Jumat, 26 April 2019

Bupati Serang Sebut Paling Penting Efisiensi Anggaran

[Foto Istimewa]
Rabu, 06 Feb 2019 | 20:10 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan apresiasi kepada para Kasubag Program dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang. Sebab atas sinergi, kerja keras, dan kerja cerdas yang telah dilakukan, Bupati Serang kembali meraih SAKIP Awards pada Senin, 28 Januari 2019.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin pada penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP Wilayah I di The Trans Luxury Hotel, Bandung. “Penghargaan tersebut hasil kerja keras dan kerja cerdas aparatur Pemkab Serang, terutama para bagian program di semua OPD,” kata Tatu di Pendopo Bupati Serang pada Rabu, 6 Februari 2019.

Secara khusus, Bupati Serang langsung menyampaikan apresiasi kepada para Kasubag Program di Pendopo Bupati Serang. “Saya sampaikan kepada para bagian program, penghargaan bukan tujuan utama. Paling penting adalah efisiensi anggaran. Nilai SAKIP yang kita capai, bermakna bahwa anggaran Pemkab Serang sudah efisien dan efektif digunakan,” ujar Tatu.

Pada evaluasi SAKIP, Pemkab Serang terus mengalami peningkatan. Untuk tahun 2012 sampai 2015 mendapat predikat CC, meningkat tahun 2016 berpredikat B (baik). Meningkat kembali tahun 2017 berpredikat BB (sangat baik) dengan nilai 70,01 poin. Selanjutnya terus meningkat pada 2018 menjadi BB Plus dengan nilai 74,54 poin

Secara nasional dari 518 kabupaten/kota, 5 berpredikat D, 97 berpredikat C, 162 berpredikat CC, 185 berpredikat B, 40 berpredikat BB, dan 9 berpredikat A. Rata-rata nilai kabupaten/kota adalah sebesar 56,53 poin atau kategori CC.

Untuk pemerintah daerah di Banten, predikat tertinggi baru mencapai BB yang diraih tiga daerah. Yakni Kabupaten Serang dengan 74,54 poin, Kabupaten Lebak 74,15 poin, dan Kabupaten Pandeglang 70,15. Lima kabupaten/kota lainnya di bawa predikat BB. Bahkan Pemprov Banten baru mencapai predikat B dengan nilai 60,2 poin

Dari tiga daerah yang mencapai BB, Kabupaten Serang memiliki nilai terbaik dengan predikat BB 74,54 poin. Satu tingkat lagi menuju predikat A (terbaik) dengan minimal nilai 80 poin. “Kita tetap punya target terbaik atau berpredikat A. Tapi paling penting, anggaran yang kami gunakan harus semakin efektif dan efisien,” ujar Tatu.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Sebut Paling Penting Efisiensi Anggaran

PEMERINTAHAN

203 dibaca
Tatu Optimis Pemkab Serang Raih WTP Tanpa Catatan dari BPK RI
6828 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5969 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB

POLITIK

21748 dibaca
Akui Kalah di Banten, Ketua TKD Salahkan Masyarakat dan Kyai Ma'ruf
224 dibaca
Tunggu Hasil Resmi KPU, Andika: Kita Jaga Kondusifitas
202 dibaca
Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Polisi Tembak Dua Tersangka Perampok Spesialis Mini Market
126 dibaca
Dua Ribu Gram Sabu dari Jaringan Internasional Dimusnahkan
182 dibaca
Polda Selidiki Pemalsuan 80 SPBJ Palsu di Tangerang

PERISTIWA

1254 dibaca
Pertemuan Gubernur Banten dengan HMI Serang Tuai Kritikan
262 dibaca
Satu Petugas KPPS Meninggal Dunia, Bupati Serang Berduka
269 dibaca
Ricuh Saat Demo Gubernur, HMI Lapor ke Propam Polda Banten

EKONOMI & BISNIS

64 dibaca
Layani Pensiunan, Bank Banten Jalin Kemitraan dengan BPR Baturaja
186 dibaca
Bank Banten Dukung Layanan Samsat Nasional Modern Channel
Top