Rabu, 12 Juni 2024

Bupati Pandeglang Sebut Program PSR Tingkatkan Kesejahteraan Petani

[Foto Istimewa]
Senin, 27 Feb 2023 | 22:29 WIB - Pandeglang Ekonomi & Bisnis

lBC, Pandeglang – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan program peremajaan sawit rakyat (PSR) terus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia yang menargetkan 180.000 hektare setiap tahunnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung program peremajaan sawir rakyat. ”Karena program ini sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian para petani, “kata Irna usai menghadiri Rakor Kelapa Sawit Nasional 2023 bertempat di Hotel Pullman Jakarta Central Park pada Senin, 27 Februari 2023.

Kata Irna, untuk mendukung program peremajaan sawit rakyat, pemerintah daerah sudah mulai melakukan penanaman kelapa sawit dari tahun 2015 diluas lahan 400 hektar.

“Para petani semangat mendukung program ini, bahkan sudah ada yang melakukan panen, tentu saja penanaman pohon kelapa sawit ini dikombinasikan dengan penanaman tumpeng sari, seperti tanaman kedelai dan lain sebagainya sehingga tidak ada lahan yang mubazir, semua dimanfaatkan, “terang Irna.

Menurutnya, para petani di Pandeglang sudah memiliki kemampuan terkait metode teknologi yang cukup baik. ”Terlebih rencana pemerintah pusat akan membangun sarana dan prasarana seperti pembangunan pabrik mini minyak goreng sawit ( Pamigo) serta pembangunan infrastruktur jalan tepatnya di Nanggala Kecamatan Cikeusik,“tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam mengatakan tujuan dari rakor ini adalah untuk membangun komitmen dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah diseluruh wilayah indonesia, yakni bagaimana kita mensukseskan dan merealisasikan program PSR, karena memang target program ini setiap tahunya mencapai 180.000 hektare.

“Rakor ini menjadi strategi bagaimana kita melakukan percepatan realisasi target yang telah ditentukan, oleh sebab itu saat ini kita coba bangun komitmen dengan menyelesaikan permasalahan dilapangan,, sehingga begitu kita laksanakan program PSR di bulan maret ini tidak ada lagi kendala dilapangan, “ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Pandeglang Sebut Program PSR Tingkatkan Kesejahteraan Petani
hclh

INILAH SERANG

845 dibaca
Wujudkan SPBE, Pemkab Serang Percepat Transformasi Digital
806 dibaca
Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Presisi di Mapolsek Carenang

HUKUM & KRIMINAL

283 dibaca
Buruh dan Sopir Ditangkap Polisi saat Asyik Main Judi Remi
1655 dibaca
Panen, Rutan Rangkasbitung Pasok Cabe Ke Pasar Rangkasbitung

POLITIK

2766 dibaca
Siap Maju di Musda ke-VI KNPI Banten, Ini Visi Misi Dedi Muhdi

PENDIDIKAN

687 dibaca
Pelepasan KKM Untirta, Bupati Serang Sebut Fokus Tangani Tiga Bidang
Top