Minggu, 24 Maret 2019

Dampingi Menperin ke Pabrik Sepatu, Andika Jamin Kepastian Investasi di Banten

[Foto Istimewa]
Minggu, 17 Mar 2019 | 16:36 WIB - Tangerang Ekonomi & Bisnis

lBC, Tangerang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mendampingi kunjungan kerja Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ke pabrik sepatu PT KMK Golabl Sport di Kawasan Industri Cikupa Mas, Kabupaten Tangerang. Kepada CEO PT KMK Global Sport CK Song Andika menyampaikan jaminan Pemprov Banten mengenai kepastian investasi di Provinsi Banten.

“Mewakili Pemprov Banten, saya dan Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) ingin mengatakan bahwa kami menjamin kepastian investasi di Banten. Kami terus berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif di Banten,” kata Andika dalam sesi ramah tamah bersama jajaran manajemen PT KMK Global Sport beberapa saat sebelum menyabut kedatangan Menteri Airlangga pada Jum’at, 15 Maret 2019.

Untuk diketahui PT KMK Global adalah perusahaan produsen sepatu merek Nike dan Converse di Indonesia selama hampir 2 dekade ini.

Kepastian investasi dimaksud Andika menyebut di antaranya berupa jaminan keamanan, dimana Pemprov Banten telah bekerja sama dengan Polda Banten untguk mewujudkan rasa aman berinvestasi. Selanjutnya, Andika menyebut kemudahan perizinan dan pengurusan hal-hal administrasi yang dibutuhkan investor juga telah dipermudah melalui pengurusan online dan terpusat yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPST).

“Ketersediaan bahan baku, tenaga kerja hingga infrastruktur jalan dan pasokan listrik serta lainnya juga sangat mendukung,” kata Andika.

Sementara itu, Airlangga dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Perindustrian memproyeksi ekspor produk alas kaki dalam negeri bisa mencapai US$6,5 miliar pada 2019. Salah satu pendorong peningkatan ekspor alas kaki adalah penandatanganan kerja sama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dengan pemerintah Australia dan European Free Trade Association (EFTA).

"Ini menjadi potensi untuk memperluas pasar ekspor bagi produk manufaktur nasional. Ekspor alas kaki bisa meningkat sampai US$6,5 miliar pada 2019 dan menjadi US$10 miliar dalam 4 tahun ke depan," ujarnya.

Airlangga menegaskan pemerintah berupaya melakukan kebijakan strategis untuk mendorong industri alas kaki di Indonesia agar semakin meningkatkan kapasitas produksinya. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus menjadi substitusi impor atau mengisi pasar ekspor.

Salah satunya, pemerintah siap memberikan berbagai kemudahan, antara lain kemudahan akses terhadap bahan baku, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi yang link and match antara SMK dengan industri, serta implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam menyongsong revolusi industri 4.0.

Usai acara penyambutan, CK Song mengajak Airlangga yang didampingi Andika dan Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko dan rombongan untuk meninjau proses pembuatan sepatu di pabriknya tersebut. Rombongan Airlangga dan Andika bahkan diajak untuk malan siang bersama dengan ribuan buruh di perusahaan tersebut di kantin perusahaan. Airlangga dan Andika tampak lahap menyantap menu makan siang buruh, berupa rendang daging sapi dan sayur sop yang ditaruh di atas baki alumunium. Sebelum makan siang, kedua pejabat publik itu pun tak luput dari permintaan selfie dan wefie dari para buruh.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Khaerunnisa
Bagikan:

KOMENTAR

Dampingi Menperin ke Pabrik Sepatu, Andika Jamin Kepastian Investasi di Banten

PEMERINTAHAN

6739 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5889 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB
1713 dibaca
Ini 202 Nama Pejabat Pemprov Banten yang Dilantik
dvvdv wagub

POLITIK

503 dibaca
Gubernur Wahidin Ajak Warga NU Banten Dukung Ma'ruf Amin di Pilpres
465 dibaca
Pelapor ASN Dukung Calon DPD RI Anak Gubernur Banten Diperiksa Bawaslu
192 dibaca
Survei Demokrat: Masyarakat Tidak Puas atas Kinerja Gubernur dan Wagub Banten

HUKUM & KRIMINAL

188 dibaca
Personil Polsek Cikande Berhasil Selamatkan Uang Nasabah Rp80 Juta
239 dibaca
Kepergok Akan Mencuri, Warga Lampung Tewas di RSUD Serang

PERISTIWA

225 dibaca
BNN Banten Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp10 Miliar
Top