Senin, 18 Januari 2021

Cuaca Buruk, Hasil Tangkap Ikan Nelayan Menurun

Nelayan saat berbincang di Pelelangan ikan Muara Binuangeun. [Foto: Inilah Banten/Syam]
Sabtu, 09 Jan 2021 | 09:48 WIB - Lebak Ekonomi & Bisnis

lBC, Lebak - Nelayan Muara Binuangeun Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak  mengeluhkan hasil tangkapan ikannya. Lantaran, saat ini kondisi cuaca tengah dalam kondisi buruk. Cuaca buruk yang saat ini terjadi yakni dengan adanya gelombang tinggi dan angin barat. 

Salah seorang pemilik kapal Jaka mengaku, hasil tangkapan ikan kali ini begitu sangat menurun secara drastis. Bahkan, sudah beberapa hari ini ia bersama dengan para nelayan lainnya bersama-sama turun melaut justru harus pulang dengan tangan kosong. 

"Sudah beberapa bulan ini penghasilan kami menurun drastis, ya mungkin karena cuaca buruk. Saya melaut bersama teman untuk ngejaring udang lobster dan ikan, kadang hasil kadang kosong, dan walau hasilpun tidak seberapa banyak, paling juga ada lebih sedikit dari sisa bahan bakar. Namun kami selalu berusaha dan tetap bersyukur, karena apa yang didapat kami itu rijki kami segitu," kata Jaka pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Hal itu juga membawa dampak bagi para pedagang ikan yang mengadukan nasibnya di lapak pelelangan ikan muara Binuangeun.  Karena, diakui Toton Sopian, yang merupakan pemilik lapak. Stok ikan dan udang yang kerap memenuhi lapaknya saat ini justru harus berbalik. Karena, dengan adanya cuaca ekstrim ini membuat para nelayan jarang datang membawa ikan seperti biasanya. 

"Bisa dilihat langsung disini di lapak usaha kami, dimana biasanya disini terlihat numpuk banyak Udang, Lobster, Ikan, Gurita dan yang lainnya. Namun sudah beberapa bulan ini udang atau ikan tersebut sangat kurang," ucap Toton. 

Ia mengakui, buruknya cuaca yang terjadi sudah berlangsung sejak Oktober lalu. Bahkan, sebelum terjadinya cuaca buruk untuk satu hari gurita yang ditampung olehnya bisa mencapai beberapa ton. 

"Sebelum cuaca buruk biasanya untuk gurita saja saya bisa membeli dari nelayan per-satu minggunya sekitar satu ton, namun saat ini per-satu minggunya paling banyak juga 4 Kwintal," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Cuaca Buruk, Hasil Tangkap Ikan Nelayan Menurun

INILAH BANTEN

86 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
199 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

47 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
131 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
130 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI

POLITIK

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
139 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi

PENDIDIKAN

112 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
254 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top