Selasa, 23 Juli 2019

Bupati Serang: 54 Inovasi Daerah Harus Efektif

[foto istimewa]
Rabu, 10 Apr 2019 | 21:23 WIB - Serang

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan arahan dan perintah kepada kepala organisasi daerah (OPD), camat, dan pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Serang pada Rapat Dinas di Aula Tb Suwandi, Setda Pemkab Serang pada Rabu, 10 April 2019. Salah satunya, meminta seluruh OPD agar menjalankan serta menyosialisasikan inovasi daerah yang telah dibuat tahun 2018 lalu. 

Menurut Tatu, pada tahun 2018 Pemkab Serang telah meraih penghargaan Inagara Awards dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia. Penghargaan diraih atas diciptakannya 54 inovasi daerah dari masing-masing OPD atas bimbingan LAN Republik Indonesia. 

“Tahun ini, semua inovasi harus berjalan baik dan disosialisasikan kepada masyarakat. Hal ini agar proses pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Serang diketahui, direspons, dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Tatu dalam sambutannya. 

Tatu mencontohkan, di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang, terdapat aplikasi Si Centang (Aksi Cepat Tanggap). Aplikasi ini dibuat untuk menerima dan merespons aspirasi masyarakat tentang kondisi serta pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serang. “Aplikasi ini salah satun yang harus masif disosialisasikan kepada masyarakat. Camat harus tahu dan memberitahukan kepada masyarakat,” ujarnya. 

Saat ini, kata Tatu, pemerintah daerah menghadapi era digitalisasi yang menimbulkan arus informasi begitu pesat. Kemudian respons publik terhadap pembangunan pun begitu cepat. “Semua OPD dan pemerintah kecamatan, harus cermat dan responsif terhadap opini yang berkembang di media massa maupun media sosial. Jangan biarkan opini berkembang negatif, tanpa penjelasan dari pemerintah,” tegasnya. 

Tatu menegaskan, saat ini tidak zaman lagi pelayanan publik berjalan lambat. Jika itu terjadi, publik akan mudah memberikan kritik dan tersebar luas melalui dunia maya. “OPD yang memberikan pelayanan langsung, harus memberikan kenyaman dan kecepatan apa pun pelayanan yang diberikan. Termasuk pemerintah kecamatan. Sebab, pemerintah daerah hakikatnya adalah pelayan masyarakat,” ujarnya.

Pada rapat dinas tersebut, Pemkab mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten dan KPU Kabupaten Serang. Kedua instansi tersebut memberikan sosialisasi terkait tugas dan fungsinya. “Pemerintah daerah tentu sama-sama punya kewajiban menyukseskan Pemilu. Selain itu, kami juga perlu mendapat pengetahuan tentang narkoba. Menjadi komitmen bersama untuk sama-sama menjauhi narkoba,” kata Sekda Kabupaten Serang Entus Mahmud.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Khaerunnisa
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang: 54 Inovasi Daerah Harus Efektif

PEMERINTAHAN

703 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1849 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1712 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

898 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1944 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1780 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

118 dibaca
Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak Alami Peningkatan
2420 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1471 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus

PERISTIWA

1882 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1959 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1735 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

78 dibaca
Capai Target, Investasi di Kabupaten Serang Serap 1.152 Tenaga Kerja
443 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
Top