Rabu, 12 Juni 2024

Cara Menyembunyikan History Google, Bisa Terhapus Otomatis

Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jumat, 21 Jul 2023 | 10:06 WIB - Teknologi HEADLINE

lBC, Serang - Kehidupan pengguna bisa diketahui dari History atau riwayat pencarian Google. Jika tak ingin History itu dilacak oleh orang lain, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk sembunyikan history Google Anda.

Berikut selengkapnya, dirangkum dari Popsci, Jumat (21/5/2023).

Gunakan Password di History Google

Akun Google Anda dilindungi oleh kata sandi dan otentikasi dua faktor jika Anda telah mengaktifkannya. Itu seharusnya meminimalkan risiko orang lain dapat masuk dan mengintip apa yang Anda cari, tetapi Anda bisa melakukan lebih.

Google telah membuat langkah kata sandi tambahan hanya untuk riwayat pencarian Anda. Bahkan jika seseorang masuk ke halaman akun Google Anda, mereka memerlukan kata sandi untuk masuk ke bagian riwayat pencarian.

Untuk bisa mengaktifkan ini dengan membuka halaman akun Google Anda, dan memilih Data & privasi dari opsi di sebelah kiri. Gulir ke bawah ke kotak pengaturan Riwayat, klik Aktivitas Web & Aplikasi, lalu tekan Kelola semua Aktivitas Web & Aplikasi di bagian bawah halaman.

Lalu, klik Kelola verifikasi Aktivitas Saya, isi 'gelembung' di sebelah Memerlukan verifikasi tambahan, dan tekan Simpan.

Hapus History Google Secara Otomatis

Google dapat secara otomatis membersihkan riwayat pencarian setelah jangka waktu tertentu, jika Anda menginginkannya.

Caranya, buka halaman akun Google Anda, klik Data & privasi, temukan tajuk pengaturan Riwayat, dan klik Aktivitas Web & Aplikasi untuk membuka halaman Kontrol Aktivitas.

Kemudian, temukan bagian Hapus otomatis dan klik periode waktu di bawahnya untuk membuka kotak opsi penyesuaian. Gunakan menu untuk memilih periode penghapusan history pencarian secara otomatis. Pilihannya ada lebih lama dari tiga, 18, atau 36 bulan.

Kembali ke halaman Kontrol Aktivitas, jika Anda memilih Kelola semua Aktivitas Web & Aplikasi alih-alih membuka opsi hapus otomatis, Anda dapat secara manual menghapus semua yang pernah Anda cari, atau hanya sebagian saja.

Gunakan opsi pencarian dan filter untuk mencari sesuatu yang spesifik, dan kotak Hapus langsung di bawah bilah pencarian atau tombol X di sebelah setiap entri untuk menyingkirkan apa yang ingin Anda hapus.

Jangan Beri Akses Google

Cara lain untuk merahasiakan riwayat pencarian Google Anda adalah dengan tidak mengizinkan Google melacaknya sejak awal.

Jika Anda membuka jendela incognito (penyamaran) atau private (pribadi) di peramban pilihan Anda sebelum mengunjungi Google dan menjalankan penelusuran, itu tidak akan direkam. Segera setelah Anda menutup jendela, browser dan Google akan melupakan permintaan yang pernah terjadi.

Di Google Chrome, misalnya, klik tiga titik di pojok kanan atas antarmuka browser dan pilih Jendela Penyamaran Baru dari menu yang muncul.

Sedangkan untuk Microsoft Edge, klik tiga titik (kanan atas) lalu jendela In Private Baru; di Firefox, klik tiga baris (kanan atas), lalu Jendela pribadi baru.

Di Safari Anda dapat mengklik File dan Jendela Pribadi Baru.

Saat Anda memulai di jendela penyamaran atau browser pribadi, Anda tidak akan masuk ke salah satu akun, termasuk akun Google Anda. Pastikan Anda tidak masuk ke Google selama sesi penjelajahan. Jika tidak, Google akan mencatat permintaan pencarian Anda seperti biasa, bahkan jika menggunakan mode penjelajahan pribadi.

Jika menggunakan Chrome saat masuk ke akun Google, semua yang Anda telusuri di Google akan disimpan ke browser dan akun Google.

Jika Anda menonaktifkan pelacakan di akun Google sekalipun, riwayat pencarian Anda akan tetap muncul di Chrome.

Daftar kueri ini satu dan sama, meskipun informasinya mungkin disajikan sedikit berbeda. Anda dapat melihat riwayat Anda di Chrome dengan klik tiga titik (kanan atas), memilih Riwayat, lalu Riwayat lagi.

Pengaturan ini juga berarti Anda dapat menghapus riwayat dari browser serta halaman akun Google Anda.

Dari layar Riwayat, Anda dapat memilih entri satu per satu lalu memilih Hapus, atau klik Hapus data penjelajahan di sebelah kiri untuk beberapa opsi yang lebih lengkap. Pilih Riwayat penjelajahan dan periode waktu yang ingin Anda cakup, lalu pilih Hapus data.

Di bagian bawah dialog, Anda akan melihat apakah Anda masuk ke Google atau tidak. Jika Anda ingin menghapus riwayat di browser Chrome lokal tanpa memengaruhi catatan riwayat di akun Google Anda, Anda harus keluar dari Google terlebih dahulu untuk menghentikan sinkronisasi lalu ulangi langkah-langkah yang telah diuraikan di atas.

Jika menggunakan browser selain Chrome, Anda memiliki dua riwayat pencarian dan penjelajahan terpisah, yakni yang disimpan oleh Google dan yang disimpan oleh browser. Kecuali jika Anda menggunakan mode pribadi untuk semua pencarian.

Sementara untuk browser Safari, Edge, dan Firefox semuanya memiliki opsi untuk menghapus riwayat yang dicatat di browser, selama periode waktu yang dibutuhkan. Tapi ingat, Anda harus menjalankan penghapusan ini secara teratur.[Cnbcindonesia]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Menyembunyikan History Google, Bisa Terhapus Otomatis
hclh

INILAH SERANG

1522 dibaca
Pembukaan Serang Art and Culinary Festival 2018 Sepi Pengunjung
1221 dibaca
Kunjungi Korban Banjir, Bupati Serang: Normalisasi Sungai Cidurian Mendesak

HUKUM & KRIMINAL

556 dibaca
Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Warga Ciruas Diamankan Polisi
682 dibaca
Ambil Gorila, Warga Serang Dicokok Polisi

POLITIK

1477 dibaca
Azhar Syam’un Ajak Pemuda Muhammadiyah Tangsel Bersinergi Dengan Kesbanglinma...

PENDIDIKAN

1728 dibaca
BNK Lebak Tunjuk Puluhan Pelajar SMKN 1 Cipanas Jadi Duta Narkoba
Top