Kamis, 17 Januari 2019

Cegah 9 Penyakit Berbahaya dengan Imunisasi

(Foto Ist)
Selasa, 01 Agt 2017 | 21:44 WIB - Kesehatan

lB,Yogykarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan imunisasi telah memberikan perlindungan terhadap 8 penyakit. Penyakit tersebut antara lain tuberkulosis, Campak, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Polio, Hepatitis B, dan Hemofilus influenzae. Hari ini Presiden Jokowi mencanangkan satu jenis imunisasi baru yakni imunisasi Measles Rubellla (MR).

"Insya Allah, mulai hari ini kita akan memberikan perlindungan kepada satu penyakit lagi, yaitu Rubella, sehingga anak-anak kita akan terlindungi dari 9 penyakit. Meskipun jumlah penyakit yang dilindungi dengan imunisasi semakin bertambah, tapi jumlah suntikan yang diberikan kepada anak-anak kita tidak bertambah, berkat adanya vaksin kombinasi," kata Presiden Jokowi pada acara Pencanangan Imunisasi MR di MTsN 10 Yogyakarta pada Selasa, 1 Agustus 2017 seperti yang dikutip dari siaran pers.

Pada masa lalu, lanjut Presiden Jokowi, telah berhasil mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit Cacar, Polio dan Tetanus. Di masa mendatang seharusnya mampu membebaskan rakyat dari berbagai penyakit lainnya, agar kita tidak ketinggalan dari bangsa-bangsa lain di dunia.

Program imunisasi, peningkatan status gizi masyarakat, dan program lingkungan sehat harus diutamakan, agar jumlah orang sakit akan menurun dan berdampak pada berkurangnya orang yang berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga pembiayaan kesehatan juga semakin efisien.

Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus semakin digalakkan agar berbagai masalah kesehatan dan angka morbiditas, mortalitas dan disabilitas akibat berbagai penyakit terus menurun.

"Anak yang sehat harus bebas penyakit, mempunyai status gizi yang baik, hidup dalam lingkungan sehat dan mendapat pendidikan yang berkualitas," tambah Jokowi.

Melalui pemberian imunisasi MR ini, masalah penyakit campak dan rubella akan berangsur menghilang dan cacat bawaan pada bayi akibat rubella juga akan semakin menghilang. Setelah pencanangan ini, imunisasi MR akan dilaksanakan secara bertahap dan menjangkau seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi berharap agar seluruh masyarakat mendukung dan berperan dalam upaya mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020 melalui Kampanye Imunisasi MR.

"Saya serukan agar semua anak Indonesia, di seluruh Tanah Air, dibawa ke Pos pelayanan imunisasi yang terdekat untuk memperoleh imunisasi MR. Dengan imunisasi MR kita menciptakan bangsa Indonesia yang sehat, berkualitas, produktif dan berdaya-saing," ujar Jokowi.

Presdien Jokowi mengatakan saat ini di Indonesia masih kurang dari 1 persen anak yang sudah mendapatkan imunisasi MR yakni 0,05 persen. Idealnya lebih dari 95 persen anak-anak sudah mendapatkan imunisasi MR bahkan seharusnya 100 persen.

"Pesan saya jangan meremehkan MR," tegas Presiden Jokowi. [lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Daun Mimba dapat Dijadikan Obat Tradisional
Rabu, 05 Des 2018 | 11:58 WIB
Daun Mimba dapat Dijadikan Obat Tradisional
Penemuan Dini Kanker Anak Cegah Risiko Kematian
Selasa, 16 Okt 2018 | 22:50 WIB
Penemuan Dini Kanker Anak Cegah Risiko Kematian
LAZ Harfa Rubah 45 Ribu Warga Banten Terapkan PHBS
Selasa, 02 Okt 2018 | 16:35 WIB
LAZ Harfa Rubah 45 Ribu Warga Banten Terapkan PHBS
Kohati Lebak Bantu Randu Penderita Hidrosefalus
Selasa, 25 Sept 2018 | 21:42 WIB
Kohati Lebak Bantu Randu Penderita Hidrosefalus

KOMENTAR

Cegah 9 Penyakit Berbahaya dengan Imunisasi

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

186 dibaca
Lantik 223 Pejabat, Bupati Serang Sebut Agar Kinerja Lebih Baik
177 dibaca
Pertama di Indonesia, Inspektorat Kabupaten Serang Integrasikan Dua ISO
278 dibaca
Bupati dan Wakil Bupati Lebak Dilantik Gubernur Banten

POLITIK

3903 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu
834 dibaca
Dukung Prabowo-Sandi, Caleg PBB di Banten Bentuk Pass Lantang
151 dibaca
Debat Capres Bisa untuk Curi Perhatian Rakyat

HUKUM & KRIMINAL

213 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh
101 dibaca
Polisi Ringkus Pelaku Curanmor, Penadah dan Pengoplos
326 dibaca
Diduga Otak Pengeroyokan Santri, MH Terancam Dijemput Paksa

PERISTIWA

70 dibaca
Peran Media Penting dalam Sosialisasi Millennial Road Safety Festival
129 dibaca
Gubernur Berikan Bantuan Seragam Sekolah untuk Korban Tsunami

EKONOMI & BISNIS

88 dibaca
Sri Mulyani Jamin Usaha Kecil Digital Bebas Pajak
190 dibaca
Pulihkan Anyer, Pemprov Banten Tinjau Pelarangan Rapat di Hotel
Top