Senin, 27 Januari 2020

Buka KNABE 2, Wagub Banten Ajak Mahasiswa Ekonomi Garap UKM Go Digital

Rabu, 13 Nov 2019 | 20:10 WIB - Banten

lBC, Serang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy secara resmi membuka acara Konferensi Nasional Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi 2 yang diselenggarakan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta di Ballroom Hotel Ratu Horison Ultima, Kota Serang pada Rabu, 13 November 2019. Dalam paparannya sebagai salah satu keynote speaker di acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari disiplin ilmu perekonomian itu, Andika mengajak untuk melakukan pengembangan potensi ekonomi digital.

“Di antaranya yang ingin sekali pemprov mengajak pihak perguruan tinggi termasuk para mahasiswanya adalah UKM go digital,” kata Andika. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perencanaan dan Sistem Informasi Untirta Kartina serta Dekan FEB Untirta Akhamdi.   

Dipaparkan Andika, pasar ekonomi digital sangat potensial jika merujuk kepada data survei Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia yang menunjukkan bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mencapai 64,8 persen atau sebanyak 171,17 juta jiwa dari total populasi penduduk 264,16 juta jiwa. Sedangkan di Provinsi Banten, lanjutnya, menurut survei APJII penetrasi pengguna internet mencapai 65 persen dari total populasi penduduk Banten.

“Data tersebut menunjukkan peluang yang cukup potensial bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran barang dan jasa di platform digital,” katanya.

Mengingat itu, lanjutnya, program UKM go digital sangat diperlukan, dimana jika semakin banyak pemanfaatan teknologi seperti media sosial, teknologi komunikasi pita lebar (broadband) dan perdagangan elektronik (e-commerce) dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi UKM. Karena itu, lanjutnya, program kemitraan antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha, media massa dan masyarakat atau dikenal dengan pentahelix diperlukan dalam rangka mengoptimalkan program UKM go digital.

Menurut Andika, banyak sentra-sentra produksi di Provinsi Banten yang masih dikelola secara tradisional. Seperti sentra pembuatan tas di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Sentra pembuatan emping melinjo di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Sentra perajin gula aren di sejumlah desa di Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak, dan masih banyak lagi sentra-sentra produksi memiliki prospek menjadi UKM go digital.

Andika memandang perlu pemerataan penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi perlu ditingkatkan untuk dapat mengatasi kesenjangan digital (digital divide) pada beberapa wilayah tertentu. Selain itu, kata dia, program pendidikan entrepreneurship bagi mahasiswa juga perlu terus dioptimalkan di kampus. Dikatakan Andika, mindset yang diharapkan terbentuk secara berkesinambungan di kalangan mahasiswa adalah lulusan perguruan tinggi lebih memilih sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job creator) pencari kerja (job seeker).

Lebih jauh Andika mengungkapkan, pengembangan ekonomi kreatif juga menjadi salah satu program prioritas dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Mengutip data Badan Ekonomi Kreatif RI pada tahun 2017, andika mengatakan, bahwa Banten pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Khususnya pada sub sektor fashion, kuliner dan kerajinan tangan atau kriya. Untuk itu, kata dia, diperlukan terobosanterobosan baru dalam penguatan dan pengembangan sektor ekonomi kreatif di Provinsi Banten. 

“Selain itu pemetaan potensi ekonomi kreatif pada setiap kabupaten/ kota dapat dipetakan guna mempermudah pendampingan dan penguatan pada aspek pemasaran produk dan akses pemodalan,” imbuhnya.[ADV]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Jumat, 10 Jan 2020 | 13:27 WIB
Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten
Selasa, 07 Jan 2020 | 19:15 WIB
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten

KOMENTAR

Buka KNABE 2, Wagub Banten Ajak Mahasiswa Ekonomi Garap UKM Go Digital

PEMERINTAHAN

243 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
344 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

107 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang
209 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

186 dibaca
Bosan Pelayanan Istri, Kakek di Pandeglang Cabuli 2 Bocah
255 dibaca
Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Pedagang Pakaian Ditangkap

PERISTIWA

280 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
482 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

219 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
160 dibaca
Produksi Pertanian Surplus, Bupati Serang Kampanyekan Beras Jaseng
Top