Senin, 20 Mei 2024

Buka Rakernas Apkasi, Wapres KH Ma'ruf Amin Harap Otonomi Memacu Pemimpin Daerah

[Foto Istimewa]
Kamis, 20 Jul 2023 | 19:42 WIB - Tangerang

lBC, Tangsel - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia memiliki beragam potensi lokal yang terbentang luas di daerah nusantara. Dengan adanya otonomi daerah, maka setiap pimpinan daerah merupakan suatu kesempatan bagi daerah untuk mengaktualisasikan dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah.

“Saya berharap, otonomi akan memacu pemimpin daerah untuk mengakselerasi pembangunan di daerahnya, meningkatkan kemakmuran, dan mengurangi ketimpangan,"ungkap KH. Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2023 dan APKASI Otonomi Expo di International Convention Center (ICE) BSD, Tangerang Selatan (Tangsel) pada Kamis, 20 Juli 2023.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Kegiatan Rakernas XV APKASI dan APKASI Otonomi Expo tersebut akan berlangsung pada 20-23 Juli 2023 di  International Convention Center (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang.

Wapres berharap pemerintah kabupaten dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan hingga penggunaan anggaran yang tepat guna. Sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud. “Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel,"katanya.

Selain itu, pemerintah kabupaten juga diminta untuk mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya. “Terus perkuat rantai pasok lokal dan akses pasar hingga mampu menjangkau pasar nasional hingga global,” imbuhnya.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan, salah satu fokus pembahasan Rakernas APKASI ini adalah upaya pemerintah daerah untuk mencari sumber pendapatan, selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi.

“Sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian anggotanya," ucapnya.

"Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial,” tandasnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Buka Rakernas Apkasi, Wapres KH Ma'ruf Amin Harap Otonomi Memacu Pemimpin Daerah

INILAH SERANG

2494 dibaca
Lagi, Kejari Serang Jebloskan Tersangka Korupsi Rp1,9 M ke Penjara
1438 dibaca
Mencari Bibit Tilawah Muda, Pemprov Gelar MTQ Pelajar Tingkat SLTA

HUKUM & KRIMINAL

329 dibaca
Polres Serang Tangkap Pelaku Pembuang Bayi
937 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

POLITIK

2412 dibaca
Bantah Siap Maju di Pilkada Lebak 2018, Andiara Ingin Fokus di DPD
1886 dibaca
Jelang Pencoblosan, Panwaskab Kumpulkan Gakumdu

PENDIDIKAN

2109 dibaca
Ratusan Siswa SMKN 2 Rangkasbitung Ikuti USBN
2180 dibaca
Pemberhentian Ketua STKIP SB Tanpa Prosedur yang Benar
Top