Sabtu, 02 Maret 2024

Budaya Minat Baca Masyarakat Pandeglang Masih Minim

Bupati Irna Narulita saat membuka kegiatan hari kunjungan perpustakaan tahun 2017 di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah pada Senin, 25 September 2017.(Foto:lnilahBanten/Raya)
Senin, 25 Sept 2017 | 16:22 WIB - Pandeglang Pendidikan

lBC, Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita, mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus menggelorakan minat baca masyarakat dengan program berkelanjutan baik di Perpustakaan dan Dinas Pendidikan. Sebab, minat baca masyarakat terbilang masih minim.

“Memang saat ini kunjungan masyarakat ke perpustakaan masih minim. Namun dengan adanya program kegiatan hari kunjungan perpustakaan yang diisi dengan berbagai kegiatan, dapat menumbuhkan minat baca baik bagi siswa maupun masyarakat lainnya,” kata Bupati Irna Narulita saat membuka kegiatan hari kunjungan perpustakaan tahun 2017 di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah pada Senin, 25 September 2017.

Menurut Irna, untuk mendorong minat baca, pihak dinas juga harus membuat jejaring sosial atau website yang menyediakan ketersediaan buku bacaan. Sehingga kata dia, sebelum mereka datang sudah mengetahui ketersediaan buku diperpustakaan untuk dijadikan referensi. 

“Mungkin saat ini ketersediaan buku maupun kendaraan untuk perpustakaan keliling terbatas, tapi mudahan secara bertahap kedepan akan terus diupayakan untuk pemenuhan buku bacaan dan sarana penunjang lainnya, yang dapat menumbuhkan minat baca masyarakat,” ungkapnya.

Untuk menambah kenyamanan pembaca, tahun depan pemerintah daerah akan memperluas atau membangun gedung perpustakaan yang representatif. 

“Ini salah satu upaya kami untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, karena di perpustakaan inilah yang dapat memberikan wawasan kepada anak-anak untuk membuka jendela dunia. Dan OPD lainnya seperti Dindik harus berperan serta juga menggelorakan minat baca dengan menyediakan buku – buku bacaan di perpustakaan sekolah,” tambahnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Agus Sumardani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan yang rutin diperingati setiap bulan September. 

Kata dia, dalam upaya menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam rangka membangun karakter, kecerdasan, inovasi serta kompetitif bangsa.

“Dalam peringatan kali ini diadakan berbagai lomba mewarnai dan menggambar untuk TK dan SD. Lomba Stand Up Commedy untuk SLTA. Lomba pidato Bahasa Inggris untuk SLTP. Dan lomba dongeng Bahasa Sunda untuk SLTP,” terangnya.

Terkait Mobil Perpustakaan Keliling, Agus menambahkan, jika saat ini kendaraan yang dimilki ada dua unit. “Alhamdulillah ini ada bantuan kendaraan operasional CSR dari Angkasapura II untuk perpustakaan keliling satu unit, jadi semuanya ada tiga buah yang kita miliki,” tambahnya.

Reporter: Raya
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Budaya Minat Baca Masyarakat Pandeglang Masih Minim

INILAH SERANG

1372 dibaca
Nuraini Rela Makan Bancakan Bareng Warga kota Serang
1904 dibaca
Buang Sabu di Kloset, Pemuda Ini Ditangkap

HUKUM & KRIMINAL

877 dibaca
Ditembak, Residivis Spesialis Pencuri Rumah Warga Tersungkur
572 dibaca
Satpol PP Kabupaten Serang Segera Bongkar Peternakan Ayam di Cikeusal

POLITIK

1527 dibaca
Jika Terpilih, Vera Akan Dorong Kaum Muda Berwirausaha
1317 dibaca
Andika Minta KNPI Banten Naik Level

PENDIDIKAN

1592 dibaca
Terkait Lelang SMKN 1 Sobang, KCD Pendidikan Lebak “Kita Cuma Penerima Saja”
1961 dibaca
Ketika Warga Binaan Berbaur dengan Pelajar, Ini yang Terjadi
Top