Kamis, 13 Juni 2024

Bupati Serang Bentuk Tim untuk Evakuasi Mahasiswa di Tiongkok

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah).
Minggu, 02 Feb 2020 | 21:50 WIB - Serang

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membentuk Tim Khusus untuk mengevakuasi atau memulangkan para mahasiswa asal Kabupaten Serang dan Banten umumnya yang tertahan di Tiongkok karena wabah virus Corona. Tim sudah melakukan komunikasi dengan para mahasiswa yang menyatakan ingin pulang ke Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menuturkan, bahwa Bupati Serang sudah menugaskan Dindikbud dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk berkoordinasi dan mengevakuasi para mahasiswa.

Alhamdulillah kami sudah terhubung dengan beberapa mahasiswa yang tertahan di Tiongkok, mereka dalam keadaan sehat, dan ingin dipulangkan ke Indonesia,” kata Asep dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 2 Februari 2020.

Berdasarkan Informasi dari salah satu mahasiswa, kata Asep, mereka yang tertahan yakni Rifani (Kota Serang), Fadel Ramadhan (Kota Serang), Herawati (Kota Serang), Rio Priyanto (Kota Serang), Syah Abriyatna (Kab. Serang), Kenny Eliezer Jaya (Kota Tangerang Selatan), Muhammad Pajar (Kab. Serang), dan Soelthan Andhara Kelvin (Kab. Tangerang). “Kami terus berkomunikasi dan melakukan koordinasi,” ujar Asep.

Asep mengatakan, Bupati Serang langsung memimpin Tim Khusus, dan telah menugaskan Dinsos Kabupaten Serang untuk juga berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Banten. Kemudian Dindikbud melakukan koordinasi dengan kementerian dan KBRI di Tiongkok. “Intinya, kami akan melakukan upaya maksimal untuk memulangkan rekan-rekan kita yang tertahan di Tiongkok,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Sosial Kabepaten Serang, Sri Rahayu menambahkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Dinsos Provinsi Banten untuk sama-sama berkoordinasi membantu para mahasiswa. “Alhamdulillah para mahasiswa dalam keadaan sehat, tetapi berdasarkan komunikasi dengan mereka, stok makanan dan masker sudah menipis,” ujarnya.

Menurutnya, baik Pemkab Serang, Pemprov Banten, maupun pemerintah pusat dipastikan akan melakukan upaya maksimal untuk membantu para mahasiswa asal Indonesia yang tertahan di Tiongkok. “Kita doakan bersama, semoga mereka dalam keadaan sehat dan bisa kembali ke Tanah Air,” ujarnya.

Selain Tim Khusus, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga meminta bantuan anggota DPR RI, terutama anggota Fraksi Partai Golkar asal Banten, Ade Rossi Khoerunisa dan Haerul Jaman. Kemudian segera melakukan komunikasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Luar Negeri.[Ars] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Bentuk Tim untuk Evakuasi Mahasiswa di Tiongkok
hclh

INILAH SERANG

1239 dibaca
Jaga Harkamtibmas Polres Serang Bentuk PUMA'S
566 dibaca
Bareng Graha Kreatif, Bupati Serang Gelorakan Kebangkitan UMKM

HUKUM & KRIMINAL

2462 dibaca
HMI Laporkan Dugaan Korupsi Sejumlah Proyek di Dindikbud Banten ke Kejati
2623 dibaca
Soal PPDB Online, Ortu Siswa Gugat Dindikbud Banten ke PN Serang

POLITIK

1687 dibaca
Kader Idaman Pandeglang Hijrah Nyaleg ke PKB

PENDIDIKAN

253 dibaca
Bupati Serang: Terima Kasih untuk Dedikasi Para Guru
Top