Senin, 18 November 2019

Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS

[Foto: Inilahbanten.co.id/Arif Soleh]
Kamis, 17 Okt 2019 | 20:54 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta Badan Amil Zakat Nasional  (Baznas) Kabupaten Serang untuk memaksimalkan penerimaan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) setiap Unit Pelayanan Zakat (UPZ) di Setiap Kecamatan. Hal itu, dikatakan Tatu saat menghadiri Milad ke-19 tahun Baznas Kabupaten Serang di  Kantor Kecamatan Ciomas.

Tatu menjelaskan, Penerimaan ZIS Baznas Kabupaten Serang baru mencapai Rp9,5 miliar  Dari jumlah yang ditargetlan selama tahun 2019 sebesar Rp12,6 miliar.  "Tinggal maksimalkan perolehannya saja baik dari Kecamatan dan  PGRI. Karena,  Ini masih jauh dari maksimal sebetulnya,”tegasnya. 

Turut hadir, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich, Camat Ciomas, Petir, dan Pabuaran, Kepala Desa se-Kecamatan Ciomas, dan ratusan masyarakat peneriman bantuan pada Kamis, 17 Oktober 2019. 

Ia menilai, penerimaan ZIS di Kabupaten Serang seharusnya  bisa lebih besar jika melihat pengurus UPZ dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan yang tersedia di setiap Kecamatan untuk mengajak pegawai dan guru di lingkungan membayar zakat ke Baznas Kabupaten Serang. "Jika Industri juga serta, Kami yakin pendapatan ZIS bisa lebih maksimal lagi,”katanya.

Diketahui, Baznas Kabupaten Serang sudah mendistribusikan dana sampai akhir September 2019 adalah sebesar Rp8, 7 miliar.  Distribusi tersebut juga  termasuk dalam rangkaian milad Baznas seperti bakti sosial  dan penyaluran bantuan paket sekolah untuk SD,  bantuan paket sembako warga kurang mampu, anak kurang gizi, dan pembangunan 76 rumah tidak layak huni (RTLH). 

"Alhamdulillah untuk RTLH di Kecamatan Petir dan Ciomas masing-masing 20 unit, sisanya tersebar dan  ini berasal khusus dari infaq ASN,”terang Tatu. 

Perlu diketahui, dalam khitanan massal juga melibatkan 100 anak  yang dibagi tiga Kecamatan yakni Ciomas 60 orang, Pabuaran 10 orang dan Gunung Sari 30 orang bekerjasama dengan Puskesmas Ciomas, Puskesmas Padarincang, Puskesmas Pabuaran. Dengan  anggaran sebesar Rp65 juta yang digunakan untuk obat-obatan, tenaga medis,santunan Rp200 ribu, baju koko, sarung dan peci untuk anak-anak yang dikhitan. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich mengatakan, saat ini Baznas terus berupaya untuk mencapai target yang sudah ditentukan. “Target Kami kurang Rp3,1 miliar  lagi dan masih ada waktu 2 bulan setengah yang akan dimanfaatkan untuk penghimpunan ZIS ini,”ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS

PEMERINTAHAN

84 dibaca
DPMD Kabupaten Serang Bentuk BUMDes, Ekonomi Masyarakat Meningkat
141 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

POLITIK

277 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
182 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

152 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu
154 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

PERISTIWA

197 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
211 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

33 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
136 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top