Minggu, 19 Mei 2024

Cinangka Tuan Rumah MTQ tingkat Kabupaten Serang ke 54, Catat Tanggalnya

[Foto Diskominfosatik Kabupaten Serang]
Senin, 06 Mei 2024 | 09:31 WIB - Mozaik Islami

lBC, Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menunjuk Kecamatan Cinangka  sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an atau MTQ tingkat Kabupaten Serang ke-54 tahun 2024. Adapun untuk tanggal tepatnya dilaksanakan pada 27 sampai 30 Mei 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan, dari tiga tempat yang di usulkan meliputi Kecamatan Cikande, Mancak dan Cinangka berdaasarkan hasil rapat panitia dan arahan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Cinangka yang layak menjadi tuan rumah. Terlebih Cinangka pun siap menjadi tuan rumah agenda tahunan tersebut.

"Cinangka termasuk wilayah wisata pantai, maka bisa juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan hotel-hotel pun terisi untuk para dewan hakim. Nanti tinggal pengerahan massa,"ujar Nanang usai Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan MTQ ke 54 tingkat Kabupaten Serang tahun 2024 di Aula Tb. Suwandi pada 3 Mei 2024.

Nanang mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi lokasi MTQ tingkat Kabupaten Serang ke-54 tersebut, dalam rangka memeriahkannya. "Imbauan masyarakat datang sebanyak-banyaknya ke 11 tempat perlombaan yang sudah kita siapkan, ajak pihak sekolah, ponpes untuk bisa hadir sebagai edukasi siswa-siswa,"katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Setda Kabupaten Serang, Mamak Abror mengatakan untuk defile panggung utama MTQ tingkat Kabupaten Serang ke-54 Tahun 2024 tepatnya di Pantai Florida yang dimulai pukul 13.00 WIB. "Dijadikannya Cinangka sebagai tuan rumah diharapkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Serang salah satunya Cinangka bisa menghidupkan UMKM dan pariwisata,"ujarnya.

Adapun untuk jumlah setiap kecamatan maksimal mengirimkan sebanyak 50 orang, kata Abror, dari 50 orang itu meliputi dari LPTQ, unsur muspika, para kepala desa, kader PKK, ormas-ormas islam, unsur kepemudaan, karang taruna agar semua elemen masyarakat terlibat dalam penyelenggaraan MTQ. "Kalau untuk kafilah itu tergantung LPTQ kecamatan yang menentukannya,"katanya.

Turut hadir pada Rapat persiapan penyelenggaraan MTQ ke 54 tingkat Kabupaten Serang tahun 2024 Staf Ahli Bupati dan juga Plt Asda 1, serta Keytuam Umum LPTQ Kabupaten Serang, Sugi Hardono, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kesra, Rahmat Setiadi, Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Febrianto, Ketua Harian LPTQ, Ma'ruf Sibli dan para camat dan perwakilan kecamatan.

Sedangkan untuk cabang yang akan di lombakan pada ajang tahunan tersebut, terdapat 8 cabang dan 21 golongan diantaranya.

-Tilawah meliputi Tartil anak-anak, Tilawah anak-anak, remaja dewasa, canet, Qiroath Mujawwad Dewasa.

-Tahfidz meliputi 1 Juz dan tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz.

-Tafsir meliputi Bahasa Arab Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.

-MFQ (Musabaqoh Fahmil Qur'an)

-MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur'an)

-MQK Musabaqoh Qiroatul Kutub) Ula, Wustho dan Ulya

-MMQ (Menulis Makalah Qur'an) / KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an)

-Hifdzil Hadist (Hadist 500).[Ars]

Redaktur: Ahmad Jaenuri
Bagikan:

KOMENTAR

Cinangka Tuan Rumah MTQ tingkat Kabupaten Serang ke 54, Catat Tanggalnya

INILAH SERANG

499 dibaca
Personil Polres Serang dan Mahasiswa UGM Gotong Royong Bersihkan Sampah
557 dibaca
Aset Milik Pemkab Serang Terkena Pelebaran Jalan Segera Dirampungkan Pemprov

HUKUM & KRIMINAL

997 dibaca
Belum Sempat Menikmati Sabu, Warga Serang Dicokok Polisi
1521 dibaca
Amankan Pilkada, 768 Personil Polres Lebak Diterjunkan

POLITIK

94 dibaca
Rakornas PAN, Zulkifli Hasan Puji Airin
2344 dibaca
Diduga Banyak Kecurangan, Warga Tiga Desa di Pandeglang Minta Pilkades Ulang

PENDIDIKAN

2535 dibaca
PPDB Online tingkat SMPN Kabupaten Serang Tampung 20 Ribu Siswa   
1629 dibaca
Segudang Prestasi, Bupati Lebak Berikan Motivasi Di TBM Kuli Maca
Top