Jumat, 05 Maret 2021

Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin

Jumat, 15 Jan 2021 | 19:45 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ingin agar reaksi pasca vaksinasi dipublikasikan. Hal itu dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan tidak ada kekhawatiran terkait vaksinasi tersebut.

"Alhamdulillah (reaksinya) enggak ada apa apa sejak tadi malam, hari ini olahraga. Mungkin setiap orang (reaksinya) beda-beda katanya ada yang ngantuk," ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan saat ditemui seusai olahraga di halaman pendopo Bupati Serang, Jumat 15 Januari 2021.

Tatu mengatakan pemantauan pasca vaksin bisa dilihat 30 menit setelahnya, 3 jam, hingga 3 hari. Kemudian setelah 14 hari dirinya pun akan menjalani vaksinasi kedua. Vaksin tersebut sebelumnya sudah diobservasi di Biofarma Bandung, hasilnya imunogenitas vaksin sampai hari ke 14 masih mencapai 99,7 persen. 

Ia mengatakan dengan divaksin memang peluang tidak terkena atau terpapar Covid menjadi besar mencapai 70 persen, namun bukan berarti setelah vaksin bisa lepas 4M.  "Tetap pakai masker cuci tangan jaga jarak hindari kerumunan dan kurangi mobilitas itu tetap dilaksanakan bukan berarti lepas semuanya," ucapnya.

Ia mengatakan selama menjalani vaksinasi pada Kamis 14 Januari, tidak ada kendala. Sebelum divaksin ia hanya sempat menyiapkan kondisi badannya agar tetap sehat. "Sempat mau flu, tapi cepat minum obat flu. Pagi sebelum imunisasi di swab anti gen pastikan badan sehat tidak ada apa apa. Setelah swab negatif makin yakin, hasil dari BPOM sudah MUI sudah, ibu merasa sebagai kepala daerah harus memulai untuk mengajak masyarakat (untuk vaksin)," tuturnya.

Tatu berharap kedepan vaksinasi bisa berjalan lancar dan berhasil. Kemudian vaksinasi bisa dilakukan dengan tanpa ada kekhawatiran. "Karena diluar sana kan ada beberapa informasi yang ibu anggap agak menyesatkan buat panik masyarakat. Makanya setelah vaksin ibu minta ke media di publikasikan jam per jam bagaimana setelah di vaksin ibu Tatu dan yang lain apa sih reaksinya mungkin kemarin ada 8 orang yang divaksin dari 8 orang itu kondisi badannya beda beda coba tanya satu satu. Jadi dari berbagai reaksi 8 orang yang divaksin pertama publikasi ke masyarakat nanti ketika masyarakat di vaksin kok (ada reaksi) ngantuk agak pusing demam, kalau ibu gak ada sama sekali," tuturnya.

Selain itu dirinya pun mengaku akan meminta dinas kesehatan untuk memantau semua pelaksanaan dampak vaksinasi. "Ada timnya (di Dinkes) mereka itu (ulama dan pemuda) mau diundang supaya mereka di masyarakat bisa menjelaskan, prosesnya seperti apa terus dari situ juga Bu Tatu bisa testimoni karena pernah vaksinasi," katanya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
dinsos dewan ac as Fae SF

INILAH SERANG

105 dibaca
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula
Top