Rabu, 03 Maret 2021

Cara Tingkatkan Kualitas Tidur untuk Atasi Stres

Kebiasaan tidur yang baik merupakan salah satu cara untuk meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. (Istockphoto/andresr)
Kamis, 17 Des 2020 | 22:24 WIB - Gaya Hidup

lBC, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda menjadi salah satu pemicu stres.

Terlepas dari menjaga kesehatan fisik, Anda juga harus tetap mengedepankan kesehatan mental diri.

Mengembangkan kebiasaan tidur yang baik merupakan salah satu cara untuk meredakan stres dan meningkatkan suasana hati Anda, terlepas dari berolahraga.

Berikut beberapa cara mengatasi stres dengan meningkatkan kualitas tidur yang baik, sebagaimana dilansir CNN.

1. Tetap tenang

Untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, Anda bisa memulainya dengan mengajari tubuh dan otak Anda untuk tetap tenang. Jadi, cobalah untuk mulai bersantai setidaknya satu jam sebelum waktu tidur

Untuk menenangkan diri sebelum tidur, Anda bisa melakukannya dengan berhenti membaca berita, jauhkan diri dari ponsel, mandi air hangat, baca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Para ahli juga mengatakan bahwa Anda juga harus membiasakan diri memiliki waktu tidur yang teratur, bahkan di akhir pekan.

2. Hindari makanan dan minuman tertentu

Makanan dan minuman tertentu, terkadang menjadi salah satu pemicu Anda sulit tidur dan pada akhirnya banyak berpikir hingga stres.

Untuk itu, Anda bisa mencobanya dengan menghindari minum kopi setelah sore hari, terutama jika mengalami insomnia.

Selain kopi, alkohol adalah larangan lain. Anda mungkin berpikir itu membantu Anda tertidur. Namun, itu justru membuat Anda cenderung terbangun di malam hari saat tubuh Anda mulai memproses alkohol.

3. Suhu kamar dingin

Upayakan untuk suhu yang lebih dingin. Pastikan tempat tidur dan bantal Anda nyaman, dan ruangannya sejuk.

Jangan menonton televisi atau bekerja di kamar tidur Anda. Latih otak Anda untuk memikirkan bahwa kamar itu hanya untuk tidur.

4. Tidur dalam gelap

Pastikan untuk menghilangkan semua cahaya terang, karena cahaya biru ponsel atau laptop pun dapat mengganggu. Jika itu sulit dicapai, pertimbangkan untuk menggunakan penutup mata dan tirai anti tembus pandang untuk menjaga ruangan tetap gelap.

Tetapi pada siang hari, cobalah untuk mendapatkan paparan cahaya alami yang baik karena itu akan membantu mengatur ritme sirkadian atau siklus tidur-bangun Anda.

5. Olahraga

Salah satu cara untuk memiliki kualitas tidur yang baik yakni dengan berolahraga.

Ketika energi tubuh digunakan untuk berolahraga, itu membuat Anda akan lebih mudah tertidur.

Selain itu, olahraga sendiri juga menjadi salah satu cara untuk meredakan stres. Menurut sebuah penelitian terhadap mahasiswa, olahraga yang dilakukan untuk meredakan stres tidak perlu dengan intensitas tinggi.

Peneliti menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang, yang didefinisikan sebagai olahraga di mana Anda tetap dapat berbicara tetapi tidak bisa bernyanyi, dapat mengurangi depresi.

"Jalan cepat, joging, atau bersepeda dapat membantu Anda tetap tenang dan sehat selama masa-masa yang tidak pasti ini," kata Jennifer Helsz, penulis studi yang merupakan profesor kinesiologi di McMaster University.

Ada keuntungan tambahan jika memiliki kualitas tidur yang baik. Itu akan melindungi jantung Anda, meningkatkan otak Anda dan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil.[Cnnindonesia]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Tingkatkan Kualitas Tidur untuk Atasi Stres
dewan ac as Fae SF

INILAH SERANG

58 dibaca
Pemkab Serang Implementasikan PPKM Mikro di Tingkat Desa

HUKUM & KRIMINAL

39 dibaca
DPO Pelaku Curanmor dan Spesialis Bobol Rumah Diringkus
Top