Sabtu, 25 Mei 2024

Buahkan Hasil, Satgas Temukan Makmin Kadaluarsa

Satgas Polres Serang saat menggelar razia di salah satu minimarket di Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang pada Jum'at 2 Juni 2017.[Foto: lnilahBanten/Haji Imat]
Jumat, 02 Jun 2017 | 23:19 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lB, Serang - Mengantisipasi beredarnya makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, Petugas Polsek Pontang menggelar operasi monitoring disejumlah mini market dan swalayan pada Jumat, 2 Juni 2017. Walhasil, petugas menemukan beberapa makanan dan minuman (makmin) yang sudah kadaluarsa namun masih dijual. Makanan dan minuman yang kadaluarsa tersebut akhirnya disita petugas.

Kapolres Serang, AKBP Wibowo mengatakan operasi monitoring ini rutin dilakukan sepanjang bulan Ramadhan untuk menjaga kelayakan pangan masyarakat khususnya di Kabupaten Serang. Kapolres menegaskan, operasi ini sebagai bentuk anstisipasi ketersediaan ataupun kondisi makanan dan minuman seiring meningkatnya daya beli masyarakat pada Ramadhan.

"Operasi ini rutin kita lakukan hingga lebaran Idul Fitri. Ini dilakukan untuk menjaga kelayakan pangan masyarakat," ungkap AKBP Wibowo.

Kapolres membeberkan makanan dan minuman kadaluarsa itu ditemukan sejumlah mini market Indomart dan Alfamart di Wilayah Hukum Polsek Pontang. Barang-barang yang sudah tidak layak dikonsumsi itu, diantaranya Sahpes Cheezy (7) bungkus, Susu Real Good (5) bungkus, Ultra Milk 6 bungkus, Serena Broniz 5 bungkus, Lemonia 2 bungkus, TimTam 2, bungkus, Roma Cookies 4 bungkus, Kopi Tora Bika Duo 2 bungkus, Popcorn Karamel 1 bungkus, mayonnaise 1 bungkus, dan Lotte Chocopie 1 bungkus.

Terkait temuan itu, kata Kapolres, Tim satgas lalu menyita produk yang kadaluarsa tersebut dan meminta pengelola minimarket untuk lebih teliti memeriksa serta tidak mengulangi lagi menjual barang yang sudah kadaluarsa.

"Yang kadaluarsa kami sita, kepada pengelola kami ingatkan untuk lebih teliti lagi memeriksa tanggal kadaluarsa produk dagangannya supaya tidak merugikan konsumen," tukas Kapolres.

Selain mengingatkan pada pengelola ritel, Kapolres Serang juga mengimbau kepada masyarakat untuk teliti pada saat membeli makanan/minuman, dengan mengecek tanggal kadaluarsanya. "Jika menemukan ada dagangan yang sudah kadaluarsa jangan dibeli atau bisa langsung melaporkan. Nanti akan kami tindak lanjuti," tegas Kapolres.

Sebelumnya, Tim Satgas Pangan Polsek Kragilan dan Ciruas juga menggelar operasi di beberapa swalayan/minimarket di Kecamatan Ciruas dan Kragilan, Kabupaten Serang pada Selasa 30 Mei 2017 malam ini. Dalam operasi di dua kecamatan ini tim Satgas Pangan tidak menemukan adanya makanan dan minuman kadaluarsa.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Buahkan Hasil, Satgas Temukan Makmin Kadaluarsa

INILAH SERANG

1741 dibaca
MTQ Tingkat Kabupaten Serang Akan Digelar Akhir Agustus
562 dibaca
Pj Gubernur Banten Al Muktabar Tegaskan Pemerintah Hadir dan Serius Tangani PMK

HUKUM & KRIMINAL

1142 dibaca
Dikenakan Pasal Berlapis, Polda Banten Lakukan Penahanan Terhadap Brigadir NP
1193 dibaca
Rampungkan Kasus KDRT, Polres Serang Lakukan Rekontruksi

POLITIK

2542 dibaca
AHY Kunjungi Pesantren Putri Al-Mizan di Pandeglang
1626 dibaca
Ribuan Orang Hadiri Pleno Penghitungan Suara Pilgub Banten, Pendukung Rano-Embay Protes

PENDIDIKAN

1845 dibaca
Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Program Literasi Terus Dikembangkan
1284 dibaca
Wagub Banten Minta 4 Ribu Maba Untirta Tak Jadi Mahasiswa Abadi, Ini Alasannya
Top