Sabtu, 02 Maret 2024

Bupati Serang Berikan Beasiswa Khusus Siswa Berprestasi

[Foto Istimewa]
Senin, 25 Mar 2019 | 17:07 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berpesan agar para guru sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) untuk meningkatkan pendidikan karakter pada siswa. Pendidikan karakter dinilai paling penting dalam menghadapi era teknologi dan globalisasi yang tidak bisa terbendung.

Hal tersebut dikatakan Tatu saat membuka Festival Lomba Seni Siswa Nasional, Festival Lomba Literasi Nasional, Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, dan Pemilihan Siswa Berprestasi SD-SMP tingkat Kabupaten Serang Tahun 2019 di SDN Julang, Kecamatan Cikande pada Senin, 25 Maret 2019. “Tanpa pendidikan karakter, kita tidak akan menghasilkan siswa yang berprestasi dan berakhlak,” tegas Tatu.

Pada berbagai lomba yang digelar, menurut Tatu, sudah komfrehensif dalam membangun pendidikan karakter. Sebab memuat bidang ilmu pengetahuan, senin, agama, literasi, dan kearifan lokal. “Apalagi ada lomba membaca Alquran. Dan terbaru sebagai kearifan lokal, ada lomba Bahasa Jawa Serang,” tegas Tatu.

Tatu meminta para guru tidak memberikan beban tinggi kepada para siswa, atau dipaksa untuk memberikan prestasi saat lomba. Siswa harus diberi motivasi bahwa lomba yang digelar untuk mencetak karakter yang lebih baik. “Agar siswa tidak merasa  tertekan, jadikan lomba ini lebih menyenangkan bagi siswa,” ujarnya.

xzSekadar diketahui, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk SD dan SMP. Yakni SD sebanyak 1.650 siswa dengan rincian siswa tidak  mampu 1250 siswa, prestasi 313 siswa, hafidz quran 87 siswa. Total anggaran Rp 1,650 miliar.

Kemudian beasiswa kepada 2500 siswa Sekolah Menengah Pertama  (SMP) dengan kategori tidak mampu 2061 siswa, prestasi 314 siswa, dan hafidz quran 125 siswa. Total anggaran Rp 1,750 miliar. “Beasiswa untuk menjamin semua siswa tidak putus sekolah dan termotivasi untuk berprestasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menambahkan, untuk pertama kali terdapat lomba Bahasa Jawa Serang. Kemudian untuk menanamkan karakter siswa, ada lomba membaca Alquran.

Ia menambahkan, Kabupaten Serang punya kearifan lokal atau seni budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain, yakni jurus Silat Kaserangan yang digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. “Jurus ini akan kami lombakan pada September. Memang rutin dilombakan,” ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Khaerunnisa
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Berikan Beasiswa Khusus Siswa Berprestasi

INILAH SERANG

779 dibaca
KPU Kabupaten Serang Temukan 200 Lebih Surat Suara Rusak
939 dibaca
Kapolres Serang Harap Masyarakat Manfaatkan Swab Antigen di Posko PPKM

HUKUM & KRIMINAL

697 dibaca
Usai Disetujui DPR, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi
962 dibaca
Gasak 1080 Motor, Dua Tersangka Sindikat Curanmor Dibekuk

POLITIK

356 dibaca
Hadiri Kirab Pemilu, Bupati Serang Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih
1815 dibaca
Rudi Kurniawan Gantikan Mulyanah Sebagai Anggota Legislatif Lebak

PENDIDIKAN

3052 dibaca
Dibilang Gaptek, Ini Reaksi Warga Lebak
494 dibaca
Hadapi Dunia Kerja, Ratusan Mahasiswa UPG Ikuti Sertifikasi Uji Kompetensi
Top