Rabu, 19 Februari 2020

Cara Memesan Tiket Kereta Berdasarkan Jenis Kelas di Pegipegi

Rabu, 29 Jan 2020 | 08:55 WIB - Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Anda sering bepergian menggunakan moda transportasi kereta api dengan jenis kelas tertentu namun anda belum mengetahui pasti tentang bagaimana cara memesan tiket tersebut berdasar jenis kelasnya?

Ketahui Jenis Kelasnya Dahulu

Jenis kelas kereta api dibagi menjadi 3: ekonomi, bisnis dan eksekutif. Jika di benak anda kelas ekonomi adalah kelas paling bawah, tanpa pendingin, tempat duduk tidak teratur, dan semerbak aroma binatang peliharaan untuk kelas ekonomi dan sebaliknya dengan jenis kelas eksekutif, maka, sudahi pemikiran Anda, karena perkeretaapian kini sudah tertata.

Hanya saja dari segi harga, fasilitas, waktu tempuh dan stasiun persinggahannya yang dapat membedakannya.

Harga kelas ekonomi lebih murah daripada kelas bisnis dan eksekutif. Fasilitas ekonomi tidak menyediakan fasilitas bantal dan selimut, sebaliknya dengan bisnis dan eksekutif. Untuk kursinya, susunannya pun berbeda, kursi untuk kelas ekonomi tidak senyaman kelas bisnis dan eksekutif. Waktu tempuh kelas ekonomi lebih lambat dari yang lainnya karena banyaknya stasiun yang disinggahi. Sedangkan perihal stasiun yang disinggahi, kelas ekonomi biasanya berukuran lebih kecil; semisal di Jakarta di Stasiun Pasar Senen dan bukan Gambir.

Cara Memesan Tiket Kereta Berdasar Jenis Kelas

Terus simak sampai ke bawah.

Jika Anda tidak masalah dengan harga asal waktu tempuh cepat, maka pilihan yang pas untuk  Anda adalah memesan tiket jenis kelas eksekutif.

Tidak sampai di situ. Dalam memilih jenis kelas eksekutif, apakah Anda memilih dengan harga normal atau promo.

Jika harga normal, Anda akan diberi tempat duduk yang strategis, di tengah gerbong dekat gerbong makan, lebih minim goncangan karena Anda tidak duduk di atas rangkaian roda kereta, dan keluarnya akan langsung menuju pintu keluar stasiun. 

Urutan sub kelas dari harga normal/ tertinggi ke harga promo di jenis kelas eksekutif: A, H, I, J, X.

Jika Anda pribadi yang penuh pertimbangan: tidak mau terlalu mahal namun harga tetap terjangkau namun fasilitasnya masih nyaman dan memadai, pesanlah tiket kereta jenis kelas bisnis.

Seperti di kelas eksekutif, posisi anda juga tergantung dengan besaran harga yang anda bayar, alias apakah normal atau promo.

Urutan sub kelas dari harga normal/ tertinggi ke harga promo di jenis kelas bisnis : B, K, N,O, Y.

Jika Anda termasuk yang hanya bertujuan asal sampai ke destinasi, tidak perlu mahal, karena toh Anda tahu bahwa sistem jenis kelas di kereta api sudah dibenahi sampai ke hal-hal kecilnya termasuk fasilitas, keamanan dan kenyamanannya, Anda bisa pesan tiket jenis kelas ekonomi.

Kelas ekonomi ini juga sama seperti “kakak-kakaknya” di atas, tergantung biaya yang anda bayarkan. 

Urutan sub kelas ekonomi dari harga normal/ tertinggi ke harga promo : C, P, Q, S, Z.

Tahap Lanjut Memesan Tiket Kereta di Pegipegi

Kini, Anda jadi tahu, jika belum hafal, minimal Anda punya gambaran bagaimana cara memesan tiket kereta api berdasarkan jenis kelasnya. Lalu?

Buka aplikasi penjualan tiket kesayangan Anda, Pegipegi, yang selalu menyediakan informasi terkini dan terlengkap tentang kebutuhan moda transportasi berikut promo dan potongan harganya yang selalu menggoda, selain itu pilihan harga-harga yang tersedia juga beragam.

Mulai cari menu “kereta api”, pesan tiket kereta dengan memilih asal stasiun dan ke mana stasiun tujuan Anda (jangan lupa terapkan menu pulang pergi jika memang perjalanan Anda pulang-pergi), kemudian tekan “cari tiket”, kemudian akan muncul banyak pilihan waktu keberangkatan dengan pilihan harga. Anda bisa terapkan filter yang lebih memudahkan dalam pencarian tiket dengan lebih spesifik ( termurah, berangkat/ tiba paling awal/akhir). Ada menu “ ubah” juga jika kebetulan Anda ingin mempertimbangkan faktor lain (jenis kelas, tingkatan harga, dan lainnya). 

Kemudian, isi data pemesanan Anda serta posisi duduk Anda. Dalam hal ini, pastikan teliti kembali identitas Anda, karena jika tidak sesuai dengan kartu identitas, bisa jadi tidak berlaku. Kemudian lakukan pembayaran dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika melewati batas, tiket bisa “hangus”.

Dapatkan e ticket dalam email Anda setelah 60 menit Anda lakukan pembayaran, kemudian tukarkan di stasiun keberangkatan Anda.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
Selasa, 18 Feb 2020 | 19:29 WIB
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
DPRD Lebak Minta Sentra Pangan dan Buah Diperkuat
Selasa, 04 Feb 2020 | 13:26 WIB
DPRD Lebak Minta Sentra Pangan dan Buah Diperkuat
PBNU Kenalkan Keuangan Digital, Namanya NUcash
Rabu, 29 Jan 2020 | 22:00 WIB
PBNU Kenalkan Keuangan Digital, Namanya NUcash

KOMENTAR

Cara Memesan Tiket Kereta Berdasarkan Jenis Kelas di Pegipegi
HPN1

PEMERINTAHAN

138 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
206 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

131 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
250 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

45 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
108 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

111 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

86 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top