Jumat, 01 Maret 2024

Bupati Serang Launching Pelayanan Desa Berbasis Digital

Kamis, 19 Jan 2023 | 21:07 WIB - Serang Teknologi Pemerintahan

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah resmi melakukan Launching Pelayanan Desa Berbasis Digital di Aula Tb Suwandi, Pemkab Serang pada Kamis, 19 Januari 2023. Bertahap, seluruh desa akan didorong untuk mampu melakukan pengelolaan keuangan dan pelayanan dengan memanfaatkan digitalisasi.

Bupati Tatu mengatakan, dari 326 desa di Kabupaten Serang, sebanyak 151 desa sudah terpasang Wireless Fidelity (WiFi), sebagai jaringan nirkabel/internet. Kemudian yang sudang aktif dan efektif melakukan pelayanan digital sebanyak 47 desa.

Menurut Tatu, Digitalisasi desa memiliki manfaat yang sangat besar, baik bagi aparat desa maupun masyarakat. Pelayanan surat menyurat tidak perlu lagi datang ke kantor desa, cukup dilakukan dari rumah melalui smartphone atau handphone berbasis internet.  "Jadi memudahkan kinerja aparat desa dan lebih efisien," jelasnya.

dsfBagi masyarakat yang belum sepenuhnya paham dan mengerti terkait pelayanan berbasis digital ini, bisa dibantu oleh aparat desa yang sudah dibekali pengetahuan dan kemampuan soal desa digital.

Selain itu, desa digital juga menghimpun data-data tentang potensi desa seperti UMKM, keorganisasian di desa, wisata, dan data penting lainnya yang tersimpan dengan aman. "Jadi kalau ada musibah banjir atau kebakaran, data-data penting itu tidak hilang," ujar Tatu.

Tatu juga meminta para camat untuk aktif memotivasi para kepala desa untuk menerapkan pelayanan berbasis digital. "Peran camat sangat dibutuhkan untuk mendorong para kades agar segera mengaktifkan website desa," kata Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.

Pada launching tersebut hadir Inspektur Pemkab Serang Rudi SuhartantoAsisten Daerah (Asda) I Nanang Suprriyatna, Asda III Ida Nuraida, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Haryadi, Kepala Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudrajat, dan Direktur Utama Radar Banten Group Mashudi.

dfKepala DPMD Kabupaten Serang Haryadi menambahkan, pihaknya akan ikut mendorong desa-desa agar segera menerapkan pelayanan berbasis digital.

"Kita optimistis tahun ini semua desa sudah siap membuat website desa," tambahnya.

Haryadi mengatakan, penganggaran digitalisasi ini memanfaatkan dana desa. Ia menegaskan, para kepala desa harus menganggarkan untuk website desa melalui mekanisme anggaran perubahan. "Sesuai arahan Bupati, nanti kades-kades yang belum memiliki website desa ya bakal menganggarkan di perubahan anggaran," pungkasnya.[Adv]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Launching Pelayanan Desa Berbasis Digital

INILAH SERANG

1135 dibaca
Hadiri Sepeda Nusantara 2018, Menkopolhukam Apresiasi Kemajuan Banten
1909 dibaca
Golkar Banten Cari Caleg Berkualitas

HUKUM & KRIMINAL

1617 dibaca
Polisi Masih Dalami Pasutri yang Diduga Nistakan Agama di Pandeglang
4492 dibaca
Reka Ulang, Pembunuhan Satu Keluarga Dilakukan Sadis

POLITIK

850 dibaca
Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Digelar 11 Juli, Calon Kades Harus Divaksi...
1789 dibaca
Pilkada Lebak 2018, Demokrat Deklarasi Usung Iti-Ade

PENDIDIKAN

1454 dibaca
DPRD Bakal Awasi Pendidikan di Kota Tangerang
3824 dibaca
PPDB SMAN/SMKN dan SKhN Provinsi Banten TA 2023/2024 Diluncurkan
Top