun Anggaran 2020.

“Untuk pelaksanaan pilkada sudah kita alokasikann untuk anggarannya mudah-mudahan mencukupi, kita selalu koordinasi dengan KPU dan Bawaslu,”ujar Ketua TAPD Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri kepada wartawan di setda setempat pada Rabu, 4 September 2019.

Sambungnya, memang dari usulan pertama KPU dan Bawaslu ada penyesuaian untuk anggarannya. Namun, dengan adanya pedoman dari Kemendagri sehingga ada kesepakatan antara pemda, KPU dan Bawaslu.

“Untuk KPU kita anggarkan sebesar Rp75 miliar dan Bawaslu Rp16 miliar. Sudah kita putuskan dari TAPD, mudah-mudahan ini bisa mengcover semua tahapan pilkada,”kata Entus yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang.

Ditanya tahapan apa saja yang dipangkas atas pengajuan KPU dan Bawaslu, Entus mengatakan dalam pengurangan tidak ada yang substansif. Hanya saja, volume yang di efisiensikan anggarannya. “Anggaran itu dialokasikan di APBD Murni Tahun 2020, kan pelaksanaan Tahun 2020,”terang Entus.

Dikonfirmasi Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar melalui pesan elektronik beberapa saat lalu, mengaku tidak mempermasalahkan anggaran yang ditetapkan oleh TAPD Kabupaten Serang. "Tidak apa-apa, berapapun cukup. Memang pembahasan dengan TAPD di angka Rp75 miliar,"ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi dikonfirmasi pesan elektronik mengaku belum bisa memberikan komentar. “Komentarnya besok ya,”tulisnya.

Ditanya kembali aakah mencukupi untuk Bawaslu, Yadi mengaku belum mengetahui jika anggaran untuk Pilkada Serentak Tahun 2020 sudha ditetapkan. “Memang sudah ditetapkan gitu.Soalyna kami belum dapat info,”tulisnya.

Yadi mengatakan, pada prinsipnya hasil pembahasan antara KPU, Bawaslu dan TAPD dilakukan sangat alot. "Dari dana Rp16 miliar lebih mudah-mudahan cukup, kami pun mengapresiasi kepada TAPD Kabupaten Serang,"kata Yadi. [Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Dana Pilkada Serang 2020, KPU Rp75 M dan Bawaslu Rp16 M

INILAH SERANG

923 dibaca
Polres Serang Undang 50 Tokoh Agama dan Masyarakat
1948 dibaca
Ditolak DPRD, Pemprov Tetap Kucurkan Penyertaan Modal Bank Banten Rp175 M

HUKUM & KRIMINAL

2053 dibaca
Soal Adanya Penggeledahan, Ini Kata Kapolres Lebak
435 dibaca
Jualan Ganja untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-hari

POLITIK

354 dibaca
Balon Bupati Serang Andika Beberkan Capaian saat jadi Wagub Banten
2051 dibaca
Gubernur Wahidin Ajak Warga NU Banten Dukung Ma'ruf Amin di Pilpres

PENDIDIKAN

845 dibaca
Bersiap Melaksanakan Kembali Kegiatan Belajar di Sekolah
1379 dibaca
Mendikbud Soal Pembukaan Sekolah
Top